Jumat, 23 September 2011

Pencobaan ada 3 interpretasi



Ringkasan artikel:

Latar belakang:
Tuhan mencobai manusia supaya selalu mereka
mengetahui dan laksanakan peraturanNya

Materi yang dibahas:
Menguraiakan arti dari cobaan dan contohnya
 
Apa yang diharapkan:
Sedikit penjelasan antisipasi cobaan


Referensi / acuan:
Lihat dibawa



Latar belakang

Tuhan menguji setiap manusia apakah mereka hidup menurut hukum-hukumNya (keluaran 16:4) atau tidak. Dalam doa Bapak Kami, manusia memohon kepadaNya “supaya jangan membawa dalam pencobaan” Matius 6:13. Tapi berbagai cobaan (berupa: pengujian=test, godaan=temptation dan percobaan=trial) terus berlanjut, sehingga ada manusia yang terjatuh.


Materi yang di sharing, sesuai topic

Istilah “cobaan” yang terdapat dalam alkitab ada 3 pengertian (lihat terjemahannya dalam bahasa Inggris dibawah) yaitu: diuji atau test, digoda atau temptation, pencobaan atau trial, contoh:

Diuji atau test:
Tuhan menguji Abraham, maksudNya apakah Abraham takut pada Tuhan  dan  tidak segan-segan untuk menyerahkan anak yang tunggal (Kejadian 22:12). Jadi Tuhan dapat menguji siapa saja untuk mengetahui sejauh mana kepatuhan pada peraturanNya dan melaksanakannya.           

Digoda atau tempted:
Godaan bukan datang dari Allah tapi dari keinginanmu sendiri (Yakobus 1:13-16).  Setiap orang mempunyai keinginan (baik dan buruk), jangan biarkan keinginan liar yang tidak menentu itu menguasai anda, kendalikan dirimu jangan sampai keinginan tsb menggoda terus menerus, karena kalau anda melangka berdasarkan data yang kurang maka keputusan bisa salah sehingga timbul kerugian. Jadi masuk akalkah, sudah tergoda, lalu rugi dan mau berdoa, “……Tuhan mohon atasi segalanya supaya saya tidak rugi tapi untung..…” jadi jangan sesat!

Cobaan atau trial:
Siapapun dapat mengalami cobaan (trial) semacam ini, misalnya banyak orang atau para pelayan dan hamba Tuhan yang sudah cukup lama mewartakan kabar baik, tapi masih terbentur karena kurang sabar dan harapan untuk mendapat berkat dari Tuhan seolah-olah terlalu lama, sedangkan perderitaan dan kebutuhan di akan datang makin besar (Kisah Para Rasul 20:19). Jadi tetap berharap sama Tuhan dan percaya padaNya

Jadi hanya untuk diingat:

Tuhan mencobai (test) siapa saja supaya mereka terus mengetahuiperaturanNya dan melaksanakannya. Oleh karenanya anda bersiap-siap. 

Manusia mempunyai keinginan positif dan negative, godaan (temptation)dari keinginan negative ini yang bisa menjerumus anda dalam dosa, dan dosa ini bukan cobaan Tuhan. Jadi gunakan akal budimu dan percaya pada Tuhan.

Tuhan juga mencoba (trials) ketekunan anda dan sejauh mana ada berharappadaNya. Jadi anda harus tekun walaupun dalam penderitaan dan terus berharap pada Tuhan.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, mohon sharing bila ad punyai sedikit pengalamannya.


Penulis.



Referensi:


(untuk jelasnya lihat di buku HOLY BIBLE, cetakan ke-5, thn 2004, oleh: Percetakan Lembaga Alkitab Indonesia, ISBN 979-463-660-6, email:info@alkitab.or.id, website http://www.alkitab.or.id)

Keluaran 16:4     Lalu firman Tuhan kepada Musa: “Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memunggut setiap hari, supaya mereka Ku coba, apakah mereka hidup menurut hukum-hukumKu atau tidak.
                                Then the Lord said to Moses: “ Behold, I will rain bread from heaven for you. And
the people shall  go out and gather a certain quota every day, that I may test them, whether they will walk in My law or not.

Pencobaan  = Temptation (lebih cocok dengan istilah menggoda)
Matius 6:13   Dan jangan membawa kami dalam pencobaan,  tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat karena Engkalulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya, Amin 
And do not let us into temptation, but deliver us from the evil one. For Yours is the
 Kingdom and the Power and the Glory forever. Amen

Yakobus 1:13   Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun. (dicobai  atau menggoda  =  temptation )
                                Let no one say when he is tempted, “I am tempeted by God”, for God can not be
tempted by evil, nor does He Himself tempts anyone

Dicobai  = Trial ( lebih cocok dengan istilah pencobaan )
2 Korintus 8:2   Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan,  sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.  =  (dicobai = trial)
                                That in a great trial of affliction the abundance of their joy and their deep poverty
                                Abounded in the riches of their liberality.
               
Lukas22:28   Kamulah yang tetap tinggal bersama-sama dengan Aku dalam segala pencobaan yang Aku alami.   (pencobaan = trials)
                                But you are those who have continued with Me in My trials
Kisah Para Rasul 20:19   Dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan. Dalam pelayanan itu akan banyak mencucurkan air mata dan banyak mengalami pencobaan dari pihak orang Yahudi yang mau membunu akau.  (pencobaan = trials)
                                Serving the Lord with all humility, with many tears and trials which happened to
me by the plotting of tahe Jews.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar