Jumat, 11 Juli 2014

Kepada siapa manusia cari keselamatan?

Latar belakang

Keselamatan hanya ada dalam Tuhan, Dia yang memberikannya kepada mereka supaya bisa keluar dari dosa.


Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Apa  itu Keselamatan (bah.Inggris salvation)?
Semua manusia(termasuk-anda) telah-jatuh-dalam-dosa, mereka tidak punya kebijakan dan kekuatan yang mampu untuk keluar dari lingkaran dosa, sehingga memerlukan pertolongan, dan hanya kerelaan-dari-Tuhan yang bisa membantumu keluar dari dosa, a.l.:

a)--Menyediakan suatu prakarsa, supaya manusia yang berniat bisa menggunakannya.
b)--Prakarsa tsb berupa pertolongan dari Tuhan dan bersifat ‘rela’.
c)-- Dan bukan atas usaha-manusia-sendiri.

2--Siapa yang bisa memberikan keselamatan?
Keselamatan  adalah dari Tuhan(Yun.2:9), Dia menyediakan dasar keselamatan dan sebagai anugerah menawarkannya kepada manusia-yang-jatuh-dalam-dosa, karena mengorbankan diriNya untuk menanggung dosa manusia(Ibr9:28).

3--Apa gunanya keselamatan?
Selama anda berada di bumi, maka gunanya keselamatan adalah untuk kepentingan jiwamu, karena untuk itulah anda beriman(1Ptr.1:9). Lalu terus memurnikan iman-mu disertai dengan perbuatan-mu yang sebanding, a.l:
a)--Selama berada dibumi, supaya hidup sesuai dan lakukan ketentuan dari Tuhan(1Raj.2:3-4), yaitu hukum-Taurat dan hukum-Kasih.
b)--Keselamatanmu  dibumi akan dipertanggung-jawabkan oleh jiwamu kepada Tuhan.

4--Untuk siapa keselamatan itu?
Keselamatan adalah keinginan semua manusia supaya tinggalkan dosa namun mereka tidak berdaya keluar dari lingkaran dosa, hanya kasih karunia Tuhan yang bisa merubah mereka, bila mereka menggunakannya. Contoh:

a)--Bertobat dan terus memurnikan iman-mu, lakukan ketentuanNya dan selalu andalkan Tuhan dalam penghidupanmu.
b)--Zakeus menerima Yesus menumpang dirumahnya(Luk.19:9), karena Yesus datang untuk mencari dan selamatkan orang yang hilang(Luk.19:2-10).-Setengah dari hartanya Zakeus dibagikan kepada orang miskin dan akan dikembalikan 4x lipat bila dia memeras.

5--Bagaimana memperoleh keselamatan?
Dalam kehidupan manusia selalu ada jatuh bangun, ada yang menyerah namun ada juga yang bangkit untuk berusaha mencari Tuhan supaya dapat pertolongan hingga selamat(1Ptr.2:1-4),  caranya a.l.:
  
a)--Seburuk apapun penderitaan yang anda alami karena perbuatan orang-lain atau anda sendiri, buanglah semua penderitaan itu. Bangkitlah dan lawanlah dengan optimis yang positif.
b)--Bersihkan pikiranmu, yaitu buanglah segala(Kis.2:40): kejahatan, tipu muslihat, kedengkian, kemunafikan dan fitnah(1Ptr.2:1). Lalu tunjukkan kepada teman-temanmu dan lingkungan bahwa perbuatanmu sudah berubah dan dipercaya. 
c)--Carilah Tuhan untuk murnikan imanmu, a.l.: berdoa, ikuti kursus Alkitab, karena Alkitab akan memberi hikmat dan menuntun-mu ke keselamatan(2Tim.3:15), bergaul dengan teman-teman se-iman, dll.

6—Siapa-men jamin-keselamatanmu? 
Anda adalah segambar dan serupa(Kej.1:26) dengan Tuhan, pasti menjamin keluargamu,a.l.: cukup-sandang-pangan, membela, berkorban, pertahankan dan berbuat-yang-baik, supaya anak-&-istri tidak-menderita-tapi-selamat. Maka Tuhan pun sama bahkan mengorbankan AnakNya untuk menjamin-keselamatan manusia,contoh:

*a)--Semua orang yang percaya dan menerima Yesus, diberiNya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah(Yoh.1:12).
*b)--Allah sangat mengasihi dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap-orang-yang-percaya-kepadaNya tidak binasa, melainkan-beroleh-hidup-yang-kekal(Yo.3:16)
*c)--Ada 3 yang memberi kesaksian:Bapa, Fiman dan Roh Kudus,  ketiganya adalah satu(1Yoh,5:7),  kesaksian itu:Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam AnakNya(1Yoh.1:11).
*d)--Barangsiapa memiliki Anak(Yesus), ia memiliki hidup, barangsiapa tidak memiliki Anak(Yesus), ia tidak memiliki hidup(1Yoh.5:12).
*e)--Semuanya itu kutuliskan-kepada-kamu, supaya-kamu-yang-percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu-memiliki-hidup-yang kekal(1Yoh.5:13).


Kesimpulan

Hanya kebaikan Tuhan anda bisa peroleh keselamatan, karena usaha manusia sendiri tidak mungkin. Jadi percayalah dan gunakanlah keselamatan itu.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

*
Butir ‘a’  s/d  ‘e’   dari nomor 6, adalah kutiban dari kothbah pendeta R.Hutasoit, lalu di edit sesuai format dari penulis


Yun.2:9
Tetapi aku, dengan uczpan syukur akan kupersembahkan korban kepadaMu; apa yang kunazarkan akan kubayar. Keselamatan adalah dari Tuhan.

Ibr.9:28
Demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diriNya untuk menanggung dosa banyak orang, sesudah itu Ia akan menyatakan diriNya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka yang menantikan Dia.

1Ptr.1:9
Karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaiatu keselamatan jiwamu.

1Raj.2:3-4
3-Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap Tuhan, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkanNya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah peraturan dan ketentuanNya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa, supaya engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju.
4-dan supaya Tuhan menepati janji yang diucapkanNya tentang aku, yakni: Jika anak-anakmu laki-laki tetapi hidup di hadapanKu dengan setia, dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa, maka keturunanmu takkan terutus dari takhta kerajaan Israel..

Luk19:9
Kata Yesus kepadanya: “Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham.

Luk.19:1-10                         Zakeus  (mohon dibaca)

1Ptr.2:1-4
1--Karena itu buanglah segala: kejahatan, tipu muslihat, kemunafikan, kedengkian dan fitnah
2—Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,
3—jika  kamu benar-benar telah mengecap kebaikan Tuhan
4—Dan datanglah kepadaNya, batu yang hidup itu, yang memang dibuang oleh manusia, tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah.

Kis.2:40
Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam dan menasehati mereka, katanya: “Berilah dirimu diselamatkan dan  angkatan yang jahat ini”

1Ptr.2:1
Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah.

2Tim.3:15
Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus..

Kej.1:26
Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurutgambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang  melata yang merayap di bumi”

Yoh.1:12.
Semua orang yang percaya dan menerima Yesus, diberiNya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah

Yoh.3:16
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal

1Yoh.5:7
Sebab ada tiga yang memberi kesaksian(di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu)

1Yoh.1:11.
Ada 3 yang memberi kesaksian:Bapa, Fiman dan Roh Kudus,  ketiganya adalah satu(1Yoh,5:7),  kesaksian itu:Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam AnakNya .

1Yoh.5:12.
Barangsiapa memiliki Anak(Yesus), ia memiliki hidup, barangsiapa tidak memiliki Anak(Yesus), ia tidak memiliki hidup

1Yoh.5:13
Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar