Sabtu, 07 Maret 2015

Anda rugi bila murtad kepada Allah

Latar belakang

Janganlah terdapat seorang yang hatinya jahat dan yang tidak percaya oleh karena ia murtad1 terhadap Allah yang hidup(Ibr.3:12)

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Kelanjutan dari interaksi tergantung dari kejernihan hati manusia.
Setiap manusia dalam kelanjutan hidupannya akan selalu berinteraksi dengan manusia lainnya, lingkungan dan alam sekitarnya. Dan Refleksi maupun hasil baik/buruknya dari interaksi seseorang sehubungan dengan masalah  (berupa: kasus-kesempatan-tantangan-dll) yang dihadapinya, akan selalu tergantung pada kejernihan pikiran dan hati(Yer.31:33) yang dipengaruhinya oleh:
a-Akal-budinya, etika dan kasih-sayang yang diarahkan oleh orangtuanya,
b-Pendidikan formal dan informal,
c-Pendidikan rohani,
d-Pergaulan sehari-hari,
e-Pengaruh multimedia: a.l. internet, informasi-online, kesempatan kerja, 
f-Kemana arah cita-citanya,
g-Dll.

Umumnya semua manusia bisa meng-sinkron-kan butir-butir  a-s/d-g  untuk keuntungan kehidupannya, sehingga hasilnya bisa positif dan maksimal. Misalnya, banyak orang di usia muda bisa melaksanakan atau menemukan cita-citanya dalam suatu pekerjaan sehingga mereka menekuninya, karena dari situlah mereka peroleh kehidupan yang wajar, bahkan merasa lebih sejahtera.

2--Kurang bisa  memanfaatkan Taurat-Allah yang ada dalam hatinya.
Namun ada saja beberapa orang yang sulit memanfaatkan butir-butir a-s/d-g, walaupun mereka mengetahui akan kebaikannya. Hal ini bisa terjadi karena mereka tidak memanfaatkan Taurat-Allah yang ada dalam hatinya, sehingga langkah-langkahnya tidak teguh(Mzm.37:31) atau kurang menjaga kejernihan hatinya, misalnya:
a-Kurang mencondongkan hatinya kepada Tuhan (Yos.24:23).
b-Susah mengendalikan hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu(Yak.4:1), untuk memuaskan kepentingan ego-nya.
c-Dipicu oleh pengajar-pengajar palsu(Gal.2:4) yang membujuk orang-orang yang percaya supaya meninggalkan Firman yang murni untuk berbalik kepada ajaran-ajaranl-lain(Gal.1:6-8) hanya untuk memuaskan telinga.
  
3--Dampak dalam perikalu-mu terlihat sewaktu anda berinteraksi.
Dan dampak dari butir 2 a  s/d  c, bisa mengarah kepada a.l. menguras tahan-uji-mu dan ketekunan-mu sehingga dapat mengakibatkan kebimbangan yang berkepanjangan, pada orang-orang tertentu. Gejala ini bisa nampak pada perilakumu sewaktu anda berinteraksi, karena:
a--Merasa kurang bisa untuk bersaing dalam kehidupan.
b--Merasa seolah-olah terpencil karena kurang percaya diri.
c--Bisa menghalalkan cara apa saja untuk memenuhi emosi.
d--Bahkan bisa berbalik dan meninggalkan Tuhan atau murtad, yang penting nafsunya dan harga diri bisa tercapai dan dipertahankan.
e--Sedang putus asa karena sudah lama tidak bisa mendapat pekerjaan.
f--menginginkan selera hidup tinggi tapi kemampuan keuangan rendah
 karena malas.

4--Apa itu murtad 1
Artinya, a.l.: menghianat Tuhan Allah, contoh:
a--Anda yang sudah pernah mengecapi  kasih karunia Allah, kebenaran, rahmat, damai sejahtera karena percaya kepada Tuhan Allah yang hidup, namun sekarang ini berbalik lagi untuk berdosa, jadi meninggalkanNya.
b--Karena dipicu oleh bujukan dari para guru palsu supaya orang-orang yang pernah mengetahui ajaran Yesus yang pernah mati dan bangkit, supaya meninggalkanNya(Gal.1:6-8).
            c--Dan-lain-lain.

5--Apa dampak dari murtad, tidak ada pengampunan dosa lagi
Maksud utama dari murtad supaya anda tidak lagi mengikuti Yesus, lalu kembali lagi hidup dalam dosa sehingga tidak selamat. Dampak2 dari murtad ini berkesinambungan sehingga membahayakan orang yang percaya maupun pertumbuhan gereja, seperti yang dijelaskan dalam Perjanjian-Baru berulang-ulang, misalnya:
a--Akan ada orang-orang yang mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan(1Tim.4:1-4) .
b--Ada paksaan dari orang yang anda kenal, supaya anda mengikutinya dan menjadi hambanya(Gal.2:4)
c--Akan ada orang memaksa anda untuk memutarbalikkan Injil Kristus(Gal.1:7)
d--Kemurtadanmu akan menyiksa kehidupanmu(Yer.2:19)
e--Bila anda sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan kebenaran, maka tidak ada lagi penghapusan dosa(Ibr10:26), tapi kematian yang mengerikan(Ibr.10:27).

6--Hindari murtad.
Supaya anda selalu andalkan Yesus dalam hidupmu, karena Dia adalah jalan dan kebenaran dan hidup(Yoh.14:6). Misalnya lakukan hukum kasih(Mat.22:37-39) dan pelaksanaannya(1Kor.13:4-8)

Kesimpulan
Apapun, jangan anda murtad, selalu andalkan dan ikuti kehendaknyaYesus, supaya kehidupanmu selamat.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

1M U R T A D :

(A)          1Kamus Besar Bahasa Indonesia Online
mur·tad v berbalik belakang; berbalik kafir; membuang iman; berganti menjadi ingkar;
me·mur·tad·kan
v menjadikan murtad: pemimpin palsu itu berhasil - penduduk yg kurang kuat imannya;
pe·mur·tad·an
n proses, cara, perbuatan memurtadkan;
ke·mur·tad·an
n perihal murtad

(B)           Kamus Alkitab, oleh: WRF Browning, ISBN 978-979-687-393-7, hal:277.
Murtad artinya:
-Pengingkaran terhadap iman kepada Allah.
-Paulus, mengatakan bahwa hari Tuhan tidak akan datang sebelum
 kemutadan datang lebih dahulu(2Tes.2:3)

(C).         Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, ISBN 978-602-8009-34-8, Y.K Bina Kasih, hal-101. 
Artinya :  penyeberangan seseorang kepada musuh.  Atau: pemberontakan terhadap Allah yang semula dihasut oleh iblis.

2Dampak murtad     
Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, ISBN 978-602-8009-34-8, Y.K Bina Kasih, hal-101.  Alinea terakhir.
 
Ibr.3:12                  Waspadalah, hai saudara-saudara, supaya di antara kamu jangan terdapat seorang yang hatinya jahat dan yang tidak percaya oleh karena ia murtad dari Allah yang hidup.

Yer.31:33               Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman Tuhan: Aku akan menaruh TauratKu dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu.

Mzm.37:31             Taurat Allahnya ada di dalam hatinya, langkah-langkahnya tidak goyah.

Yos.24:23               Ia berkata: “Maka sekarang, jauhkanlah allah asing yang ada di tengah-tengah kamu dan condongkahlah hatimu kepada Tuhan, Allah Israel”

Yak.4:1                  Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di anrara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu?

Gal.2:4                    Memang ada desakan dari saudara-saudara palsu yang menyusup masuk, yaitu mereka yang menyelundup ke dalam untuk menghadang kebebasan kita yang kita miliki di dalam Kristus Yesus, supaya dengan jalan itu mereka dapat memperhambakan kita.

Gal.1:6-8                 6-Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,
7-Yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.
8-Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.

Tim.4:1-4               1-Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan.
2-oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka.
3-Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran.
4-Karena semua yang diiciptakan Allah itu baik dan suatu pun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur.

Gal.2:4                    Memang ada desakan dari saudara-saudara palsu yang menyusup masuk, yaitu mereka yang menyelundup ke dalam untuk menghadang kebebasan kita yang kita miliki di dalam Kristus Yesus, supaya dengan jalan itu mereka dapat memperhambakan kita.

Gal.1:7                    Lihat diatas.

Yer.2:19                  Kejahatanmu akan menghajar engkau, dan kemurtadanmu akan menyiksa engkau!.  Ketahuilah dan lihatlah, betapa jahat dan pedihnya engkau meninggalkan Tuhan, Allahmu; dan tidak gemetar terhadap Aku, demikianlah firman Tuhan Allah semesta alam.

Ibr10.26                 Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.

Ibr.10:27               Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka.

Yoh.14:6                Kata Yesus kepadanya: ”Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku..

Mat.22:37-39         37-Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38-Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
39_Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

1Kor.13:4-8            4-Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
5-Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menhimpan kesalahan orang lain.
6-Ia tidak bersukacita karena ketidak-adilan, tetapi karena kebenaran.
7-Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

8-Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar