Sabtu, 19 Desember 2015

Bagaimana partisipasi anda dalam menginjili?


Latar belakang

Apakah anda berpartisipasi dalam penginjilan? Karena Injil memberitakan kebenaran Allah yang memimpin kepada keselamatan semua orang yang percaya(Rm1:16-17).

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Apa artinya injil.
Injil dalam bahasa-Yunani, artinya:-euangelion1. Atau dalam bahasa-Indonesia artinya: kabar-baik. Istilah “euangelion” disesuaikan dengan lidah-orang-Indonesia dan karena pengaruh bahasa-asing, sehingga orang menyebutnya Evangelisasi, yang artinya “yang-memberitakan-kabar-baik”.   
Selain itu injil merupakan suatu:
a--Kehadirannya yang bukan hanya dengan kekuatan(1Tes.1:5) kata-kata saja, tapi disertai kebenaran yang pasti seperti diucapkan Yesus(Yoh.14:6).
b--Firman-kebenaran(Ef.1:13) untuk semua-orang, tapi tertutup bagi orang-orang-yang-tidak-percaya(2Kor.4:3-4).
c--Pemberitaan yang akan menghakimi segala-sesuatu-yang-tersembunyi dalam hati-manusia(Rm.2:16).
d--Pengajaran mengenai kasih(1Kor.13:4-8) untuk semua orang, berupa; segala sesuatu yang-telah-diajarkan kepadamu dan disertai kemurnian-hatimu untuk beritakan-kabar-baik, termasuk pengajaran kasih, dll, kepada semua orang. Dan anda tidak-perlu-khawatir-sewaktu-memberitakannya, karena Yesus senantiasa menyertaimu selama-lamanya(Mat5.28:20). DLL.
  
2--Ber-evangelisasi adalah pekerjaan yang mulia.
Evangelisasi adalah suatu pekerjaan mulia, karena anda melayani orang dengan maksud supaya mereka bisa meninggalkan perbuatan yang buruk, bertobat dan melakukan peraturan Tuhan Yesus, berupa lakukan k a s i h(1Kor.13:4-8). Dan-semua-usahamu-supaya-berdasarkan-Injil.

Untuk memutuskan apakah anda mau ber-evangelisasi atau-melayani, maka sebaiknya, sbb:
a--Timbul atas kesadaran sendiri, berupa keinginan lalu mempersiapkan diri untuk bekerja di ladang Tuhan, misalnya melayani manusia lainnya berdasarkan penginjilan, apapun risikonya.
b--Adanya dorongan yang kuat dari dalam dirimu sehingga menimbulkan suatu kemauan dan tekad yang pasti untuk melayani, setelah mengalami cobaan secara pribadi. Misalnya; Anda mengalami dan merasakan sendiri bagaimana bisa sembuh dari suatu penyakit, dimana para dokter secara medis tidak bisa lagi mengobatimu dan mereka telah mengatakan sudah tidak ada harapan. Namun anda sembuh karena banyak orang mendoakanmu.
c--Rasul Paulus melayani orang yang bukan Yahudi, setelah Tuhan menegornya dan membutakan matanya. Dan Paulus menerima tugas-yang- diberikan-oleh-Yesus kepadanya.
d--Setiap orang mempunyai karunia tersendiri dalam pelayanannya, namun semuanya untuk kepentingan bersama(1Kor.12:7).

3--Halangan ber-evangelisasi.
Ber-evangelisasi adalah pekerjaan yang mulia, tapi tidak segampang itu bisa mereka melakukannya, karena mereka dihadapkan pada beberapa persoalan yang harus mereka pilih. Misalnya,
a-Anda-merasa masih berpotensi untuk jadi kaya, sehingga akan-mengecewakanmu-kalau tinggalkan kesempatan yang mungkin bisa anda raih, namun itu-pun belum pasti.
b-Masih ada kebimbangan dalam hatimu, karena masih mengutamakan kenikmatan-duniawi.
c-Sebagai calon hamba Tuhan yang masih mudah, umumnya masih sulit untuk melewatkan kenikmatan: berkelana-kesenangan-keramaian-makanan enak, ber-inovasi-tantangan-dll.
d-Siapa yang akan menanggung kebutuhan hidupku?.

4--Kesempatan untuk melayani
Kehidupanmu tergantung dari pilihan-bebasmu. Ada yang perpikir menunggu kesempatan yang lebih baik, namun ada juga berpikir bahwa kesempatan yang baik, tidak akan kembali untuk kedua kalinya. Sehingga dia merebutnya, misalnya ada orang yang sejak mudanya bisa menentukan apa yang diperbuat dalam kehidupan yang-akan-datang. Contoh:
a-Banyak remaja ingin melayani Tuhan, a.l. Steven-Tong, yang sejak remaja ingin melayani. Pengajarannya bagus dan berkualitas sehingga berkhotbah didalam dan luar negeri, sebanyak lebih dari 32.000 kali. Dan mendirikan STEMI (Steven Tong Evangelistic Ministry International) yang berpusat di Kemayoran.
b-Demikianpun Pastor, yang hasil karyanya berupa sekolah, dll, diserahkan kepada kepengurusan Gereja Katholik.
c-Jadi siapkah anda penuhi kesempatan untuk melayani?

Kesimpulan
Melayani adalah pekerjaan yang mulia, namun setiap manusia mempunyai pilihan-bebas untuk berbuat. Dan Tuhan akan senantiasa menyertaimu sampai kapanpun,  selama anda melayani.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Rm.1:16-17
16-Sebab aku mempunyai keyakinan kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang  Yahudi, tetapi juga orang Yunani.
17-Sebab didalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman”.

1Tes.1:5
Sebab Injil yang kami beritakan bukan disampaikan kepada kamu dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan oleh Roh Kudus dan dengan suatu kepastian yang kokoh. Memang kamu tahu, bagaimana kami bekerja di antara kamu oleh karena kamu.

Yoh.14:6
Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang  pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Ef.1:13
Di dalam Dia kamu juga – karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu – di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikanNya itu.

2Kor.4:3-4
3-Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa,
4-Yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak mellihat cahyaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

Rm.2:16
Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.

1Kor.13:4-8
4-Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu, ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
5-Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri, Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
6-Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.
7-Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung  segala sesuatu.
8-Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahsa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

Mat.28:20
Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu, dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa samapi kepada akhr zaman.

1Kor.12:7

Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan pernyataan Roh untuk kepentingan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar