Sabtu, 21 Maret 2015

Anda juga bisa meraih karunia yang tertinggi.

Latar belakang

Tuhan memberikan karunia kepada tiap-tiap orang, seperti yang dikehendakiNya (1Kor.12:11).
  
Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Hanya kemurahan Tuhan manusia memperoleh karunia.
Karunia adalah kemurahan Tuhan yang diberikan kepada semua manusia, yang seharusnya mereka tidak layak menerimanya(Yes.63:7, Kamus-Alkitab1)  dan pemberian tsb untuk setiap individu yang gunanya untuk kepentingan bersama. Karunia bisa dikategorikan a.l., sbb: 

1--a  Karunia yang setiap manusia memperolehnya.
Bila anda terus menjiwai apa itu “karunia”, maka sepatutnya anda bersenang-hati . Karena Tuhan melengkapi alam-raya untuk kehidupanmu, berupa: oxygen untuk bernapas, tanaman, perikanan, pertambangan,  sehingga bisa beraktivitas, berkreasi, bersosialisasi, bergembira, dll. Semua karunia seperti ini tidak diberikan kepada hewan, hanya kepada manusia untuk di-nikmatinya(Rm.5:15), misalnya:

1--b  Atas usahamu, maka anda peroleh karunia
Siapa saja yang berusaha secara tekunan (Ams.13:15), bisa memperoleh karunia lainnya, namun anda harus berusaha untuk mempertahankan dan mengembangkannya, tidak boleh anda lalai(1Tim.4:14), karena karunia ini supaya bisa menghasilkan buah yang dinikmati untuk kepentingan bersama. Contoh:

1--c  Orang tertentu bisa mendapat karunia
Rancangan Tuhan adalah indah dan tujuannya baik namun tidak mungkin bagi manusia untuk mengetahuinya, mereka hanya bisa mengetahui berdasarkan kemampuan ilmu-pengetahuan yang diberikan oleh Tuhan, sehingga bisa menarik kesimpulan bahwa akan ada a.l.: badai, kekeringan lahan, epidemic suatu penyakit, mungkin anda akan jadi banker kalau tekuni ilmu-perbankan, dll. contoh:

1--c--a  Melalui penderitaan hidup Yusuf(Kej.37,39-s/d-47), yang awalnya dijual sebagai budak, lalu masuk penjara karena disangkakan akan memperkosa istri dari salah satu petinggi Mesir. Di penjara dia peroleh kepercayaan untuk mengatur nara-pidana lainnya. Namun karena bisa menjelaskan arti mimpi dari tukang juru roti dan anggur di penjara, sehingga dia dipanggil untuk menjelaskan mimpi raja Firaun. Yusuf bisa menjelaskan arti dari mimpi Firaun. Sehingga Firaun percayainya dan di diangkatnya jadi orang nomor dua sesudah Firaun, yang akhirnya bisa menyelamatkan 12 saudaranya, sehingga akhirnya menjadi 12 suku Israel setelah mereka sebagai budak keluar dari tanah Mesir menuju tanah terjanji dipimpin oleh Musa.

Orang-orang yang diberi karunia khusus, a.l.:

1--c--b  Musa, yang pimpin bangsa Israel sebagai budak keluar dari Mesir menuju tanah terjanji(Kel.2---s/d—Ul.34)

1--c--c  Daud sudah terbiasa melawan dan membunuh singa maupun beruang jika domba dan kambingnya diterkam oleh binatang buas tsb(1Sam.17:34-36). Karena kebiasaan tsb dia bisa kalahkan Goliat.

2--Karuniamu bisa sederajat seperti orang pilihanNya.
Bila anda baca seksama di kitab-suci mengenai orang-orang-pilihan yang memperoleh karunia langsung dari Tuhan, maka mereka itu mengalami masa penghidupan yang keras dan menderita. Ternyata itu semacam latihan meningkatkan-kemampuan. Lihat butir diatas,1--c--a  dan 1--c--b  dan 1--c--c.

Siapa-saja-termasuk-anda, bisa memperoleh karunia  yang sederajat, seperti karunia yang  Tuhan berikan kepada orang-orang-pilihanNYA. Asalkan  anda sudah mempunyai tekad yang bulat dan secara tekun berusaha untuk mencapai cita-citamu-atau-keinginanmu. Namun untuk itu anda harus:
·         --lalui proses,
·         --pergunakan dan
·         --tidak boleh lalai,
terhadap setiap karunia demi karunia yang anda peroleh dari Tuhan(1Tim.4:14),  Jadi berusahalah untuk memperoleh yang-terbaik dalam hidupmu, maka anda akan diberikan jalan untuk peroleh yang paling utama lagi(1Kor.12:31).


Kesimpulan

Karunia adalah pemberian Tuhan kepada manusia yang sepatutnya tidak. Namun  karena tekunanmu dan tekadmu yang bisa membawa anda mendapat karunia seperti idamanmu bahkan yang tertinggi.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

1Kor.12:11
Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendakiNya.

1Kamus Alkitab, WRF Browning, ISBN 978-979-687-393-7, hal-173, cet ke-5, 2010.

Yes.63:7
Aku hendak menyebut-nyebut perbuatan kasih setia Tuhan, perbuatan Tuhan yang masyhur, sesuai dengan segala yang dilakukan Tuhan kepada kita,  dan kebajikan yang besar kepada kaum Israel yang dilakukanNya kepada mereka sesuai dengan kasih sayangNya dan sesuai dengan kasih setiaNya yang besar.

Rm.5:15                               
Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karuniaNya, yang dilimpahkanNya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.

Ams.13:15                           
Akal budi yang baik mendatangkan karunia, tetapi yalan pengkhianat-pengkhianat mencelakakan mereka.

1Tim.4:14
Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua.

Kej.37, 39-s/d-47                Yusuf dan perjalanan hidupnya (mohon dibaca)

1Sam.17:34-36   
34-Tetapi Daud berkata kepada Saul: “Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya, Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya,
35-maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya.
36-Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini, dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu,  karena telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup”

1Kor.12:31          untk memperoleh karunia yg paling utama
Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia yang paling utama, dan aku menunjukkan kepadamu jalan jang lebih utama lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar