Sabtu, 06 Juni 2015

Pengertian roh secara terbatas



Latar belakang

Seperti iman tanpa perbuatan adalah nihil bahkan mati, maka demikianpun tubuh yang tidak bersatu dengan roh adalah nihil atau mati(Yak.2:26).

Materi yang di sharing, sesuai topic

Tuhan menciptakan manusia yang utuh, terdiri atas: roh, jiwa dan tubuh(1Tes5:23), supaya bisa berfungsi sebagai manusia yang wajar. untuk melakukan kuasa yang diberikan oleh Tuhan, Allah kita semua(Kej.1:26)

1--Siapa yang memberikan roh
Tuhan yang memberikan roh, Ia memberikan:
a--hembusan yang merupakan nafas hidup yang mengandung: jiwa, roh, dll, kedalam hidung dari semacam patung manusia yang berasal dari debu tanah, sehingga patung tsb menjadi mahluk hidup yang disebut manusia(Kej.2:7).
b--roh yang adalah hidup(Yoh.6:63) dan merupakan bagian dari  satu keutuhan manusia, karena Dia yang menciptakan segalanya(Kej.1:1-Kej.2:23),

2--Apa gunanya roh untuk manusia
Peranan roh untuk manusia sangat penting, yaitu:
a--Untuk hidup dan melakukan kegiatan karena tubuh tanpa roh adalah mati(Yak.2:26), contoh:Bayangkan bila tubuhmu kelihatan berjalan dan beraktivitas, namun tidak ada roh di badanmu. Jadi sama seperti robot yang tidak ada inisiatif, tujuan, perasaan, keinginan, dll. Jadi kehidupanmu adalah mati(Yak.2:26). Karena serendah apapun manusia itu (budakpun) masih punya kebebasan dan bisa berinisiatif.
b--Sebagai motivator dalam dirimu yang menyarankan tubuh berbuat sesuatu yang positif untuk peroleh kehidupan yang a.l. bisa berbakti kepada keluargamu, lingkunganmu dan Tuhanmu.. 

3--Pelitanya Tuhan dalam manusia adalah roh(Ams.20:27)

Roh yang merupakan kesatuan dari tubuh (atau kedagingan) dan jiwa, namun tidak selalu bisa berbuat banyak.

Karena tubuh atau kedagingan-mu juga berkuasa dalam diri setiap orang. Dan kedagingan manusia mulai berperan dan tidak mau menghiraukan bisikan roh, sejak manusia bertingkah dan melakukan sesuatu sesuai kehendak-bebasnya dan perbuatan dosanya.

Namun peranan roh tetap ada walaupun sangat kecil, karena dia bisa menjadi pelita bagi Tuhan(Ams.20:27) sehingga perbuatan buruk atau baik dari setiap orang jelas bagiNya.

Tetapi roh-mu bisa berperan lagi seperti semula bila anda berniat untuk tinggalkan dosa-dosa dan hidup sesuai kehendakNya yaitu: peduli, berbelas-kasihan, bertanggung-jawab, membantu orang yang memerlukan. Dan mohon Tuhan memberikan Roh-kudus(Luk.11:13) kepadamu untuk melakukan niatmu tsb.

Kesimpulan
Tuhan yang memberikan roh, dan roh itu adalah hidup bagi manusia dan pelita bagi Tuhan untuk mengetahui perbuatan manusia.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Yak.2:26              
Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.

1Tes.5:23
Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Kej.1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepda mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.

Kej.2:7
Ketika itu Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi mahluk yang hidup

Kej.1:1—2:23         Allah menciptakan langit dan bumi serta isinya.

Ams.20:27
Roh manusia adalah pelita Tuhan yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya.

Luk.11:13
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yuang di surga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepadaNya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar