Jumat, 25 Juli 2014

Apakah Tuhan Yesus pengharapanmu?

Latar belakang

Tetap bertekun dalam iman, jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang dikabarkan oleh para pewarta di seluruh tempat dibawah langit(Kol 1:23).

Materi yang di sharing, sesuai topic

Apa pendapatmu mengenai pengharapan.  Contoh:

1-Anakku adalah pengharapanku, karena dia bisa mengurusiku di masa tuaku.

2-Para-petani harus membajak lahan dan menanam bibit dalam pengharapan: akan memperoleh bagiannya(1Kor9:10).

3-Sebaiknya pengharapan-kami pada negara, dan mudah-mudahan, di masa tua-kami, negara sudah-bisa-memberikan jaminan-hidup-dan-kesehatan.

4-Semua manusia, supaya jangan mau terikut hal-hal buruk dan tergesar dari pikiran positif, demikianpun mereka yang beriman dalam Kristus-Yesus,  supaya terus berjerih paya dan berjuang untuk memperoleh dan menikmati pengharapan dari Yesus yang hidup, Juruselamat kita semua(1Tim.4:10) 
  
5-Demikianpun Abraham, tetap pegang janji Tuhan dan menaruh pengharapannya kepada Dia yang memberikan kesempatan kepada Sarah(istri-Abraham) untuk melahirkan(Rm4:18)  seorang anak, walaupun mereka berdua sudah sangat tua.

6-Usahakanlah supaya anak-anakmu mempunyai iman dan pengharapan yang selalu tertuju kepada Yesus. Bukan kepada cerita kosong(1Ptr.2:16) atau orang-orang tertentu yang selalu mencari keuntungan pribadi mereka dan merugikan anakmu a.l. sebagai-bom-bunuh-diri.

Pengharapan apa yang bisa anda dapatkan dari Kristus Yesus ?

Semua manusia, terutama orang-orang yang percaya dalam Yesus bisa melihat ada banyak pengharapan, a.l.:
a/-Terjaminnya masa depan(Yes.46:4)
b/-Mengetahui dan mengerti untuk saling mengasihi(Mat.22:36-39)
c/-Adanya hidup yang kekal(Mat.19:16-17)
dan-lain-lain.

Pengharapan  yang berkelanjutan

Secara tidak sadar, anda pernah mengidam-idamkan suatu pengharapan supaya terbinanya relasi yang lebih baik antara sesama manusia, bisa hidup damai, saling mengasihi, saling menghormati, sehingga aktivitas sosial bisa meningkat, dll. Dan ternyata hukum-Kasih telah menjawab idamanmu, bahkan hukum-Kasih(Mat.22:36-39) ini terus dirasakan oleh semua orang dari segala tingkatan sosial, dan terus berkelanjutan hingga dunia ini berakhir.

Yang sama penting dengan alinea diatas, adalah; relasi dari setiap manusia dengan Tuhan harus seperti hubungan antara ayah dan anak, demikianpun relasi antara sesama manusia, supaya seperti hubungan antara anak yang satu dengan anak yang lain dalam satu keluarga.

Karena orang yang takut akan Tuhan adalah awal dari dia memperoleh hikmat dan pengetahuan(Ams.1:7), sehingga merasa dengan adanya kehadiran Tuhan supaya lakukan hukum-Kasih, yang mengarahkan dia berbuat positif.

Demikianpun pengharapan anda adalah supaya orang-orang yang belum mengenal hukum-Kasih, supaya mereka di ajarkan seperti apa yang telah di ajarkan Yesus kepada murid-muridnya(Mat.28:20), termasuk anda.


Bagaimana memperoleh pengharapan untuk hidup kekal?

Yesus menjawab kepada orang muda yang kaya, bahwa bila ingin masuk de dalam hidup (dalam hal ini hidup yang kekal ayat Matius 19:16), maka turutilah segala perintah Allah.

Perintah Allah ada banyak, namun ada 2 hukum yaitu
#--Hukum-Taurat dan
#--Hukum-Kasih.
Dan saling mengasihi yang diatur dalam hukum-Kasih diulangi lagi dalam perintah Yesus kepada murid-muridnya(Yoh.13:34), supaya mereka melakukan perintah itu.



Kesimpulan

Pengharapan anda kepada Yesus akan terbukti bila anda meng-iman-i, untuk itu lakukan semua perintah Tuhan, jangan mau digereser oleh ajaran-ajaran kosong lainnya.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Kol 1:23          jgn mau digeser dr p Injil                               .
Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.

1Kor.9:10
Atau kitakah yang Ia maksudkan? Ya untuk kitalah hal ini ditulis, yaitu pembajak harus mempbajak dalam pengharapan dan pengirik harus mengirik dalam pengharapan untuk memperoleh bagiannya.

1Tim.4:10
Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya.

Rm.4:18
Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: “Demkikianlah banyaknya nanti keturunanmu”.

1Ptr2:16
Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerkdekaan itu untuk menyelububungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah

Yes.46:4
Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong  kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.

Mat.22:37-39
37-jawab Yesus: “KasihilahTuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38-Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
39-dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Mat.19:16-17
16-Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: “Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?
17-Jawab Yesus: “Apakah sebabnya engkau bertanya kepadaKu tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah”

Ams.1:7
Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh mengina hikmat dan didikan.

Mat.28:20
Dan ajarlah  mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Yoh.13:34

Aku memberikan perinah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demkian pula kamu harus saling mengasihi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar