Jumat, 10 Mei 2013

Bagaimana perlajanan IMAN-mu


Ringkasan artikel.

Latar belakang;
Kehidupan berliku-liku, tapi
yang mengalami pertumbuhan
iman, merekalah yang bertahan

Materi yang di sharing:
Apa itu iman.
Pengalaman memperoleh
iman, pertumbuhannya,
dan penurunannya 

Kesimpulan:
Ber-iman kepada Tuhan.
Naik turunnya iman
tergantung tekadmu.

Referensi:
Ayat-ayat Alkitab sesuai topic


Latar belakang

Dalam perjalanan hidup manusia, setiap orang akan mengalami berbagai liku-liku kehidupan, tapi yang mengalami pertumbuhan iman(2Kor.10:15 ), maka merekalah yang bisa bertahan dan mengatasi masalah hidup(Hab.2:4)

Materi yang di sharing, sesuai topic

Apa itu iman?  
  • ·         Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat(Ibr.11:1).
  • ·         Tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barang siapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah(Ibr.11:6).


Bagaimana seseorang memperoleh iman, a.l.:
(Kesatu---)Keingin-tahuan seseorang akan kerohanian akan timbul karena kemauannya sendiri sehingga dia berusaha berbagai cara untuk mengetahuinya, misalnya ikut; pendalaman alkitab, masuk gereja, ikuti KKR, ikuti doa-lingkungan, sekolah,dll.
(Kedua---)Tapi ada juga yang secara tidak langsung, tidak sengaja ia mendengar firman Tuhan(Rm10:17) dimana dia berada, sehingga firman itu bertumbuh dalam hatinya.


Apakah iman seseorang bisa bertumbuh dan berkurang?
Penguasaan iman dan cara me-respons-nya tergantung dari kesetiaan orang ybs, apakah dia mau atau tidak, misalnya:
 
Bila dia terus mau mencari Tuhan, juga sambil berpegang pada ketentuan dan melaksanakan aturan Tuhan, maka pertumbuhan iman akan terus meningkat (Luk.17:6). Dan alangkah baiknya bila dalam setiap kegiatan, kepribadianmu selalu merefleksi-kan adanya KASIH, sehingga dalam perkataan dan perbuatan-mu selalu dibimbing oleh iman-mu (Sesuai Rm10:8, yaitu:“Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan didalam hatimu.”)

Keteguhan hati yang sangat kuat, dari seseorang untuk perbaikan nasib atau keberhasilan dalam karir atau sembuh dari penyakit yang telah berkepanjangan diderita-nya bisa berhasil atau sembuh, karena iman-mu(Mat.9:22) kepada Tuhan.

Setiap orang mempunyai kasih karunia yang khusus dan berlainan dengan orang lain, maka sebaiknya anda lakukan karunia-mu itu sesuai dengan iman-mu(Rm.12:6)

Tetapi:
Bila anda tidak disiplin dalam hidup: pergaulan, sekolah, pekerjaan, keluarga, dll, maka anda mudah tergoda oleh keadaan sekelilingnya sehingga bisa jatuh dalam dosa. Dan seiring dengan hal itu, maka proses iman-mu juga menurun sehingga pada saat melewati batas iman, maka terjadilah dosa tsb.


Kesimpulan

Iman timbul dari pendengaran, dan  karena iman anda akan berkenan kepada Allah, dan naik-turunnya pertumbuhan iman tergantung dari keinginan dan tekadmu. Dan bagaimana dengan iman kami semuanya, bisakah menjadi teladan untuk orang-lain?.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.


R e f e r e n s i  :

2Kor.10:15                  iman makin bertumbuh
Kami tidak bermegah atas pekerjaan yang dilakukan oleh orang lain di daerah kerja yang tidak dipatok untuk  kami, Tetapi kami berharap, bahwa apabila imanmu makin bertumbuh, kami akan mendapat penghormatan lebih besar lagi di antar kamu, jika dibandingkan dengan daerah kerja yang dipatok untuk kamu.

Hab.2:4                       orang hidup oleh percaya (faith)
Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada tidak lurus hatinya, tetapi orang benar itu akan hidup oleh percayanya

Ibr.11:1                       iman adalah
Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Ibr.11:6                       tanpa iman tidak mungkin berkenan kpd Allah
Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barang siapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sunguh-sungguh mencari Dia.

Rm.10:17                    iman timbul dr pendengaran
Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus

Luk.17:6                     kalau mempunyai iman
Jawab Tuhan:: “Kalau sekirannya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu.”

Rm10:8                       firman iman itu dimulutmu dan hatimu
Tetapi apakah katanya? Ini: “Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan didalam hatimu.”

Mat.9:22                     teguhkanlah hatimu, imanmu telah menyelamatkanmu
Tetapi Yeesus berpaling dan memandang dia serta berkata: “Teguhkanlah hatimu, hai anakKu, imanmu telah menyelamatkan engkau.” Maka sejak saat itu sembuhlah perembuan itu.

Rm.12:6                      lakukan sesuai dengan iman kita
Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita


TAMBAHAN: Firman yang relevansi dengan topik

Gal.3:8                                  Allah membenarkan karena iman
Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: “Olehmu segala bangsa akan diberkati”

Ibr.11:11                               karena iman Sara beroleh kekuatan melahirkan
Karena iman ia juga dan Sara beroleh kekuatan untuk menurunkan anak cucu, walaupun usianya sudah lewat, karena ia menganggap Dia, yuang memberikan janji itu setia.

Yoh.14:1                               iman/percaya pada Allah dan padaKU
Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu.

1Tes.1:9                                                percaya pada Allah
9----Sebab mereka sendiri berceritera tentang kami, bagaiamana kami kamu sambut dan bagaimana kamu berbalik dari berhala-berhala kepada Allah untuk melayani Allah yang hidup dan yang benar.
10---dan untuk menantikan kedatanganAnakNya dari surga, yang telah dibangkitkanNya dari antara orang mati, yaitu Yesus, yang menyelamatkan kita dari murka yang akan datang.

Flp.1:27                                                iman tidak statis
Hanya, hendaklah hidupmu berpadanan dengan Injil Kristus, supaya, apabila aku datang aku melihat, dan apabila aku tidak datang aku mendengar bahwa kamu teguh berdiri dalam satu roh, dan sehati sejiwa berjuang untuk iman yang timbul dari Berita Injil,
Dengan tiada digentarkan sedikit pun oleh lawanmu.


Luk17:5                                tambahkan iman kami
Lalu kata rasul-rasul itu kepada Tuhan: “Tambahkanlah iman kami”

Stop………………………………………………………………stop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar