Jumat, 29 Mei 2015

Lakukan kedagingan sesuai etika dan moral



Latar belakang

Karena keinginan daging adalah maut, karenanya kendalikanlah dia(Rm.8:6).

Materi yang di sharing, sesuai topic
 
Tuhan menciptakan manusia sebagai mahluk yang tertinggi nilainya, yang a.l. terdiri atas jiwa, badan dan roh(1Tes.5:23) guna melaksanakan secara positif kemuliaan Tuhan berupa: tugas dan kuasa yang diberikan kepadamu, supaya adanya interaksi antara sesama manusia dan kesinambungan alam yang harmonis. Dan untuk ini kelihatannya peranan daging yang mewakili tubuh manusia untuk merealisasikannya.

Apa arti kedagingan?
Keterangan dalam Alkitab1 ada dua versi, menurut:
Perjanjian-lama, a.l:
a-daging adalah unsur utama tubuh atau badan manusia(Kej.40:19)
b-merupakan kelemahan tubuh manusia(Mzm.78:39)
Perjanjian–baru, a.l.:
c-daging sebagai bagian dari tubuh atau seluruh tubuh(Gal.4:13)
d-dalam daging ada hawa nafsu serta keinginannya(Ef.2:3)
e-kehendak ada didalamku tapi bukan hal untuk berbuat baik(Rm.7:18).

Atau secara sederhana bisa dikatakan, a.l.: badan anda yang mengerjakan aktivitasmu. Namun ke-daging-an adalah kelemahan tubuh karena mengikuti hawa nafsu duniawi secara negatif. Hanya melulu memikirkan keinginan kedagingan yang adalah maut(Rm.8:5).

Apa tugas daging.
Daging adalah penting dan merupakan bagian dari keutuhan tubuh manusia, dan tugasnya adalah, a.l.:
a-Untuk menggerakkan tubuh manusia supaya bisa berjalan, olahraga, dll.
b-Tanpa daging manusia hanya berupa tulang-belulang.
c-Daging yang menutupi tulang-belulang, sehingga manusia bisa beraktivitas.

Apa peranan daging
Peranan kedagingan atau bagiannya, sangat banyak dan bisa menikmati, termasuk melaksanakan apa yang diinginkan oleh pikiranmu, misalnya:
a-Ingin makan/minum yang enak, maka lidah-mu yang melaksanakan keinginanmu tersebut, yaitu menikmati yang mahal dan enak berupa: ayam panggang, steak, salad, tuna rica-rica, cicip wine, whisky, mangga-arumasnis, duren, dll. 
b-Meralisasikan ide sehingga berguna untuk masyarakat.
c-Beranakcucu untuk penuhi bumi, seperti yang dikatakan oleh firman Allah.

Kenapa ke-daging-an berlawanan dengan Allah(Rm8:7).
Jiwa maupun Roh manusia tidak berwujud, jadi tidak bisa menggerakkan tubuh yang terdiri atas daging dan tulang, begitupun tidak bisa merasakan kenikmatan karena mencicipi makanan, dll. Hanya badan atau dagingmu yang bisa menikmatinya.

Namun setelah manusia jatuh dalam dosa dan keinginan-bebasnya, maka tugas dan peranan dari kedaginganmu selain untuk melakukan perintah-Tuhan juga menyalah-gunakannya, dalam bentuk menikmati secara negative, menyimpang, dll,(Gal.5:19-21), seperti:
a-melanggar tata-susila(percabulan, dll)
b-melanggar nafsu yang wajar
c-bahkan cari bantuan tukang sihir, ilah-ilah, berhala,dll.
            d-irihati, lalu lakukan perampasan, dll

Bagaimana anda mengatasinya?
Untuk menghindari kedaginganmu yang makin meraja-lela, maka anda harus punya kemauan untuk stop dan tidak melakukannya lagi. Tapi kendalikan kedaginganmu dan lakukan hal yang positif, jangan melewati etika dan moral. Dan kemampuan untuk mengendalikan kedaginganmu adalah, minta dari Allah, supaya Dia memberikan Roh-Kudus kepadamu(Luk.11:13) yang akan menguatkan niatmu.

Kesimpulan
Kendalikan kedaginganmu sesuai kebenaran, misalnya sesuai etika dan moral. Dan selalu minta Roh-Kudus membimbingmu sehingga niatmu bisa terlaksana.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


PenulisEddyWarbung.


R e f e r e n s i  :

Rm.8:6
Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.

1Tes.5:23
Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu  seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

1 Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, ISBN 978-602-8009-33-1, cet. Ke-11, April-2011, hal-223

Kej.40:19
Dalam tiga hari ini Firaun akan meninggikan engkau, tinggi ke atas, dan menggantung engkau pada sebuah tiang, dan burung-burung akan memakan dagingmu dari tubuhmu.

Mzm.78:39
Ia ingat bahwa mereka itu daging, angin yang berlalu, yang tidak akan kembali.

Gal.4:13
Kamu tahu, bahwa aku pertama kali telah memberitakan Injil kepadamu oleh karena aku sakit pada tubuhku.

Ef.2:3
Sebenarnya dahulu kami semua juga terhitung di antara mereka, ketika kami hidup di dalam hawa nafsu daging dan menuruti kehendak daging dan pikiran kami yang jahat, pada dasarnya kami adalah orang-orang yang harus dimurkai, sama seperti mereka yang lain.

Rm.7:18               
Sebab aku tahu, bahwa di dalam aku,k yuaitu di dalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik, sebab kehendak memeng ada di dalam aku, tetapi bukan hal berbuat apa yang baik.

Rm.8:5
Sebaba mereka yang hidup menurut daging , memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.

Rm.8:7
Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.

Gal.5:19-21
19-Perbuatan daging telah nyata, yatiu: percabulan kecemaran, hawa nafsu.
20-Penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah.
21-kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya, terhadap semuanya itu keperingatkan kamu – seperti yang telah kubuat dahulu – bahwa barang siapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Luk.11:13
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberika Roh Kudus kepada mereka yag meminta kepadaNya.
Stop…………………………………………..stop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar