Kamis, 09 Januari 2014

Percayakah Tuhan mengetahui perbuatanmu

Latar belakang

Lalu Ia berkata kepada mereka: “Kamu membenarkan diri di hadapan orang, tetapi Allah mengetahui hatimu, sebab apa yang dikagumi manusia dibenci oleh Allah(Luk.16:15)  

Materi yang di sharing, sesuai topic

Manusia adalah secitra dengan Allah yaitu segambar dan serupa(Kej.1:27) denganNya,  juga mereka mempunyai kebebasan untuk menentukan jalan hidupnya. Sehingga manusia bisa saja tertarik akan apa saja termasuk godaan lalu bisa tertipu, dan mengakibatnya jatuh dalam dosa. Tuhan mengetahui semuanya itu.

Namun Tuhan tidak membiarkan manusia terus terperosok, karena:

1)---Tuhan memberikan beberapa pertolongan-mendasar berupa anugerah yang adalah landasan hidup bagi manusia supaya bila mereka menjiwainya dan melakukannya, maka mereka bisa keluar dari dosa, bahkan keturunannya bisa meremukkan kepada ular (Kej.3:15) . Anugerah tsb adalah:

a--Tuhan memberikan hukum-Taurat(Kel.20:1-17) kepada manusia untuk dilaksanakan supaya mereka bisa mengetahui cara hidup bermasyarakat yang lebih manusiawi

b--Tuhan Yesus memberikan hukum-Kasih(Mat.22:37-39) kepada manusia supaya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


2)---Adanya pengawasan-intern yang synchrone dalam tubuh manusia

aa--Karena begitu-sempurnanya ciptaan Tuhan, sehingga telah ada pengawasan-intern yang synchrone dalam tubuh setiap manusia, yaitu batin dan hati-nurani yang sudah diisi Taurat-Tuhan(Yer.31:33), sehingga DIA mengetahui setiap perbuatan manusia.

Jadi hati-nurani anda mulai memperingati-mu. Kalau anda berencana dan melakukan sesuatu yang amoral dan merugikan orang lain, misalnya: korupsi, menyalahgunakan kekuasaan, menipu,dll.
  
bb--Dengan firmanNya yang masuk melalui telinga-mu sehingga bisa merangsang pikiran-mu dan jiwai-mu, lalu anda berusaha melakukan perintah Tuhan supaya bisa hidup lebih baik. Firman-firman tsb, a.l.:

bb--a---Biarlah berakhir kejahatan orang fasik, tetapi teguhkanlah orang yang benar, Engkau, yang menguji hati dan batin orang, ya Allah yang adil(Mzm.7:10)

bb--b---Aku, Tuhan yang menyelidiki hati, yang menguji batin, untuk memberi balasan kepada setiap orang setimpal dengan tingkah langkahnya, setimpal dengan hasil perbuatannya(Yer.17:10)

bb--c---Aku memuji Tuhan, yang telah memberi nasehat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku(Mzm.16:7)

bb--d---Lalu Ia berkata kepada mereka: “Kamu membenarkan diri di hadapan orang, tetapi Allah mengetahui hatimu, sebab apa yang dikagumi manusia dibenci oleh Allah(Luk.16:15) 

bb--e---Tujuan nasehat itu ialah kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati-nurani yang murni dan iman  yang tulus ikhlas(1Tim.1:5)

bb--f---Buanglah dari padamu segala durhaka yang kamu buat terhadap Aku dan perbaharuilah hatimu dan rohmu! Mengapakah kamu akan mati, hai kaum Israel(Yeh.18:31)?


Dalam kehidupan sehari-hari, a.l.:

Pasti-anda-telah-mengalaminya, yaitu: sewaktu-mau tidur-malam-hari atau sedang sedirian, atau dimana-anda-berada, seperti ada suara yang saling tanya jawab didalam hatimu, untuk-mengingatkan-supaya berbuat-yang-lebih-baik


Kesimpulan

Pilihan-bebasnya manusia yang-menyebabkan-mereka-berdosa, namun Tuhan tidak membiarkannya terpuruk, bahkan memberi landasan hidup dan menaruh taurat dalam batin dan hatinurani mereka. Itulah Tuhan, Allah kami.

Pilihan-bebasnya manusia yang-menyebabkan-mereka-berdosa, namun Tuhan tidak-membiarkannya, bahkan member-landasan-hidup untuk-keselamatan-mereka. Itulah Tuhan, Allah kami semuanya.


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.


R e f e r e n s i  :

Luk.16:15        Allah mengetahui hatimu
Lalu Ia berkata kepada mereka: “Kamu membenarkan diri di hadapan orang, tetapi Allah mengetahui hatimu, sebab apa yang dikagumi manusia dibenci oleh Allah 

Kej.1:27           Allah menciptakan manusia menurut gambarNya.
Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambarNya, menurut gambar Allah diciptakanNya dia; laki-laki dan perempuan diciptakanNya mereka.

Kej.3:15           keturunan perempuan akan remukkan kepalamu
Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keterunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu dan engkau akan meremukkan tumitnya

Kel.20:1-17     10 perintah Allah. Hukum-taurat
                        ---------------mohon dibaca-----------------

Mat.22:37-39  hukum-Kasih
37--Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38--Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
39--Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Yer.31:33        menaruh Taurat-Hukum dalam batin dan menuliskan dlm hati

Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman Tuhan: Aku akan menaruh TauratKu dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar