Jumat, 31 Juli 2015

Berjalan dalam kebenaran terdapat hidup(Ams.12:28).

Latar belakang

Pandangan hidup setiap orang tidak sama karena tergantung pada budaya, lingkungan dan pendidikannya, namun bila berpegang pada kebenaran maka anda akan hidup(Ams.11:19)

Materi yang di sharing, sesuai topic

Hanya Yesus yang mengatakan, bahwa Dia adalah, “jalan dan kebenaran dan hidup. Dan tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Dia(Yoh.14:6).” 

1--Kebenaran yang bagaimana sehingga orang bisa hidup?
KebenaranNya Tuhan adalah sangat luas dan sempurna. Khusus untuk manusia, Dia telah menaruh tauratNya di dalam batinmu(Yer.31:33) supaya anda patuh dan melakukan kebenaran agar anda bisa hidup dan selamat. Namun pilihan ada ditanganmu.

2--Apa itu kebenaran.
Dalam ensiklopedi-alkitab1 halaman-11&12, dijelaskan bahwa kebenaran mempunyai aneka pengertian yang a.l. terkait pada: hak, keadilan, penghukuman, peraturan, hukum dan keputusan. Contoh secara terbatas, dalam:
Perjanjian-Lama:
a-Keadilan dan tetap hidup menurut petunjuk Tuhan(Kej.18:19)  
b-Peraturan tentang hak(Kel.21:1-11)
Perjanjian-Baru:
c-Perbuatan yang baik(Tit.3:5)
d-Mentaati hukum Taurat(Flp3:9)
e-Hidup seperti kehendak Tuhan.

3--Kebenaran manusia tidak murni.
Dilain pihak, persepsi dari manusia mengenai kebenaran sudah tidak murni maupun seragam, seperti yang dikehendaki Allah. Karena kebenarannya mereka tergantung pada pengaruh dari:
a--Budayanya, pendidikannya, lingkungannya, pengalamannya, dll.
b--Tuntutan dirimu sendiri, contoh: tujuan, motivasi, ego, harga-diri, iri, dll.

Sehingga semua manusia dengan cara apapun, selalu berusaha untuk berbuat kebenaran agar bisa memenuhi kesukaan hatinya, yang penting hati mereka puas, tanpa memikirkan dampak atas perbuatan mereka, walaupun terjadi kekecewaan, kesedihan, kerugian, bagi orang-lain. Contoh:

Pemuda kaya motivasinya masih duniawi(Mat.19:16-29).
Seorang pemuda kaya merasa telah hidup dalam kebenaran, dan berkata kepada Yesus, bahwa sejak kecil, dia telah melakukan semua perintah Tuhan termasuk hukum Taurat. Lalu apa yang harus diperbuatnya, supaya bisa memperoleh hidup yang kekal. Setelah dia bertanya-jawab dengan Yesus, maka Yesus menjawab, juallah semua hartamu dan berikan kepada orang miskin, maka kamu akan peroleh harta disorga, lalu ikutilah Aku. Mendengar jawaban itu, pemuda tsb sedih, karena:
e--Hatinya masih cinta harta
f--Belum memperhatikan sesama manusia, (berlawan dengan ayat Mat.22:39).
g--Motivasinya bersifat duniawi a.l. cari pengakuan didepan banyak orang.

Manusia-baru
Kebenaran yang nyata ada pada Yesus(Ef.4:21). Dan mencari kebenaran tsb bisa terwujud, bila anda meninggalkan kehidupan yang lama atau manusia-lama, karena hal itu yang membuat anda terpuruk, a.l.; hawa nafsumu yang menyesatkan dan kebinasaan. Semuanya ini bisa diperbaharui oleh roh dan pikiranmu yang mengandalkan Yesus, jadi berubahlah sebagai manusia-baru(Ef.4:24). Contoh yang sederhana, bila anda ingin hidup-baru, maka:
h--mohon pengampunan
i--lalu bertobat
j--lalu hidup seperti kehendak Allah.
k--jangan berbuat dosa lagi dan hidup kudus.

Kesimpulan
Tuhan telah menaruh tauratNya dalam batin dan menulis dalam hati manusia, supaya mereka berusaha untuk hidup dalam kebenaranNYA, namun bukan kebenaran menurut kehendak manusia.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Ams.12:28
Di jalan kebenaran terdapat hidup tetapi jalan kemurtadan menuju maut.

Amds.11:19
Siapa berpegang pada kebenaran yang sejati, menuju hidup, tetapi siapa mengejar kejahatan, menuju kematian.
Yoh.14:6
Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup, Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Yer.31:33
Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman Tuhan: Aku akan menaruh TauratKu dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu.

1Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, ISBN-978-602-8009-33-1, cet-11, April2011, hal-11&12.

Kej.18:19
Sebab Aku telah memilih dia, supaya diperintahkannya kepada anak-anaknya dan kepada keturunannya supaya tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan Tuhan, dengan melakukan kebenaran dan keadilan, dan supaya Tuhan memenuhi kepada Abraham apa yang dijanjikanNya kepadanya”

Kel.21:1-11             Tentang hak (budak Ibrani)
               
Tit.3:5
Pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmatNya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus

Flp.3:9
Dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan.

Mat.22:39
Dan kukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Ef.4:21
Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus.

Ef.4:24

Dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurt kehendak Allah didalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar