Jumat, 24 April 2015

Dalam perjalanan hidupmu selalu ada cobaan.

Latar belakang

Setiap orang dalam kehidupannya akan selalu menghadapi, a.l. berbagai tantangan, namun anda harus tetap bahagia bila tantangan tsb berupa pencobaan, karena itu merupakan ujian terhadap imanmu(Yak.1:2-3)

Materi yang di sharing, sesuai topic

Hidup adalah pilihanmu
Setiap manusia mempunyai perjalanan hidup masing-masing, karena ada yang:
a--menggunakan akal-budinya(Ams13:15) yang mendatangkan keuntungan.
b--mengambil jalan-jalan penghianat sehingga mencelakakan orang,
c--mengambil jalan tengah, dll.

Dan semua orang ingin berkarya dan maju supaya berhasil sehingga bisa menikmati hidup yang damai(Yer.29:7) dan bercukupan-atau-berlimpah, namun semuanya itu tergantung dari usahamu sendiri. Karena anda yang memilih jalan hidupmu yang didasarkan pada kemajuan akal-budimu(Ams.13:15). Dalam pilihan tsb, anda akan mengalami berbagai tantangan yang ringan maupun berat, sehingga bisa timbul berbagai pencobaannya dan pengujiannya.

1--Pencobaan yang menghanyutkan.
Dalam perjalanan hidup setiap orang, selalu ada cobaan dari luar maupun dari dirimu a.l. keinginanmu sendiri yang sangat memikat dan dampaknya bisa negative atau positive.

Bila negative, maka dia akan terus menyeretmu sehingga bisa membuat anda berbuat dosa, yang berarti melahirkan maut(Yak.1:14-15), penjelasan-nya a.l.:
  
1-A
Sejak kecil hingga dewasa anda sudah terbiasa berbohong dan tidak mau dengar nasehat orang, karena motivasimu adalah keinginan untuk status dan kenikmatan dirimu. Sewaktu berkeluarga, kebiasaan itu terus berlanjut bahkan motivasimu bertambah untuk melindungi pendamping hidupmu. Dan anak-anakmu menyaksikan apa yang anda perbuat, hingga mereka dewasa lalu berkeluarga.
Namun anda lupa bahwa anda telah mengenal kebenaran(Mzm.111:7-8) yang ditaruh Tuhan dalam hatimu(Yer.31:33) dan di kembangkan olehmu.
 
Jadi didalam pikiranmu ada kekuatan yang bertarung yaitu kebenaran lawan kebohongon. Dan kebohongan tsb anda gunakan untuk memenuhi kemegahan dirimu yang adalah nafsu dari setan-setan(Yak.3:15)


Dan kebohongan ini merupakan beban mentalmu. Jika suatu saat anda lemah lalu sakit, maka yang anda alami adalah sakit fisik dan sakit karena beban mental. Dan beban mental inilah yang adalah suatu kesusahan untuk diceritakan kepada orang lain, lalu anda pendam dalam dirimu sendiri sehingga kesakitanmu terus berakar.

Jadi walaupun anda berserah kepada Tuhan dan mohon mujizatNya tapi kalau beban mentalmu belum anda diselesaikan, maka anda akan susah mengalami kesembuhan, kecuali Tuhan mengizinkan. Dan penyakit ini bukan cobaan Tuhan, tapi dasarnya adalah keinginan-mu yang tidak berdasar untuk status dan kenikmatan, sehingga terus berbohong dan tidak mau mendengar nasehat orang.
  

2--Pencobaan namun bisa diatasi
Setiap manusia dalam kehidupannya akan selalu berinteraksi dengan manusia lainnya serta lingkungannya, dan berusaha memilih yang terbaik dari dampak berinteraksi tsb(Ams16:22), jadi jangan memilih dampak yang negative. contoh dari dampak yang positif, yaitu:

2-A.  Yesus sendiri mengalami pencobaan yang harus dilaluiNya dipadang gurun(Luk4:1-13), supaya bisa melakukan tugas selanjutNya.

            2-B.  Demikianpun anda serta anakmu atau siapa saja memilih yang terbaik
dari dampak tsb.

Kesimpulan
Setiap manusia akan mengalami cobaan, berupa a.l. berinteraksi dengan manusia lainnya, namun pilihan dari dampak berinteraksi adalah anda sendiri. Karenanya andalkan Yesus sebagai: jalan dan kebanaran dan hidup(Yoh.14:6)

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Yak.1:2-3
2--Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai cobaan.
3--Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan

Ams`13:14
Ajaran orang bijak adalah sumber kehidupan, sehingga orang terhindar dari jerat-jerat maut.

Yer.29:7
Usahakanlah kesejahteraan kota  kemana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

Ams.13:15
Jalan orang bodoh lurus dalam anggapannya sendiri, tetapi siapa mendengarkan nasehat ia bijak.

Yak.1:14-15
14-Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keingiannya sendiri, karena ia diserat dan dipikat olehnya
15-Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah jmatang, ia melahirkan maut.

Mzm.111:7-8
7-Perbuatan tanganNya ialah kebenaran dan keadilan, segala titahNya teguh.
8-kokoh untuk seterusnya dan selamanya, dilakukan dalam kebenaran dan kejujuran.

Yer.31:33
Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman Tuhan: Aku akan menaruh TauratKu dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan mennjadi umatKu.

Yak.3:15
Tetapi apabila pernah dikatakan: ”Pada hari ini, jika kamu mendengar suaraNya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman”

Ams.16:22
Akal budi adalah sumber kehidupan bagi yang mempunyainya,  tgetapi siksaan bagi orang bodoh ialah kebodohannya.

Luk.4:1-13           Yesus di coba di padang gurun.

Yoh.14:6

Kata Yesus kepadaNya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup, Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar