Jumat, 17 April 2015

Lahir baru memampukan anda untuk tinggalkan dosa

Latar belakang

Lahir baru(Yoh.3:3) memampukan manusia tinggalkan dosa yang menyebabkan mereka bekerja dengan orang durhaka(Ef.2:2).


Materi yang di sharing, sesuai topic

Dalam perjalanan hidup, maka semua manusia akan terpengaruh dan berubah, karena a.l.; lingkungan buruk, berbagai godaan iblis, susah kendalikan dirinya sehingga emosinya menjadi negatif, dll, sehingga secara tidak sadar bisa berbuat dosa.

Dan karena perubahan tsb telah mempengaruhi hatimu, maka apa yang ada dalam isi hatimu akan ter-refleksi dalam perbuatanmu.
 
Hal semacam ini bisa terlihat sewaktu Adam dan Hawa dalam suatu lingkungan di taman Firdaus, lalu tergoda sehingga berbuat dosa(Kej.3:1-24), dan mereka tidak mengetahui untuk mohon lahir-baru, sehingga dampaknya sangat luas.

Lahir-Baru.

Apa itu lahir-baru: Secara sederhana maka Lahir-Baru berupa adalah tinggalkan dosa-dosa dan hidup sesuai ajaran Yesus, karena Yesus memberi arahan supaya kembali kepadaNya, atau. 

Kelahiran baru adalah sebagai suatu tindakan Roh-Kudus atas kodrat manusia atau seluruh-organ-dan-pikiran-manusia, sehingga membawa perubahan dalam seluruh pandangan pribadinya, dan mengandalkan Tuhan.
  
Dalam Perjanjian-Lama: Atas inisiatif Tuhan maka ada lahir-baru, berupa: sewaktu Tuhan akan memulangkan bangsa Israel dari pembuangannya di Babel kembali ke Kanaan. Tuhan memberi mereka suatu hati untuk mengenalNya supaya mereka menjadi umatNya dan bertobat kepadaNya dengan segenap hati(Yer.24:7)

Dalam Perjanjian-Baru: Karena dosa serta akibatnya yang telah sangat merusak watak manusia, sehingga tanpa kelahiran-baru, manusia tidak dapat memperbaiki diri bahkan tidak mungkin selamat(Kis.4:12). Misalnya, bangsa Israel terutama para petinggi agama, tua-tua Israel, pejabat di Mahkamah-Agama, dll, telah rusak watak mereka, sehingga mereka a.l. iri-hati atas perbuatan Yesus karena telah berbuat berbagai mujizat, yaitu hidupkan orang-mati, sembuhkan para orang sakit, dll. Sehingga mereka mau membunuh Yesus.
Demikianpun Nikodemus bertemu Yesus dimalam hari, karena takut dilihat orang Yahudi bila dia bertemu Yesus di siang-hari(Yoh.3:1-21). Disini jelas Yesus menyuruh supaya Nikodemus bisa lahir-kembali.

Ciri-ciri orang yang lahir-baru: Sebelum mengalami lahir-baru, maka manusia dikendalikan oleh dosa dan sering berontak terhadap Allah. Namun karena Roh(Gal.6:18, 22) maka manusia mulai berusaha mencari Yesus, seperti yang diperbuat Nikodemus. Dan setelah memperolehnya maka tingkah lakumu akan selalu merefleksikan a.l.:
a--bertobat dan tidak lakukan dosa lagi.
b--bertindak adil.
c--mengasihi manusia lainnya seperti dirinya sendiri(Mat22:37-39).
d--percaya bahwa Yesus adalah Kristus.
e--mengalahkan kedagingan.
Setelah anda mengalami dan memperoleh butir a s/d e  maka anda supaya tetap pertahankan hidup-baru ini secara aktif, yaitu melalui:
f--Aktif dan positif dalam perbuatan dan berinteraksi dengan sesama manusia
g--Andalkan firman Tuhan(Yak.1:18) sewaktu berinteraksi dan perbuatan.
h--Perbuatan dan interaksi harus sejalan dengan firman(Yak.2:22).

Kesimpulan
Hidup-Baru adalah suatu proses yang diberikan Tuhan supaya anda tinggalkan hidup lamamu yang berdosa dan mencari Tuhan supaya hidupmu seperti Dia.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, ISBN-978-602-8009-33-1, Cet-11, April 2011, hal627-628.

Yoh.3:3
Yesus menjawab, kataNya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah”

Ef.2:2
Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

Kej.3:1-24            manusia jatuh ke dalam dosa

Yer.24:7
Sebab itu, demikianlah firman Tuhan, sesungguhnya, waktu nya akan datang, bahwa orang tidak lagi mengatakan: Demi Tuhan yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir

Kis.4:12
Dan keselamtan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.

Yoh.3:1-21           Percakapan Nikodemus dengan Yesus.

Gal.6:8
Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu.

Gal.5:22
Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan.

Mat.22:37-39
37-Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahnmu, dengan segena hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38-Itulah hukum yang terutama dan yang pertama
39-Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Yak.1:18
Atas kehendakNya sendiri Ia telah menjadikan kita oleh firman kebenaran, supaya kita pada tingkat yang tertentu menjadi anak sulung di antara semua ciptaanNya

Yak.2:22

Kamu lihat, bahwa iman bekerjasam dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar