Jumat, 18 Juli 2014

Apakah anda juga perlu lahir baru?

Latar belakang

Seperti Yesus berkata, janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali(Yoh.3:7)

Materi yang di sharing, sesuai topic

Apa itu Lahir-Kembali?
Lahir kembali bukan berarti anda harus masuk lagi ke dalam rahim ibumu dan sesudah itu dilahirkan kembali. Dilahirkan-kembali perlu, supaya anda bisa: bersih dan melihat Kerajaan-Allah(Yoh.3:4-5) . Untuk itu anda harus, sbb:

1--Bertobat.  (a)-sadar & menyesal karena dosa yang telah diperbuatnya dan bernjanji akan memperbaiki pikirannya, tingkah-lakunya & perbuatannya. (b)-lupakan dan tidak akan terpengaruh oleh perbuatan buruk masa lalu-mu. (c)-bertanggung-jawab atas semua perbuatanmu sewaktu sebelum dan sesudah bertobat, lunasi-segala-utangmu, mohon maaf bila mengganggu perasaan orang, dll.  

2--Baptis, berilah dirimu dibaptis, dan dosa-dosamu disucikan(Kis.22:16), dan lakukan ajaran Yesus.

3--Perilaku hidup yang baru, yaitu hidup mengandalkan Tuhan dan jiwai-lah butir 1 dan 2, lalu berpola pikir yang positif disertai perbuatan konstruktif.

Kenapa  harus lahir kembali?
Ada beberapa orang yang masih susah untuk mencari(Rm3:11) apalagi melakukan kehendak Tuhan, bahkan ada hamba Tuhan-pun yang telah menguasai ayat-ayat di Kitab-Suci dan bagaimana mempraktekkan ayat-ayat suci tersebut, masih membuat kekeliruan. apa sebabnya, karena a.l.:

(1)--Mengutamakan motivasi pribadi.
Yesus mengusir para pedagang berjualan; lembu, kambing, domba, burung, tukar-menukar-uang, dll, di Bait-suci(Yoh.2:14-15) karena dibiarkan dan dibiasakan oleh para petinggi Bait-Suci, sudah tentu petinggi-petinggi itu mengharapkan balas-jasa berupa uang dll.

Bait-Suci adalah tempat beribadah bukan berjualan ternak dan money-changer.
Karenanya arahkan motivasimu supaya selalu positif dimana anda berada dan lakukan yang terbaik untuk semua orang.

(2)--Tidak mau menerima kenyataan, memaksa kehendaknya
Ada manusia yang dalam keadaan tertentu, bisa mengalami-peristiwa, sbb: penderitaan-berkepanjangan, takut-sama-penguasa, takut-disingkirkan-dari-masyarakat kalau berkata yang benar, dll. Maka-hal-ini dalam pikiran mereka bisa terbentuk semacam “dikuasai-oleh-peristiwa-tsb” atau semacam  pre-occupied-perceptive (tidak-selalu-negative).

Sehingga manusia bisa saja kurang tanggap atas kata-kata kebenaran dan kesaksian-kesaksian yang di dijelaskan orang(Yoh.3:11), karena tidak cocok dengan pre-occupied-perceptive dalam otak mereka, jadi dia susah menerima kenyataan, malahan bisa memaksa kehendaknya.

(3)--Penyesatan (Luk.17:1-4)
Umumnya para-penyesat-membujuk anak-anak dan remaja-remaja untuk memperoleh keuntungan financial atas jualan narkoba(yang-merusak-pikiran-dan-fisik-seseorang), misalnya:
Penyesat-berusaha-memberikan-narkoba-gratis kepada anak-anak yang belum pernah memakainya, sesudah anak-anak ketagihan maka mereka harus membayar untuk mendapat narkoba tsb. Bahkan mereka ditawarkan bisa memperoleh keuntungan besar bila menjadi pengedar dan bandar-kecil. 

(4)--Pengajaran yang sesat (Mat.7:15-20)
Pengajaran yang mengutamakan kepentingan-pribadi, kekuatan-pribadi dan yang bersifat duniawi tanpa berlandaskan ajaran Kitab-Suci, misalnya:  aliran New Age.

(5)--Nabi dan guru palsu (2Ptr.2:1,3) Tidak dijelaskan
  

Kesimpulan

Semua manusia adalah pendosa sehingga perlu dilahirkan-kembali yaitu melalui pertobatannya, dibaptis dan perilaku-hidup-yang-baru sesuai Kitab-Suci


Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :


Yoh.3:7
Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali
 
Yoh.3:4-5
4-Kata Nikodemus kepadaNya: “Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?
5-Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh , ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

1Pts.3:21
Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan – maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah – oleh kebangkitanb Yesus Kristus.

Kis.22:16
Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan!

Rm3:11
Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah.

Yoh.2:14-15
14—Dalam Bait Suci didapaiNya pedagan-pedagang lembu, kambing domba dan merpati, dan penukar-penukar uang duduk di situ.
15—Ia membuat cambuk dari tali lalu mengusir mereka semua dari Bait Suci dengan semua kambing domba dan lembu mereka; uang penukar-penukar dihamburkanNya ke tanah dan meja-meja mereka dibalikkanNya.

Yoh.3:11
Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kami berkata-kata tentang apa yang kami ketahui dan kami bersaksi taentang apa yang kami lihat, tetapi kamu tidak menerima kesaksian kami.

Luk.17:1-4
1-Yesus berkata kepada murid-muridNya: “Tidak mungkin tidak ada penyesatan, tetapi celakalah orang yang mengadakannya.
2-Adalah lebih baik baginya jika sebuah kilangan diikatkan pada lehernya, lalu ia delembarkan ke dalam laut, dari pada menyesatkan salah satu dari orang-orang yang lemah ini.
-Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia.
4-Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia”

Mat.7:15-20                Hal pengajaran yang sesat (mohon dibaca di Kitab Suci)

2Ptr.2:1,3
1-Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah,  demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.

3-Dan karena serakahnya guru-guru palsu itu akan berusaha mencari untung dari kamu dengan ceritera-ceritera isapan jembol mereka.Tetapi untuk perbuatan mereka itu hukuman telah lama tersedia dan kebinasaan tidak akan tertunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar