Sabtu, 08 Maret 2014

Apakah ada pilihan dalam hidupmu?


Latar belakang

Setiap orang mengetahui dan bisa memilih yang baik atau buruk(Kej.3:22) namun bersandarlah kehidupanmu pada Tuhan.

Materi yang di sharing, sesuai topic

1-Sejak awal kehidupan, manusia sudah jatuh dalam dosa(Kej.3:1-24) dan terus berlanjut hingga sekarang ini.
2-Namun manusia juga menikmati;
(a) kasih-karunia, berkat, hikmat, yang selalu disediakan Tuhan,
(b) petunjuk-petunjuk para-nabi, para-rasul dan hamba-Tuhan lainnya yang mengarahkan manusia kembali padaNya.

Jadi kehidupan seseorang selalu ada 2-opsi, yaitu; baik dan buruk. Sehingga opsi mana yang akan digunakan, semuanya terletak pada pilihan-bebasmu. Contoh:  

Baik buruk bangsa pilihan, mengenai berkat.
Sisi-baiknya: Supaya bangsa pilihanNya menjadi berkat bagi seluruh bangsa(Kej.28:14
Sisi-buruknya: kenyataannya, berkat-untuk-seluruh-bangsa-belum-terlaksana sampai sekarang ini, terutama dari:  
a-keturunan Abraham yang masih sibuk dengan perebutan wilayah dan kekuasaan.
b-keturunan iman-dari-Abraham masih sedikit yang memperhatikannya untuk melakukannya, karena motivasi-mereka-business-untuk-profit, tapi sedikit yang bersifat social, phylantropy, dll

Baik buruk raja Salomo
Sisi-baiknya:
Tuhan memberikan hikmat sesuai permintaan raja-Salomo(1Raj.3:12), sehingga dia menyelesaikan secara adil perselisihan antara dua wanita, tentang-bayi-yang-akan-dipenggal(1Raj.3:25-27).
Mendirikan Bait Suci(1Raj.6:1-38.)
Mengokohkan takhtanya dan kerajaannya(1Raj.2:12-46).
Sisi-buruknya:
Salomo mencintai banyak wanita yang akhirnya menyeret dia ke ilah-ilah mereka(1Raj.11:9). Karenanya kelakuan Salomo berubah, sehingga Tuhan mengoyakkan kerajaannya(1Raj.11:11) sewaktu anak-anaknya berkuasa(1Raj.11:12)

Manusia sangat mudah beralih ke sisi-buruk.         
Semua orang bisa mengikuti Yesus, asalkan dia bertobat dan melakukan perintah-perintah(Mat.22:40) dan kehendakNya. Dan perintah Yesus bersifat konsisten dan tidak berubah sepanjang masa, karenanya banyak manusia yang tidak tahan-uji. sehingga dalam menghadapi masalah selalu ada jatuh bangun, namun kalau anda tetap tekun pada Yesus, maka anda akan berhasil dan selamat(Ams.3:5).  Jadi bangsa pilihan atau siapa-saja yang tidak-tahan-uji, merasa-tidak-diawasi dan ada godaan maka dia bisa beralih ke sisi-buruknya.

Contoh:
Bekas ketua Mahkamah Konstitusi merasa tidak ada yang lihat, kapan lagi bisa nyolong uang banyak, ahh iseng-iseng-berbuat. Eh..ternyata ditangkap dan masuk-penjara. Pasti sewaktu dia berniat dan melakukan korupsi, hatinuraninya sudah menegor, tapi-di-abaikan-karena-tergiur-godaan.

Objektif & Sabar
Untuk mempertahankan sisi baik, anda harus punya tujuan(objektif) yang didukung oleh-motivasi-positif, konsisten, tekun, jujur, dll. Dan untuk mencapai tujuan itu butuh waktu yang panjang. Waktu yang panjang inilah yang membuat orang kadang-kadang tidak sabar, sehingga tingkah-laku yang suka iseng-iseng bisa membuat kesalahan yang berakibat fatal untukmu, karena perbuatan iseng yang hanya beberapa menit bisa meruntuhkan prestasimu.
Kesalahan-iseng-iseng, a.l.:
Tinggalkan kerjaan sewaktu bertugas, dan jalan-jalan di-mall.
Korupsi seperti mantan-ketua Mahkamah-Konstitusi.
Bis-Trans-Jakarta yang-baru, tapi beberapa-sparpart-nya sudah-karatan.Dll
           Kleptomania.

Kesimpulan

Manusia telah mengetahui dan melakukan apa itu baik dan buruk, begitupun dampaknya. Namun tetap percayalah pada Tuhan Yesus karena Dia yang mengajarkan hukum-Kasih, maukah anda percaya?

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis Eddy.


R e f e r e n s i  :

Kej.3:22
Berfirmanlah Tuhan Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita,  tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memekannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.

Kej.3:1-24      manusia jatuh ke dalam dosa

Kej.28:14
Keturunanmu akan menjadi seperti debu tanah banyaknya, dan engkau akan mengembang ke sebelah timur, barat, utara dan selatan, dan olehmu serta keturunanmu semua kaun di muka bumi akan mendapat berkat.

1Raj.3:12
Maka sesungguhnya Aku melakukan sesuai dengan permintaanmu itu, sesungguhnya Aku memberikan kepadamu hati yang penuh hikmat dan pengertian, sehingga sebelum engkau tidak ada seorang pun seperti engkau, dan sesudah engkau takkan bangkit seorangpun seperti engkau.

1Raj.3:25-27 
25-Kata raja: “Penggallah anak yang hidup itu menjadi dua dan berikanlah setengah kepada yang satu dan yang setengah lagi kepada yang lain”
26-Maka kata perempuan yang empunya anak yang hidup itu kepada raja, sebab taimbulah belas kasihannya terhadap anaknya itu, katanya: “Ya tuanku! berikanlah kepadanya bayi yang hidup itu,  jangan sekali-kali membunuh dia.” Tetapi yang lain itu berkata: “Supaya jangan  untukku ataupun untukmu, penggallah!”
27-Tetapi raya menjawab, katanya: “Berikanlah kepadanya bayi yang hidup itu, jangan sekali-kali membunuh dia, dia itulah ibunya.”

1Raj.6:1-38    Salomo mendirikan Baiat Suci

1Raj.2:12-46  Tindakan Salomo utk mengokohkan takhtanya

1Raj.11:9
Sebab itu Tuhan menujukkan murkaNya kepada Salomo, sebab hatinya telah menyimpang dari pada Tuhan, Allah Israel, yang telah dau kali menampakkan diri kepadanya.

1Raj.11:11
Lalu berfirmanlah Tuhan kepda Salomo: “Oleh karena begitu kelakuanmu, yakni engkau tidak berpegang pada perjanjian dan segala ketetapanKu yang  telah Kuperintahkan kepadamu, maka sesungguhnya Aku akan mengoyakkan kerajaan itu dari padamu dan akan memberikannya kepada hambamu.

1Raj.11:12
Hanya, pada waktu hidupmu ini Aku belum mau melakukannya oleh karena Daud, ayahmu; dari tangan anakmulah Aku akan mengoyakkannya.

Mat.22:40
Pada kedua hukum (Kasih) inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Ams.3:5
Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar