Kamis, 30 Mei 2013

Apakah 10 Perintah Allah berguna bagi masyarakat?

Ringkasan artikel

Latar belakang
Ke 10-perintah Allah
berguna untuk masyarakat

Materi yang di sharing.
Kapan adanya dosa, kapan
mengenal dosa. Untuk siapa
perintah Tuhan dan untuk
apa dan relevansinya.

Kesimpulan
Perintah Allah masih revelan
dan diperlukan untuk kemanusiaan

Referensi
Ayat-ayat dari Alkitab sesuai topic,
dan Ensiklopedi AlkitabMasa Kini


Latar belakang

Ke 10-Perintah-Allah sangat berguna bagi manusia, agar mereka bermasyarakat lebih manusiawi dan teratur(Kel.20:1-17), selain itu juga untuk mengenal siapa Allah mereka.


Materi yang di sharing, sesuai topic

Kaum Israel menyaksikan bagaimana Tuhan bekerja untuk menolong mereka, misalnya: laut menjadi kering dan mereka melewati tembok air-laut, disiang-hari ada awan yang meneduhkan dan dimalam-hari ada tiang-api yang menerangi, diberi makanan, dll. Tapi mereka keras kepala bahkan bersembah kepada ilah-ilah dan mencobai Tuhan(Kel.17:7), sehingga terjadilah dosa.

1--Sejak kapan adanya dosa?                       
Dosa-sudah-ada di alam semesta(Rm.5:13),  sebelum adanya manusia. Dan orang-orang yang telah berbuat dosa, a.l.: Adam dan Hawa memakan buah yang dilarang, Habel yang membunuh adiknya, yang terbunuh sewaktu air-bah dizaman-Nuh, yang terbakar di Sodom-dan-Gomora, dll.

2---Kapan manusia mengenal dosa?
Sewaktu kaum Israel sedang menuju ke tanah terjanji yang pada waktu itu berada di dekat gunung Sinai, Tuhan memberlakukan 10-Perintah-Allah kepada mereka(Ul.5:1-21), maka mereka mulai mengetahui apa itu dosa. Karena dosa itu a.l. adalah:
Segala pikiran dan perbuatan yang melawan Tuhan
Segala yang tidak sesuai hukum Taurat
Segala kejahatan dalam bentuk apapun

Contoh:
Raja Saul panas-hati terhadap Daud(1Sam.18:8)
Tidak patuhnya bangsa Israel sehingga dibuang ke Babilon, dll


Ke 10 Firman Allah (Perintah-Allah)

(A)---Untuk siapa saja perintah Tuhan itu?
Perintah Tuhan adalah untuk semua orang, Yahudi dan non-Yahudi. Memang benar dalam Perjanjian Lama, bahwa ke 10-Perintah-Allah diberikan kepada kaum Israel, akan tetapi karena mereka mencobai Tuhan(Kel.17:7) dan terlalu banyak melanggar peraturan (misal: mereka melarang Yesus sembuhkan orang-sakit di-hari-Sabat, dll) sehingga kepada bangsa lain juga diberikan semuanya, termasuk HukumNya dan keselamatan(Rm10.11)

(B)---Apakah printah Allah berguna? Dan masih relevan?
Ke 10-perintah-Allah dan hukum-Kasih sampai sekarang ini sangat dan tetap berguna bagi manusia, dan masih relevan untuk seterusnya, karena mengarahkan manusia dengan penuh kasih untuk selalu mencari dan lakukan kehendak Tuhan, yang mencakup:
Moral masyarakat terlindungi dan makin murni
Mental masyarakat makin tangguh
Mereka tidak merugikan siapapun, a.l. tidak korupsi, dll.


Kesimpulan

Perintah Allah a.l. ke 10-perintahNya masih relevan dan sangat diperlukan untuk kepentingan kemanusiaan. Dan hal ini supaya didasarkan pada ketaatan , terus mencari  dan lakukan kehendak Tuhan.


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.


R e f e r e n s i  :

Kel.20:1-17     Kesepuluh Firman Tuhan     (mohon di baca)

Kel.17:7          kaum Yahudi mencobai Tuhan
Dinamailah tempat itu Masa dan Meriba, oleh karena orang Israel telah bertengkar dan oleh karena mereka telah mencobai Tuhan dengan mengatakan: “Adakah Tuhan di tengah-tengah kita atau tidak?”

Rm.5:13          seblm HT, tlh ada dosa di dunia
Sebab sebelum hukum Taurat ada, telah ada dosa di dunia, tetapi dosa itu tidak diperhitungkan kalau tidak ada hukum Taurat

Ul.5:1-21         uraian dari 10 Perintah Allah
1---Musa menmanggil seluruh orang  Israel berkumpul dan berkata kepada mereka: “Dengarlah, hai orang Israel, ketetapan dan peraturan, yang pada hari ini kuperdengarkan kepadamu, supaya kamu mempelajarinya dan melakukannya
dengan setia
2---s/d---21      mohon luangkan waktu untuk di baca,
 
1Sam.18:18    Raja Saul menci Daud
Lalu bangkitlah amarah Saul dengan sangat; dan perkataan itu menybalkan hatinya, sebab pikirnya: “Kepada Daud diperhitungkan mereka berlaksa-laksa, tetapi kepadaku diperhitungkannya beribu-ribu; akhir-akhirnya jabatan raja itu pun jatuh kepadanya”

Rm.10:11        oleh pelanggaran mereka,  keselamatan  telah sampai kpd bangsa lain
Maka  aku bertanya: Adakah mereka tersandung dan harus jatuh? Selakli-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka, keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, supaya membuat merka cemburu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar