Jumat, 08 Juli 2011

Yang dihendaki Allah, sudahkah anda lakukan ? (bagian ke-1)


Ringkasan artikel,

Latar belakang:
Yang dikehendaki Allah berupa suatu pekerjaan untuk
percaya padaNya

Tujuannya:
Tuhan juga menyiapkan segalanya untuk kepentingan
manusia, tetapi manusia sering tergoda sehingga tidak
mengikuti kehendakNya

Apa yang diharapkan: 
Sabar dan tetap percaya pada Tuhan


Latar belakang

Yang dihendaki Tuhan antara lain adalah, “……. membuat taman Eden (Kejadian 2:8) dan menempatkan manusia disitu untuk mengusahakan dan memeliharanya. Selain itu kepada Adam, Tuhan memberi penolong yaitu Hawa (Kejadian 2:18). Dan Tuhan memberi perintah pohon mana saja yang bisa dimakan buahnya, kecuali dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan jahat jangan kau makan buahnya karena engkau akan mati (Kejadian 2:16 & 17) ……….”. 

Tapi kenyataan manusia tergiur, tergoda, dll sehingga melanggar kehendak Allah, yang berdampak pada keturunan Adam dan Hawa.

Materi yang di sharing, sesuai topic,

Yang dihendaki Allah adalah suatu kegiatan supaya percaya Tuhan (Yohanes 6:29), tapi Adam dan Hawa ternyata terbuai, dan tergiur kata-kata penggoda, yaitu seperti: “….Kamu tidak akan mati, dan kamu akan jadi seperti Tuhan (Kejadian 3:4 & 5)”.
Tapi ternyata tidak, jadi mereka tertipu. Karena setelah mendengar langkah Tuhan Allah didalam taman, mereka takut dan merasa telanjang sehingga bersembunyi (Kejadian 3:10).  

Coba kita bersama-sama simak apa yang dihendaki Tuhan, yaitu:

  • Sepuluh perintah Allah, (hukum Taurat) ini diberikan sebagai pegangan hidup bangsa Israel menuju tanah terjanji (Keluaran 20:1-17). Hukum ini diberikan a.l. sebagai dasar untuk merubah mental dari bangsa budak (sewaktu Israel sebagai budak di Mesir) menjadi bangsa merdeka. 
  • Kasisilah Tuhan, Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akalbudimu (Matius 22:37). Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri (Matius 22:39).  Supaya manusia mengetahui Allah adalah pencipta, dan percaya padaNya dan beresandar padaNya. Selain itu juga manusia harus saling mengasihi. 
  • Kasih itu berupa: sabar, murah hati, tidak cembur, tidak sombong, sopan, tidak mencari keuntungan diri sendiri, tidak pemerah, tidak dendam (1Korintus 13: 4-5) Pengertian dari istilah “kasih” adalah anda harus betul menghayati, menjiwai dan dilaksanakan sehingga manusia dapat merasakannya. 
  • .........Dan banyak contoh lainnya dalam kehidupan manusia ………….
Pengalaman saya:
Saya jatuh bangun menghadapi hal ini. Karena merasa terikat bila mengikuti apa yang dihendaki Allah, juga merasa kuat bersandar pada kemampuan sendiri, selain itu masih suka dan ingin menikmati dunia.
Tapi saya lupa bahwa setiap keputusan yang saya ambil, selalu ada reaksi yang positif dan negatif, jadi bisa juga berdampak penderitaan untuk diri sendiri atau  orang lain.

Pengalaman anda:
Sekarang bagaimana dengan anda, apakah tetap konsisten melakukan kehendak Allah atau sedang turut hanyut karena masih suka dan ingin kenikmatan dunia yang mengarah ke  negatif ?  …………..sebetulnya semua tergantung hati anda !.

Sebetulnya Tuhan telah memperlengkapi manusia sehingga dapat mengikuti apa  yang dikehendakiNya, lihat daftar dibawah.   

Jadi yang dikehendaki Tuhan adalah pelajaran dan pekerjaan untuk terus percaya padaNya (Amsal 3:5), Ia juga menyiapkan sarana supaya manusia menikmatinya, tapi manusia tidak puas sehingga tergoda dan tergiur, yang akhirnya tidak mengikuti apa yang dikehendaki Tuhan.

Terima kasih sudah memperhatikan artikel ini, sharing pengalamannya dong.

Penulis




Daftar dari beberapa ayat-ayat yang dikutib dari alkitab, misalnya:

(1) Mzm 143:10 Ajarlah aku melakukan kehendakMu, sebab Engkauhlah Allaku!
Kiranya RohMu yang baik itu menuntun aku di tanah yang rata

(2) Yoh 6:28 Lalu kata mereka kepadaNya:”Apakah yang harus kami perbuat, supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?.  29--- Jawab Yesus kepada mereka: ”Inilah perkerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang  telah diutus Allah.” 

(3) Joh 14: 26--- Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selama Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaKu, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu semua yang  telah Kukatakan kepadamu.

(4) Ibr 10:24 Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik
25---Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasehati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari  Tuhan yang mendekat.

(5) Rom 5:5 Dan pengharapan tidak  mengecewakan,  karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.  …………dan masih banyak ayat-ayat lainnya….!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar