Minggu, 05 April 2015

Semua manusia mengalami penderitaan dalam kehidupannya.

Latar belakang

Penderitaan adalah bagian dari kehidupan, sama seperti sewaktu anda mengalami kegembiraan, keberhasilan, kesedihan, dll.

Materi yang di sharing, sesuai topic

Berbagai penderitaan bisa ditemui dalam Alkitab, penjelasan dibawah ini adalah sebagian-kecil dari padanya, a.l.:

1--Penderitaan
Sesudah manusia jatuh dalam dosa, maka timbulah berbagai penderitaan yang harus mereka peduli untuk diselesaikan, walaupun menyita sebagian dari aktivitas kehidupannya, berupa: waktu, pikiran, tenaga, kegiatan, keluarga, dll. Dan sebagaimana keberhasilan, kesusahan, dll, merupakan bagian dari kehidupanmu, maka demikianpun penderitaan minta disejajarkan.

Akibat dari dosa adalah kematian, namun sebelum kematian akan timbul penderitaan(Kej.3:19) dalam berbagai rupa, a.l.: pertentangan, permusuhan, kebohongan, kemiskinan, wabah, cobaan, dll. Dan walaupun demikian masih banyak manusia yang belum sadar atau sengaja tidak mau tahu, a.l.:
--Sehingga bisa tergoda oleh iblis.
--Oleh penguasaan diri yang tidak sempurna, sehingga mengakibatkan penderitaan terus berlanjut dalam kehidupannya.
---Namun ada penderitaan yang disebabkan oleh cobaan, seperti yang
dikehendaki Tuhan.

2--Dari mana asalnya penderitaan.
Tuhan telah ciptakan alam-raya yang sangat baik(Kej.1:31) untuk semua mahluk kehidupan, dan khususnya untuk manusia supaya mereka bisa berkomunikasi langsung denganNya. Selain itu Tuhan telah memberi kepada manusia akal-budi dan pikiran supaya mereka bisa memilih mana yang baik dan cocok sesuai kebebasan hidupnya.

Namun iblis tidak senang dan selalu berusaha supaya manusia jatuh dalam dosa sehingga mereka tidak bisa berhubungan denganTuhan seperti sebelumnya, bahkan supaya manusia melanggar perintah Tuhan. Dan bila manusia berbuat demikian maka inilah awalnya penderitaan yang bisa berkelanjutan, a.l.:

a---Manusia yang tidak patuh pada Tuhan.
a-a-Adam dan Hawa berbuat dosa karena menginginkan yang berbeda dari penjelasan Tuhan sehingga terggoda lalu melanggar perintahNya.
a-b-Raja Salomo menjauh dari Tuhan, karena mendengar keinginan para istrinya, sehingga kerajaannya terpecah dua.

b---Keinginan iblis agar manusia tidak lakukan perintah Tuhan supaya berbuat dosa dan hidupnya menderita, misalnya:
b-a-Ketidak-senangan Kain pada adiknya terus diperuncing oleh iblis, yang akhirnya Kain membunuh adiknya.

c---Perbuatan manusia-berdosa.
c-a-Saudaranya-Abraham, Lot beserta keluarganya sangat menderita karena hidup ditengah-tengah manusia berdosa, sehingga mereka harus secepatnya meninggalkan kota Sodom sebelum dibakar Tuhan.
c-b-Banyak-orang-Yahudi yang menderita, diantaranya Nikodemus yang karena takut dilihat dan diketahui orang, sehingga dia hanya bisa bertemu Yesus dimalam hari.

d---Disiplin kehidupan yang kurang. (penjelasan di blog berikutnya)

e---Cobaan dari Tuhan.
Maksudnya adalah untuk tingkatkan kualitasmu supaya bisa melakukan tugasNya, misalnya:
e-a-Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai  iblis(Mat.4:1-11).
e-b-Allah mencobai Israel apakah mereka hidup menurut hukumNya atau tidak(Kel.16:4).

3--Bagaimana anda membedakan semua penderitaan tsb.
a---Bila anda mengandalkan Tuhan maka penderitaan berupa apapun bisa diselesaikah hingga hidupmu selamat.
b---Bila anda menghadapi masalah, maka tekunilah lalu gunakan akal-budimu, pikiranmu dan hati yang dingin, hingga bisa teratasi masalah tsb. Ingat jangan diselingi kemarahan yang berkepanjangan bahkan mencari alasan yang buka-bukan. Karena pada saat marah-berkepanjangan maka anda bisa digoda oleh iblis sehingga berbuat kesalahan. Maka disinilah timbul dosamu.
c---Hindari lingkungan yang tidak yang tidak sesuai, namun itupun bisa berupa cobaan untuk meningkatkan imanmu.

Kesimpulan
Penderitaan bisa terjadi padamu karena penguasaan diri yang kurang sempurna sehingga bisa juga digoda oleh iblis, namun bisa juga sebagai cobaan untuk meningkatkan imanmu sehingga peroleh  cita-citamu.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung
                                               
R e f e r e n s i  :


Kej.3:19
Dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu.

Kej.1:31
Maka Allah melihat segala yang dijadikanNya itu, sungguh amat baik. Jadilah pentang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

Mat.4:1
Maka Yesus dibawa oleh Roh kepadang gurun untuk dicobai iblis.

Kel.16:4

Lalu berfirmanlah Tuhan kepada Musa: “Sesungguhnya Aku akan menurunkan dari langit hujan roti bagimu; maka bangsa itu akan keluar dan memugut tiap-tiap hari sebanyak yang perlu untuk sehari, supaya mereka Kucoba, apakah mereka hidup menurut hukumKu atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar