Jumat, 04 Juli 2014

Berhargakah kehidupanmu?

Latar belakang.

Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi anda kehilangan nyawanya(Mrk.8:36)

Materi yang di sharing, sesuai topic

 (A)---Kenapa  kehidupanmu sangat berharga?

Sebelum Tuhan menciptakan manusia, Dia telah berfirman bahwa manusia akan memenuhi dan menguasai bumi(Kej.1:28). Jadi Tuhan punya rencana kepada semua-orang untuk melakukan kehendakNya.

Namun setelah Adam-&-Hawa jatuh dalam-dosa, maka dosa yang akibatnya adalah maut telah juga menjalar ke semua manusia(Rm:5:12).

Tapi Tuhan tidak merubah atau batalkan janjiNya seperti yang difirmankan dan tidak membiarkan manusia menderita, semuanya itu karena manusia berharga, sehingga:
1--Tuhan mengutus AnakNya untuk selamatkan kehidupan semua-orang(1Yoh.4:9).
2--Yesus sudah kalahkan iblis yang telah sesatkan manusia(Yoh16:33).
3--Tuhan mengutus para nabi dan rasul untuk mewartakan injil kepada manusia agar mereka bisa lebih meningkat iman kepada Tuhan, sehingga kehidupannya lebih baik dan jiwanya bisa selamat(1Ptr.1:9).

(B)---Tuhan memperhatikan manusia namun mereka memanfaatkannya.

Tuhan sangat baik sehingga penciptaanNya sempurna, a.l. manusia. Namun manusia memanfaatkan kebaikan Tuhan, a.l. mereka memakai kebebasan-memilih  untuk menentukan kehendaknya sendiri-sendiri, sehingga setiap manusia bisa lakukan sesuai apa yang diyakininya, bisa berdampak positif maupun negative,  contoh, a.l.:

1--Hawa memilih memakan buah terlarang walaupun sudah diperingati oleh Tuhan kepadanya(Kej.3:6).
2--Karena korban-bakarannya Kain tidak diindahkan Tuhan, maka panas hatinya Kain, sehingga dia membunuh Habel(Kej.4:8).
3--Yudas memilih berkhianat dan peroleh uang daripada setia pada Yesus.
4--Tua-tua dan imam-imam Yahudi menghasut orang-Yahudi untuk salibkan-Yesus, tapi mereka minta bebaskan penjahat-Barabas(Mat.27:18-26)
5--Terpengaruh bujukan dari seseorang atau golongan sehingga anda bersedia penuhi permintaannya, bahkan anda bersedia mengorbankan dirimu, misalnya anda dijadikan sebagai pembom bunuh diri.
6--Karena keyakinanmu yang ombang-ambing sehingga anda tertarik pada ajaran-ajaran kosong-dan-palsu(Kol.2:8) yang enak didengar namun tidak tahu siapa salvation-mu (penyelamatmu).
 

 (C)---Kehidupanmu lebih berharga dari harta.

Tuhan telah memberi kuasa anda untuk menaklukkan bumi, demikian juga ada firmanNya, yaitu apa gunanya peroleh dunia tapi kehilangan nyawamu.

Ini jelas bahwa Tuhan menciptakan mahluk yang tertinggi nilainya, yaitu manusia yang mempunyai tugas masing-masing, dan landasan kehidupannya adalah hukum-Taurat dan hukum-Kasih. Contoh:

1--Hubungan horizontal: Bila manusia mengasihi manusia-lainnya seperti diri mereka sendiri, itu berarti mereka adil, jujur dan bertanggung-jawab, dengan demikian mempunyai landasan moral dan hukum yang sangat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat.     
2--Hubungan vertikal: Supaya setiap manusia mencari Tuhan(Mat.6:33) dan bina hubungan pribadi dan kasihi Dia.

Dan dalam perjalanan hidup manusia, hubungan horizonal dan vertikal adalah sejalan dan yang diutamakan, yang lain akan ditambahkan padamu termasuk harta. Jadi harta tidak yang utama.

Kesimpulan

Bagi Tuhan, kehidupan manusia sangat berharga, tapi tanggapan manusia sangat kurang dan mengutamakan pilihannya. Namun hubunganmu dengan Tuhan dan sesama manusia lebih diutamakan daripada harta.


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :


 Mrk.8:36
Apa gunanya seorang memperoleh selurh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya.

Kej.1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi”

Rm.5:12
Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan  oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.

1Yoh.4:9
Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus AnakNya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup olehNya.

Yoh.16:33
Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku, Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkahlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia”

1Ptr.1:9
Karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.

Kej.3:6
Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan segap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian, Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya.

Kej.4:8
Kata Kain kepada Habel, adiknya: “Marilah kita pergi ke padang.” Ketika mereka ada di padang, tiba-tiba Kain memukul Habel, adiknya itu, lalu membunuh dia.

Mat.27:18-26              Yesus dihadapan Pilatus, Yesus dihukum, Barabas bebas.

Kol.2:8
Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-tenurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.

Mat.6:33

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan keadamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar