Sabtu, 03 Maret 2012

Jaga hati anda sesuai kasih

Ringkasan artikel

Latar belakang;
Di hati anda terpancar kehidupanmu

Materi yang di sharing;
Pesan singkat dari beberapa ayat
mengenai hati anda sebagai
pancaran hidup

Yang didapat dari artikel;
Jagalah hati anda dan lakukan
kegiatan berdasarkan kasih

Referensi;



Latar belakang

Perbuatan seseorang adalah cerminan dari apa yang ada dalam hatinya (Amsal 27:19 dan Matius 12:34), oleh karenanya jagalah hati anda karena disitulah terpancar kehidupanmu (Amsal 4:23).


Materi yang di sharing, sesuai topik

Kira-kira ada pepatah bahwa dalamnya laut dapat diukur dan apa yang ada di dalam hati seseorang tidak diketahui, tapi indikasinya bisa diperkirakan karena apa yang dikatakan dan diperbuat adalah tumpahan dari dalam hatinya.

Keterangan: dalam alkitab Terjemahan-Baru, ada 1687 ayat yang mengandung kata  “hati”, disini hanya beberapa ayat saja yang diuraikan dibawa ini, misal:


Amsal 3:1
Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku, karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu.

Ini merupakan nasehat dari orangtua kepada anaknya:
supaya anak tsb jangan melupakan ajaran orangtuanya,
biarkan hati anak ini terus memelihara perintah-perintah orangtuanya,
karena akan ditambahkan padanya kesehatan, lanjut usia dan kesejahteraan.


Mzm 37:31
Taurat Allahnya ada di dalam hatinya, langkah-langkahnya tidak goyah.

Taurat Allah yang a.l.: mengasihi Allah dengan akal budi, jiwamu dan kasihi sesama manusia seperti dirimu sendiri. Jadi semuanya itu telah diberikan kepada semua manusia sejak dia lahir, sehingga anda dapat mengetahui dan merasakan apa yang akan diperbuat itu salah atau benar, sejauh apa dampaknya, dll. Dan bila anda berpegang teguh dan konsisten pada Taurat Allah maka anda berada dalam jalur kehidupan yang benar.


Amsal 27:19
Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.

Perbuatan-perbuatan manusia menunjukan apa yang ada dalam hatinya. Jadi keberhasilan, kejatuhan, kesenangan, kesusahan, penderitaan, dll dapat terlihat dari gaya hidup, tingkah laku dan persepsi terhadap kejadian disekitarnya.
Dan untuk mengetahui apa latar belakangnya dia berbuat demikian anda harus mengetahui isi hatinya, misalnya: anda harus mengajak berbicara mengenai suatu subjek, bercerita, bertanya, minta pendapat, bagaimana jalan keluar dan lain-lain yang semuanya itu untuk mengetahui apa jalan pikirannya.
Demikianpun berlaku untuk anda. Pegangan satu-satunya adalah supaya hati anda berdasarkan kasih dan bersandar padaTuhan, Allah kita.


Yohanes 7:38
Barangsiapa percaya kepadaKu, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.

Bagaimana caranya supaya bisa mengalir aliran-aliran air hidup?,  secara garis besar, a.l.  sebagai berikut:
Bertobat .
Jangan berbuat dosa lagi.
Lakukan kegiatan berdasarkan kasih.
Laksanakan Hukum Kasih: (1) Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. (2) Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum ini tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Marilah kita semua berusaha lakukan hukum kasih seperti yang dijelaskan diatas.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis


Referensi

Amsal 27:19
Seperti air mencrminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu

Matius 12:34
Hai kamu keturunan ular beludak, bagaimanakah kamu dapat mengucapkan hal-hal yang baik, sedangkan kamu sendiri jahat? Karena yang diucapkan mulut meluap dari hati

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Keterangan: dalam alkitab Terjemahan-Baru, ada 1687 ayat yang mengandung kata   “hati”, sehingga hanya beberapa ayat saja yang diuraikan dibawa ini, misal:

Amsal 3:1
Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku, karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu.

Mazmur 37:31
Taurat Allahnya ada di dalam hatinya, langkah-langkahnya tidak goyah.

Amsal 27:19
Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manjusia itu.

Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar