Minggu, 29 Maret 2015

Bisakah damai-sejahteramu melampaui segala akal?

Latar belakang

Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus(Flp.4:7), lalu apakah anda bisa memperoleh karunia tsb?  

Materi yang di sharing, sesuai topic

Dalam kelanjutan kehidupan manusia, mereka memerlukan damai sejahtera, karena kedamainan adalah langkah awal manusia mulai melangkah maju.

Damai sejahtera1  menurut  esiklopedi Alkitab, sangat luas artinya, a.l.:
            Selamat(Kej.43:27)                                 persehabatan(Yos.9:15)
            Jangan kuatir(Hak.19:20)                     damai(1Raj.5:12)
            Kesejahteraan(Mzm.122:7)                   kemujuran(Mzm.73:3)
            Tenteram(Mzm.4:8)                              keselamatan(Mzm.85:10),…………dll.

1--   Kenapa harus ada damai sejahtera.
Karena kejatuhan manusia dalam dosa maka mereka pada umumnya bersifat :
a--Egocentric(mengutamakan-dan-berpusat-untuk-diri-sendiri)
b--Tidak takut akan Tuhan.
c--Tidak mengindahkan hukum kemanusiaan(Kel.20:1-17)
Sehingga kehidupan dalam masyarakat umumnya rapuh dalam semua hal, misalnya terganggunya: keamanan, ekonomi, pendidikan, kesehatan, budaya, bersosialisasi, dll. Contoh: manusia di Sodom dan Gomora yang terlalu berdosa sehingga Tuhan menghanguskan mereka beserta kota-kota tsb, demikianpun pada waktu air-bah yang mana semua manusia dan hewan ditenggelamkan kecuali Nuh dan isi kapalnya, dibuangnya bangsa Israel ke Babel, menggunakan Bait-Allah sebagai tempat berjualan, dll.

Namun karena damai-sejahteraNya melebihi segala akal, maka Tuhan tidak membiarkan manusia terus menderita didunia, sehingga mengutus AnakNya(Rm.8:3) datang kebumi untuk mencari mereka yang hilang dan yang menjauh dari Tuhan(Luk.19:9-10).  

2--   Apa gunanya manusia memperoleh damai sejahtera.
Sejak manusia jatuh dalam dosa maka komunikasi langsung antara manusia dengan Tuhan terputus dan menjauh. Dan dari merekapun tidak yang berusaha mencari Tuhan(Rm.3:11-12).

Tapi kehadiran Yesus merupakan harapan bagi manusia, karena mereka akan peroleh damai-sejahtera(Yoh.14:27), supaya dosa yang ada dalam mereka dijauhkan oleh kematian Kristus(Kol.1:19-20), barulah mereka bisa merasakan adanya kedamaian dalam batinnya(Mzm.51:12), sehingga mereka bisa:

a--Merasakan adanya damai-sejahtera, karena diberi kesempatan oleh
Tuhan(2Kor.5:18).
Setiap manusia diberikan kesempatan oleh Yesus untuk menerima damai- sejahtera(Yer.29:11), supaya bisa timbul perasaan dalam diri mereka yang ingin mencari Tuhan, lalu diikuti oleh permohonan pengampunan dosa kepada Tuhan dan tidak lagi kembali berbuat dosa. Dan selanjutnya lakukan kehendakNya berupa aplikasikan peraturanNya dalam kehidupan manusia.  
    
b--Supaya damai-sejahtera antar manusia terus berkembang karena itulah tujuan kematian Kristus(Ef.2:1-22, Kasih-Allah)
Semua manusia supaya jangan sia-siakan kesempatan yang diberikanNya untuk menerima dan mengembangkan damai-sejahtera terutama untuk berinteraksi antara sesama manusia.

c--Manusia harus aktif mengembangkan dan mempertahankan damai-
sejahtera(Ef.4:3).
Peningkatan effektivitas damai-sejahtera bukan hanya untuk kepentingan dirimu saja tetapi juga untuk manusia lainnya, dimana anda bertemu dan dalam kesempatan apa saja.

3--   Damai-Sejahtera untuk anda?
Setiap manusia memperoleh damai-sejahtera, namun pemanfaatannya tergantung dari pribadi masing-masing,  karena ada yang:
a--Hidup tidak kudus, a.l. melacur, mencuri, miskinkan masyarakat,
dll(Ibr.12:14), sehingga tidak effektif.
b--Namun ada yang mengejar dampak dari damai sejahtera, a.l. saling membangun(Rm.14:19) dan hindari kekacauan(1Kor.14:33)
c--Anda yang menerimanya, bisa meneruskan secara meyakinkan sewaktu beritakan kabar-baik kepada orang lain(Kis.10:36) sehingga mereka bisa menggunakannya se-effektif mungkin.

Kesimpulan

Tuhan yang beri damai-sejahtera kepada manusia, supaya mereka bisa  aplikasikannya  bahkan dikembangkan dan dipertahankannya untuk kepentingan bersama, karena Tuhan tidak menghendaki kekacauan dalam kehidupan manusia.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Flp.4:7
Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

1Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, ISBN 978-602-8009-33-1, cet ke-11, Apr2011 ,hal-230

Kej.43:27
Sesudah itu ia bertanya kepada mereka apakah mereka selamat; lagi katanya: “Apakah ayahmu yang tua yang kamu sebutkan itu selamat? Masih hidupkah ia?”

Hak.19:20
Lalu berkata orang tua itu; “Jangan kuatir!  Segala yang engkau perlukan biarlah aku yang menanggung, tetapi janganlah engkau bermalam di tanah lapang kota ini”.

Mzm.122:7
Biarlah kesejahteraan ada di lingkungan tembokmu, dan sentosa di dalam purimu.

Mzm.4:8
Engkau telah meberikan sukacita kepadaku, libih banyak dari pada mereka ketika mereka kelimpahan  gandum dan anggur.

Yos.9:15
Maka Yosua mengadakan persahabatan dengan mereka dan mengikat perjanjian dengan mereka, bahwa ia akan membiarkan mereka hidup; dan para pemimpin umat itu bersumpah kepada mereka.

1Raj.5:12
Dan Tuhan memberikan hikmat kepada Salomo seperti yang dijanjikanNya kepadanya; maka damai pun ada antara Hiram dan Salomo, lalu mereka berdua mengadakan perjanjian.

Mzm.73:3
Sebab aku cemburu kepada pembual-pembual, kalau aku melihat kemujuran orang-orang fasik.

Mzm.85:10
Sesungguhnya keselamatan dari padaNya dekat pada orang-orang yang takut akan Dia, sehingga kemuliaan diam di negeri kita.

Kel.20:1-17             Sepuluh perintahj Allah (mohon dibaca)

Rm.8:3
Sebab apa yang tidak mungkin dilakukan hukum Taurat karena tak berdaya oleh daging, telah dilakukan oleh Allah. Dengan jalan mengutus AnakNya sendiri dalam daging, yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa karena dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging.

Luk.19:9-10
9--Kata Yesus kepadanya; “Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham.
10-Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang”.

Rm.3:11-12
11-tidak ada sorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah.
12-Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik, seorang pun tidak.

Yoh.14:27
Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahteraKu Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Kol.1:19-20
19-Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam  di dalam Dia,
20-dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diriNya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus

Mzm.51:12
Jadikanlah hatikuh tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!

2Kor.5:18
Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diriNya dan yang telah mempercayaikan pelayanan pendamaian itu kepada kami.

Yer.29:11
Sebab Aku ini, mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Ef.2:1-22                                Semuanya adalah kasih karunia. (mohon dibaca)

Ef.4:3
Dan  berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera.

Ibr.12:14
Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.

Rm.14:19
Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatagnkang damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun,

1Kor.14:33
Sebab Allah tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera.

Kis.10:36

Itulah firman yang Ia suruh sampaikan keada orang-oran Israel, yaitu firman yang memberitakan damai sejahtera oleh Yesus Krfistus, yang adalah Tuhan dari semua orang,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar