Jumat, 27 Juni 2014

Ingatkan ?, kumpulin hartamu di sorga.

Latar belakang.

Kumpulkanlah bagimu harta di sorga; karena di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya, dan pencuri tidak membongkar serta membawanya(Mat.6:19-21)

Materi yang di sharing, sesuai topic

Manusia yang terdiri atas tubuh, roh dan jiwa(1Tes.5:23),bila nantinya meninggalkan dunia maka tubuhnya akan kembali jadi tanah, rohnya kembali ke Tuhan(Pkh.12:7) dan jiwanya akan pertanggung-jawabkan baik-buruknya didepan Tuhan.

Semua manusia telah jatuh dalam dosa(perbuatan-buruk), namun Tuhan memberikan kasih-karunia berupa kesempatan-kesempatan agar mereka bisa kembali kepadaNya, a.l.:
a)-Bertobat dan tinggalkan kebiasaan lama-mu………………...(tdk-dibahas).
b)-Merubah mental-mu sehingga tidak lakukan kejahatan lagi..(tdk-dibahas).
c)-Menumbuhkan iman-mu yang hanya tertuju kepada Tuhan..(tdk-dibahas).
d)-Khusus meningkatkan harta-rohani-mu(2Kor.4:1-15)……(yang-dibahas).

(A)---Harta-rohani merubah mentalmu supaya lebih dekat ke Tuhan.
Selalu berusaha mencari Tuhan, berupa: mempelajari firman-firmanNya, mengikuti kursus Alkitab, kebaktian, tetap dalam komunitas rohani, lakukan hukum-kasih(Mat.22:37,39),  mengandalkan-Tuhan, dll, supaya anda tidak tergoda dalam bujukan-bujukan: duniawi, irihati, egois, ragu-ragu,dll. Karena dengan demikian hatimu tetap murni sehingga bisa menerima dasar-dasar-pikiran ‘harta-rohani’(2Kor.4:1-9), yang akan merubah mental-mu supaya siap sedia untuk lebih mendekat ke Tuhan, seperti,a.l.:      ??

(A)---Harta-rohani merubah mentalmu supaya lebih dekat ke Tuhan.
Selalu berusaha mencari Tuhan, berupa: mempelajari firman-firmanNya, mengikuti kursus Alkitab, kebaktian, tetap dalam komunitas rohani, lakukan hukum-kasih(Mat.22:37,39),  mengandalkan-Tuhan, dll, supaya anda tidak tergoda dalam bujukan-bujukan: duniawi, irihati, egois, ragu-ragu,dll. Karena dengan demikian hatimu tetap murni sehingga bisa menerima pikiran ‘harta-rohani’ (2Kor.4:1-9),  yaitu supaya siap sedia untuk kumpulkan hartamu-disurga, a.l.:  
1--Setiap manusia diberi kesempatan untuk melayaniNya, karenanya pakailah kesempatan tsb namun jangan suka tawar hati(2Kor.4:1).
2--Pertahankan kebenaran dan jangan melakukan perbuatan: tersembunyi, licik, memalsukan firman Allah. Namun siap diperiksa bila dianggap dan dituduh berbuat salah(2Kor.4:2).
3--Tuhan Yesus yang menyertaimu sewaktu anda beritakan kabar-baik (Mat.28:20), dan anda hanya sebagai hamba karena kehendakNya(2Kor.4:5), dll.

(B)---Buah-buah akan terlihat bila anda sudah meningkatkan iman-mu.
Bila anda taat dan tekun melakukan butir(A) maka suatu saat perubahan iman-mu yang terarah hanya kepada Tuhan, akan membuahkan hasil. Karena imanmu yang berhubungan dengan peningkatan harta-rohani telah bertumbuh, diikuti oleh perbuatanmu, sehingga merefleksikan a.l.:
1--Anda tidak mengabdi kepada dua tuan.
2--Perbuatanmu tidak merugikan atau menyiksa orang.
3--Menolong orang dan tidak mengungkit-ungkitnya lagi.
4--Langsung selesaikan hak seseorang, tidak menunda-nundanya, karena mereka memerlukannya(Ul.24:14-15).
5--Tuhan Yesus selalu menyertaimu sewaktu anda beritakan kabar-baik (Mat.28:20), dan anda hanya sebagai hamba karena kehendakNya(2Kor.4:5).
6--Tidak terikat pada hartanya yang diperoleh semasa hidupnya, karena anda tidak membawanya sewaktu meninggal dunia, namun effektifkan semasa hidupmu untuk kepentingan bersama, dll.

Sedang mengumpulkan harta disorga(Mat.6:20)
Selama anda berproses sesuai butir(A) karena keyakinanmu, lalu melakukan seperti di butir(B),dan bila ini dilakukan berdasarkan keyakinan penuh kepada Tuhan maka inilah yang disebut ‘anda mengumpulkan harta disorga’

Kenyataan dalam masyarakat
Banyak orang yang memeluk agama Kristiani, sangat yakin dan terus melakukan seperti diuraikan pada butir-butir(A), namun dari antara mereka masih ada yang tidak-rela atau tidak-mau melaksanakan butir(B) karena:
1--hatinya masih sayang-harta(Luk.12:34), bahkan ada manusia berhamba pada hartanya, yang pada suatu saat akan habis!.
2--waktunya hanya untuk kepentingan duniawi dan bersenang-senang, dll.

Kesimpulan

Harta dan duniawi jangan jadi halanganmu, namun tetap lakukan kebenaran dan murnikan imanmu kepada Tuhan seperti di butir(A) yang disertai dengan perbuatanmu di(B) sehingga disinilah kesempatan kumpulkan harta di sorga. 

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Mat.6:19                      dibumi hartamu rusak
Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.

Mat.6:20                      kumpulkan  hartamu disorga
Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.

Mat.6:21                      hatimu ada pada hartamu
Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

1Tes.5:23                    roh, jiwa dan tubuh
Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

2Kor.4:1.15                 harta rohani

Mat.22:37,39               hukum kasih.
37-Jawab  Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu..
39-dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”

Ul.24:14-15                 jangan peras pekerja
14--Janganlah engkau memeras pekerja harian yang miskin dan menderita, baik ia saudaramu maupun seorang asing yang ada di negerimu, di dalam tempatmu.
15--Pada hari itu juga haruslah engkau membayar upahnya sebelum matahari terbenam; ia mengharapkannya, karena ia orang miskin supaya ia jangan berseru kepada Tuhan mengenai engkau dan hal itu  menjadi dosa bagimu.

2Kor.4:1                      jgn  tawar hati
Oleh kemurahan Allah kami telah menerima pelayanan ini, karena itu kami tidak tawar hati.

2Kor.4:2                      kami tdk licik
Tetapi kami menolak segala perbuatan tersembunyi yang memalukan; kamu tidak berlaku licik dan tidak memalsukan firman Allah, sebaliknya kami menyatakan kebenaran dan dengan demikian kami menyerahkan diri kami untuk dipertimbangkan oleh semua orang di hadapan Allah.

2Kor.4:5                      kami sbg hambamu krn kehendak Yesus
Sebab bukan diri kami yang kami beritakan, tetapi Yesus Kristus sebagai Tuhan dan diri kami sebagai hambamu karena kehendak Yesus.

Mat.28:20                    Yesus menyertai kamu
Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Luk.12:33-34              dimana hartamu disitu hatimu
33--Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah! Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua, suatu harta di sorga yang tidak akan habis, yang tidak dapat didekati pencuri dan yang tidak dirusakkan ngngat

34--Karena dimana hartamu berada, disitu juga hatimu berada..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar