Kamis, 24 Januari 2013

Apakah duniawi-mu bisa pengaruhi hati-nurai dan system?


Ringkasan artikel

Latar belakang:
Negara harus mempunyai undang-undang
dan peraturan untuk kebaikannya.

Materi yang di sharing:
Undang-undang dan peraturan harus ada
motivasi serta tujuannya yang diikuti oleh
petunjuk-pelaksanaan atau system, lalu
bagaimana hubungannya dengan
hatinurai, dan duniawi

Kesimpulan:
Selalu peka terhadap apa yang
diinginkan Tuhan untukmu, agar
hati-nuramimu murni, sehingga bisa
lakukan system yang benar sesuai kasih.

Referensi:
Ayat-ayat dari Alkitab sesuai topik
dan kamus online* (*dibagian bawah).


Latar belakang.

Negara Indonesia bisa bertahan karena mempunyai suatu alat pemersatu, yaitu; undang-undang dasar 1945. Demikianpun bangsa Israel, karena Allah memberi kepadanya 10 Perintah-Allah(Kel.20:2-17) , yang bisa dikatakan sebagai pedoman hidup bermasyarakat. (Lalu apa hubungannya hati-nurani dan *system?)


Materi yang di sharing, sesuai topic

Setiap undang-undang atau peraturan harus ada *motivasinya  dan *tujuannya, yang diikuti oleh juklak atau petunjuk-pelaksanaan atau*system yang sesuai. Demikianpun Hukum-Taurat yang tujuannya sebagai pedoman hidup bermasyarakat bagi bangsa Israel, juga ada systemnya yang sesuai untuk mendukung pelaksanaan hukum tsb.

Makna Hukum-Taurat.
Adalah sangat mendasar dan sampai ke inti kehidupan manusia, bahkan Tuhan telah menaruh hukum Taurat dalam batin dan hati anda(Yer.31:33)  ,  sehingga banyak undang-undang (misal: anti-narkoba, hak-asasi, anti-teroris, pilkada, WTO, dll) yang dibuat, selain untuk mencapai tujuannya , juga didukung oleh sistemnya, dan semuanya itu masih mencerminkan pengaruh dari hukum Taurat.

Hati-Nurani*(referensi).
Biasanya anda menyetujui suatu perluasan undang-undang untuk kebaikan dan antisipasi  supaya kepentingan umum terlindungi. Tetapi bila anda tidak puas terhadap perluasan tsb dan hatimu menjadi panas maka anda bisa tergoda sehingga membuat dosa(Kej.4:7) atau kesalahan.. Bahwa keputusan bisa: menyetujui perluasan atau hatimu panas, dasarnya berasal dari kepekaan hati-nurani anda, yang mempunyai andil besar untuk memilih dan menentukan.

Duniawi
Seringkali keinginan keduniawian (a.l.:pesta-pora, kerja melewati batas tenaga dan waktu, mengingini kepunyaan orang-lain, rakus, iri-hati, saksi-palsu, korupsi, terlantarkan kemelaratan masyarakat, dll)  anda, sangat dominan sehingga mengalahkan kepekaan hati-nuranimu dan akibatnya melanggar undang-undang dan systemnya. Jadi buat dosa.


Kondisi sekarang ini.

Penyebab utama dari semuanya ini adalah, karena keduniawian lebih dominan dari pada hati-nurani para pelaku. Sehingga secanggih apapun, system dari undang-undang pasti bisa dilanggar, mereka tidak peduli kemelaratan rakyat, yang penting pangkat, materi dan memuaskan nafsu pribadi. Buktinya ada beberapa pejabat dan pengusaha yang dihukum karena melakukan korupsi, penyalahgunaan wewenang, menyuap, dll.


Kesimpulan

Anda harus selalu peka terhadap keinginan Tuhan untukmu, agar hati-nuranimu bisa selalu murni,  sehingga dapat melakukan system secara benar dan berdasarkan kasih(Mat.22:37,39)  

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.


R e f e r e n s I : . 

Kel.20:2-19                 10-Perintah-Allah (mohon dibaca)

Yer.31:33                    Tuhan menaruh Taurat dalam batin manusia
Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman Tuhan: Aku akan menaruh TauratKu dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu.

Kej.4:7                                    dosa sanggat menggoda
Apakah mukamu tidak berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.

Mat.22:37,39              kasih  
37---Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
39---Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

*sistem
(1) perangkat unsur yg secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas: -- pencernaan makanan, pernapasan, dan peredaran darah dl tubuh; -- telekomunikasi;
(2) susunan yg teratur dr pandangan, teori, asas, dsb: -- pemerintahan negara (demokrasi, totaliter, parlementer, dsb);
(3) metode: -- pendidikan (klasikal, individual, dsb); kita bekerja dng -- yg baik; -- dan pola permainan kesebelasan itu banyak mengalami perubahan
http://kamusbahasaindonesia.org

*motivasi
(1) dorongan yg timbul pd diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dng tujuan tertentu;
(2) Psi usaha yg dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu krn ingin mencapai tujuan yg dikehendakinya atau mendapat kepuasan dng perbuatannya.  http://kamusbahasaindonesia.org

*tujuan
(1) arah; haluan (jurusan);
(2) yg dituju; maksud; tuntutan (yg dituntut). http://kamusbahasaindonesia.org

*hati nurani
(1) hati yg telah mendapat cahaya Tuhan;
(2) perasaan hati yg murni dan yg sedalam-dalamnya
http://kamusbahasaindonesia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar