Sabtu, 25 Mei 2013

Apakah hati-nurani-mu bisa menegor anda

Ringkasan artikel

Latar belakang
Tuhan telah menaruh HukumNya
di hati manusia

Materi yang di sharing.
Kebebasan memilih dan hati-nurani
bisa berbeda serta beberapa contoh

Kesimpulan
Hati-nurani-mu selalu ingatkan anda
supaya tetap bebuat yang benar

Referensi
Ayat-ayat dari Alkitab sesuai topic.


Latar belakang

Sejak Tuhan menciptakan manusia yang serupa(Kej.1:26) dengan DIA, DIA telah menaruh hukumNYA dalam akal-budi dan juga menuliskannya didalam hati(Ibr.8:10-11) manusia,


Materi yang di sharing, sesuai topic

Setiap manusia sewaktu menghadapi tantangan, atau masalah penting, maka mereka dihadapi pada berbagai alternative, sehingga harus memilih. Yaitu melanjutkannya, menyerah atau bagaimana. Disini ada pilihan, dan anda yang punya kebebasan untuk menentukan, dan biasanya sesuai motivasimu, walaupun petunjuk hati-nurani-mu bisa berbeda.         

Tuhan selidiki hati-nurani-mu
Untuk anda ketahui bahwa Tuhan mengetahui semua niatmu perbuatanmu melalui hati rurani masing-masing orang orang(Rm.8:27) ,


Kebebasan memiih
Karena kebebasan memilih inilah yang antara lain menyebabkan Adam dan Hawa tertarik pada “buah” sehingga memakannya dan terjadilah dosa, walaupun Tuhan sudah peringatkan jangan memakan buah tsb.


Peranan hati-nurani
Setelah memakan buah yang dilarang, matanya Adam dan Hawa terbuka, lalu mengetahui bahwa mereka telanjang(Kej.3:7), dan merasa malu. Disini hati-nurani mereka berdua, yang menyadarkan mereka, walaupun tidak dijelaskan dalam Alkitab, tapi anggapan bahwa hati-nurani sudah ada, itu benar, karena manusia diciptakan serupa-dan-segambar dengan Allah(Kej.1:26).

Didalam hati setiap manusia sudah tertulis hukum-Tuhan(Yer.31:33), a.l.: hukum Taurat dan Kasih, sehingga setiap tantangan yang anda hadapi, apakah itu yang sederhana atau relative lebih sulit, yang jelas anda akan hadapi tantangan itu sesuai kemampuanmu, dengan harapan akan menghasilkan yang terbaik, tapi apakah hasil itu benar atau salah lain masalah, misalnya:


Contoh sehari-hari

Gerbong-wanita di kereta-api sudah penuh, jadi mereka bercampur-baur di gerbong umum dengan-para-pria. Banyak pria yang duduk, pura-pura tertidur, maksudnya tidak mau memberikan tempat yang diduduki kepada para wanita bahkan orang-tua. Disini, walaupun hati-nurani mereka mengatakan berikanlah tempat dudukmu, tapi banyak-pria-tidak rela.

Karena emosi, anda telah memukul anakmu secara berlebihan, karena sering berbohong. Setelah itu, ada suara dari dalam hatimu yang mengatakan, bujuklah dia dan eluskanlah kepalanya dan bilang jangan berbohong lagi.

Harga daging-sapi di Jakarta sangat mahal, karena ulah beberapa koruptor yang sudah ditangkap dan sedang diperiksa KPK.  Mereka hanya memuaskan kepentingan pribadinya yang bersifat negative,  dan biarkan rakyat menderita. Apakah hati-nurani mereka tidak menegor?


Kesimpulan

Dimana anda berada(Mzm.16:7) hati-nuranimu selalu berbicara mengenai niatmu, perbuatanmu dan dampaknya. Karena hati-nuranimu selalu menashatkan anda kejalan yang benar(1Tim.1:5). Lalu apakah kita semua sudah menuruti hati-nurani masing-masing?

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.


R e f e r e n s i  :

Kej.1:26          manusia menurut gambar dan rupa Kita
Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merapa di bumi.

Ibr.8:10           menuliskan hukumKU dalam hati mereka
“Maka  inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu,“ demikian firman Tuhan. “Aku akan menaruh hukumKu dalam akalbudi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu.

Ibr.8:11           tdk lagi mengajar, sebab mereka semua mengenal Aku
Dan mereka tidak akan mengajar lagi sesama warganya, atau sesama saudaranya dengan mengatakan: Kenal-lah Tuhan!.
Sebab mereka semua, besar kecil,  akan mengenal Aku.

Rm.8:27          Allah menyelidiki hati nurani
Sebab Allah yang menyelidiki hati rurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah berdoa untuk orang-orang kudus.

Kej.3:7                        mata mereka terbuka
Maka terbukalah matra mereka berdua dan mereka tahu, bahwa mereka telanjang; lalu mereka menyemat daun pohon ara dan membuat cawat.

Yer.31:33        Aku menaruh TauratKu dlm batin dan menuliskan dlm hati mereka
Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman Tuhan: Aku akan menaruh TauratKu dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu

Mzm.16:7        di waktu malam hati nurani mengajari aku
Aku memuji Tuhan, yang telah memberi nasehat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku.

1Tim.1:5         tujuan nasehat adalah kasih yg timbul dari hati-nurani
Tujuan nasehat itu ialah kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar