Jumat, 26 September 2014

Kehidupan itu indah, nikmatilah. Dan bukan merusak!.

Latar belakang

Pilihlah kehidupan supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu(Ul.30:19).

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Rancangan Tuhan adalah indah untuk kehidupan manusia.
Rancangan Tuhan sangat indah, bermanfaat dan anggun, karena setelah Dia menciptakan bumi beserta segala isinya, Dia berfirman menciptakan manusia yaitu; mahluk yang tertinggi nilainya diantara ciptaanNya, yang serupa dan segambar(Kej.1:26) denganNya, supaya:
A)--Beranakcuculah supaya penuhi bumi(Kej.1:28).
B)--Menaklukkan bumi untuk mengelolanya.
C)--Berkuasa atas segala hewan di bumi.
         
2--Dosanya manusia mempengaruhi kehidupannya.
Setelah manusia jatuh dalam dosa, maka terjadi perubahan. Karena pelaksanaan butir A, B dan C sudah dipengaruhi oleh manusia yang telah berdosa. Namun Tuhan ingin manusia kembali padaNya, sehingga Dia memberikan hukum-Taurat & hukum-Kasih kedalam akal budi dan menulis dalam hati manusia(Ibr.8:10), bahkan mengutus AnakNya untuk selamatkan manusia yang ingin menuruti segala ketentuannya(1Yoh.3:24)

3--Kehidupan adalah  indah dan nikmat, pilihlah itu.
Tujuan Tuhan adalah memberikan kehidupan dan sukacita pada manusia (Kis.2:28), oleh karenanya ikuti seperti pemberian Tuhan, yaitu pilihlah kehidupan(Ul.30:19). Dan dalam masa kehidupan bila seseorang lakukan butir A,B & C secara wajar, maka mereka akan menikmati kehidupannya. Demikianpun anda atau setiap orang mempunyai kehidupan yang mencakup kenangan manis yang sangat mengesankan di masa-masa lalu sewaktu anda bertumbuh, misalnya:

Kehidupan dengan kenangan-indah-masa-kecil: menikmati bermain dengan kawan-kawanmu, berlari, menyanyi, berkelahi, berteman lagi, marahan dengan kakakmu, dengar cerita dari orangtuamu, ketoko beli mainan dengan orangtuamu, bantu orangtua dirumah, beribadah, kasih-orangtua,dll.

Kehidupan dengan kenangan-indah-sewaktu-anak-anak: kesekolah, belajar, buat pekerjaan-rumah, bermain-layangan, bantu orangtua,dll

Kehidupan dengan kenangan-manis-indah-yang-mengesankan-sewaktu- remaja: bersekolah, berolah-raga, mulai merasakan ingin berteman dekat dengan lawan jenismu, berpacaran, dimasa SMA pergaulan sangat berarti dalam arti positif, mungkin mulai berkreasi, mulai berpikir apacita-citamu, aktif-dalam-kumpulan-remaja, dll.

Kehidupan dengan kenangan sewaktu mulai serius: di perguruan-tinggi anda mulai lebih serius, aktif dalam ekstra-kurikuler, dan memperdalam ilmu yang menjurus, karena setelah lulus akan bekerja dan menikah, beli rumah, akan punya bayi, membesarkan anak, dst.

Kehidupan-dan-Kenangan-masa-lalu bisa  menumbuhkan motivasi masa depan
Kehidupan dan kenangan-masa lalu berbeda-beda untuk setiap orang,  namun mereka pasti menikmatinya. Yang jelas setiap kenangan itu indah, manis, bermanfaat karena dari situ bisa timbul motivasi untuk masa depanmu, sehingga anda akan lebih tekun supaya bisa meraih cita-citamu, dan kesempatan itu tetap ada untuk semua orang, yang penting imani di-sertai perbuatan(Yak.2:22). Jadi bukan tong kosong yang nyaring bunyinya.

4--Idiologi baru yang tidak sesuai kehidupan-wajar dan sehat, ditinggalkan saja.
Melalui tahapan umur, yang mencakup segala kanangan-manis-masa-lalu tsb, anda dibesarkan, sehingga terbentuklah kehidupanmu yang wajar dan sehat (1Tim.4:6) dalam masyarakat.
Sehingga, kalau ada aliran baru dengan idiologi barunya yang tidak sesuai dengan kebiasaan dan kehidupanmu yang wajar dan sehat(2Tes.2:15), supaya secara tegas menolaknya, misalnya: komunis yang tidak mengenal Tuhan, gerakan ISIS yang merampas, Ku-Klux-Klan, membunuh manusia, ajaran sesat, dll.

5—Jangan mau korbankan dirimu untuk kepentingan orang-lain
Nikamatilah kehidupanmu secara wajar dan siapkan masa depanmu yang indah, sesuai perintah Tuhan(hukum-Taurat & hukum-Kasih). Karena perintah itu akan menghindar dan menangkis segala: godaan, kelicikan, penipuan, bahkan ajaran menjadi bom-bunuh-diri, dll. Dan jangan percaya dengan segala: pujian, hadiah, bujukan, dll  karena semuanya itu tidak gratis tapi minta anda berkorban, apa gunanya?


Kesimpulan
Kehidupanmu yang mencakup a.l. kenangan indah masa lalu dan untuk kemajuan masa depanmu supaya anda nikmatinya, jangan diganggu oleh pikiran sesat sehingga merusak recana indahmu, tetap pada Tuhan.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :


Ul.30:19         
Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu

Kej.1:26
Berfrmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi “

Kej.1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfrman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi”.

Ibr.8:10
“maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu”, demikianlah firman Tuhan. “Aku akan menaruh hukumKu dalam  akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu”

1Yoh.3:24
Barangsiapa menuruti segala perintahNya, ia diam di dalam Allah dan Allah di dalam dia, dan demikianlah kita ketahui, bahwa Allah ada di dalam kita, yaitu Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita.

Kis.2:28
Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; Engkau akan melimpahi aku dengan sukacita dihadapan Mu.

Ul.30:19
Aku memanggil langit danbumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadmu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu.

Yak.2:22
Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

1Tim.4:6
Dengan selalu mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara kita, engkau akan menjadi seorang pelayan Kristus Yesus yang baik, terdidik dalam soal-soal pokok iman kita dan dalam ajaran sehat yang telah kau ikuti selama ini.

2Tes.2:15

Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah  pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar