Kamis, 02 Januari 2014

Inilah iman untuk kehidupanmu

Latar belakang

Manusia hidup bukan hanya dari makanan namun juga dari rohani(Yoh.6:271, Mat.4:42)


Materi yang di sharing, sesuai topic

Apa artinya  iman3  menurut:
Perjanjian-Lama adalah Kesetiaan(Ul.32:20)4 dan Percaya(Hab.2:4)5.
Perjanjian-Baru di-interpretasikan sebagai mengandalkan Yesus(Kis.16:306, Yoh.3:167)

Iman untuk kehidupan-mu.
Setiap orang pasti mempunyai citi-cita masa depan, karena itu mereka mempunyai suatu pedoman hidup, dan yang utama adalah beriman kepada Tuhan, yaitu:

A--Karena anda ingin mencari siapa pencipta cakrawala, dunia dan kebenaran lainnya(a.l.:adanya siang-malam, hukum-gravitasi, teori-relativitas-Einstein, hukum Archimedes dan bagaimana penggunaannya pada kegiatan sehari-hari, dll) sehingga percaya bahwa hanya ada satu maha kuasa yang menciptanya, itulah Tuhan.

B--Karena firman Tuhan yang terus berkumandang dalam benakmu, yang akhirnya merangsang hati dan pikiran-mu dan jiwa-mu, sehingga ingin lebih mengetahuiNya.

C--Selalu bersandar kepada Tuhan sehingga setiap masalah yang timbul akan diselesaikan secara bijaksana.

D--Selalu mengandalkan Tuhan, taat pada Tuhan dan lakukan semua peraturanNya a.l. hukum-Taurat(Kel.20:1-17)8 misalnya takut akan Tuhan dan hukum-Kasih (Mat.22:37,39)9 misalnya menghormati, menghargai dan peduli terhadap orang lain.

E--Mempunyai pengharapan akan masa depan.

Dalam kegiatan sehari-hari, maka butir 1-sd-5 saling berkaitan, mempengaruhi dan sejalan(atau-synchornized). Itulah-beriman-kepada-Tuhan.


Pelaksanaan iman yang kurang sempurna

Contoh:  

(1)--- Apakah berjasa sama Tuhan boleh-manjakan-anak-hingga-malas-kerja?
Anda merasa telah berjasa karena sudah melakukan pekerjaan Tuhan, misalnya masuk gereja, berdoa untuk orang sakit,dll. Dilain pihak anda memanjakan anakmu sehingga tidak bisa mengendalikannya dan akibatnya dia tidak disiplin dan daya juang untuk bekerja sangat rendah. Pertanyaannya:Apakah Tuhan akan mengabulkan doamu bila anda memohon untuk anakmu itu? Anda-tidak-lakukan hukum-kasih(Mat.22:39)-yang-benar.

(2)---Apakah mengasihi tidak boleh melarang untuk mendidik orang?.
Mengasihi sesamamu, bukan berarti tidak boleh melarang untuk kebaikan. Bila siapa-saja berbuat salah maka anda harus berani memberitahukan dan mengajarnya apa dampak buruknya. Tuhan juga mengatakan demikian, misalnya, raja Daud berbuat salah maka keturunannya dihukum(2Sam.12:10)10, Salomo berbuat salah maka kerajaannya runtuh(1Raj.11:11-12)11. Bagaimana-kalau-anakmu yang-berbuat-salah?

 (3)---Bolehkah memaksa Tuhan supaya fisik-mu sembuh tapi batin-mu dibiarkan?
Banyak orang berdoa untuk penyembuhan fisik, bahkan terkesan memaksa Tuhan supaya mengabulkan kehendaknya. Pertanyaan, bukankah penyembuhan batin tidak diperlukan? Karena masih ada luka batin, maka pikiran terus berkelana seolah-oleh bekerja 24-jam-sehari sehingga kurang istirahat, akibatnya metabolism-mu menjadi agak kacau, sehingga fisik yang sudah sembuh kembali ngadat.

Kesimpulan

Untuk kehidupan-mu maka berimanlah secara utuh kepada Tuhan, dan bukan mengutamakan salah satu butir-yang-diatas. Iman bukan percaya-diri dan memaksa kehendakmu. Tapi takutlah pada Tuhan dan kasihilah Tuhan, dan hargai dan hormati setiap manusia. Mudah-mudahan kami semua tidak berat hati untuk melakukannya.


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.


R e f e r e n s i  :

1Yoh.6:27        bekerja bkn utk makan yg bisa binasa, tapi kepada hidup yg kekal
Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan menteraiNya.

2Mat.4:4          manusia bukan hidup dari roti saja
Tetapi yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.

3Iman
Iman dalam PL diartikan kesetiaan(Ul.32:20) dan percaya(Hab.2:4).
Iman dalam PB di-interperetsikan sebagai mengandalkan Yesus(Kis.16:30, Yoh.3:16)
EAMK, ISBN-978-602-8009-33-1, ctn-April2011,  hal-430

4Ul.32:20         tidak pnya kesetiaan
Ia berfirman: Aku hendak menyembunyikan wajahKu terhadap mereka, dan melihat bagaimana kesudahan mereka, sebab mereka itu suatu angkatan yang bengkok, anak-anak yang tidak mempunyai kesetiaan.

5Hab.2:4          hidup oleh percaya
Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada, tidak lurus hatinya, tetapi orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya.

6Kis.16:30       mengandalkan Tuhan
Ia mengantar mereka keluar, sambil berkata: “Tuan-tuan, apakah yang harus aku perbuat, supaya aku selamat?”

7Yoh.3:16        mengandalkan Tuhan
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa,  melainkan beroleh hidup yang kekal.

8Kel.20:1-17    10-perintah Allah       ………mohon dibaca………

9Mat.22:37,39 hukum Kasih
37---Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal bukimu.
39---Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

102Sam.12:10  pedang tetap ada di keturunan-mu
Oleh sebab itu, pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya, karena engkau telah menghina Aku dan mengambil isteri Uria, orang Het itu, untuk menjadi isterimu.

111Raj.11:11-12          Kerajaanmu akan hancur
11---Lalu berfirmanlah Tuhan kepada Salomo: “Oleh karena begitu kelakuanmu, yakni engkau tidak berpegang pada perjanjian dan segala ketetapanKu yang telah Kuperintahkan kepadamu, maka sesungguhnya Aku akan mengoyakkan kerajaan itu dari padamu dan akan memberikannya kepada hambumu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar