Jumat, 04 Desember 2015

Kejarlah karunia yang tertinggi maka anda akan ditunjukkan yang lebih lagi(1Kor12:31)

Latar belakang

Apapun kejadiannya, roda kehidupan setiap-manusia terus bergulir, namun berusahalah dan terus mengejar karunia yang terbaik sehingga anda ditunjukkan jalan yang lebih utama lagi(1Kor12:31).

Materi yang di sharing, sesuai topic

Memilih sesuai kebebasanmu
Kebebasan adalah salah satu karunia1 yang Tuhan berikan kepada setiap-orang sewaktu mereka diciptakan(Kej.2:7). Dan setiap manusia mempunyai berbagai keinginan namun mereka harus memilih, putuskan dan lakukan sesuai kebebasannya. Sehingga bukan Allah yang menentukan cara berpakaianmu, makananmu, kerjaan-apa, cita-cita apa yang akan anda-tekuni, apakah jadi pejabat-atau-pengusaha, dll. Jadi takdirmu bukan Allah yang mengatur-ngatur, tapi anda sendiri yang menentukan sesuai pilihan-bebasmu-(Ul.30:19) supaya anda hidup, demikianpun orang-lain.

Tuhan menghendaki manusia ikut serta dalam rancanganNya.
Dilain pihak, Tuhan mempunyai suatu rancangan(Yer.29:11) yang indah, yaitu supaya semua manusia bisa berpartisipasi didalamnya, sesuai dengan kemampuan yang telah mereka peroleh berdasarkan pilihan-bebasnya sendiri, selama penghidupannya.  

Namun ada juga beberapa orang yang dipilih(1Kor.12:11) Tuhan secara khusus untuk partisipasi dalam rancanganNya, misalnya: Abraham, Yusuf, Musa, Nuh, Daud, Edison, dan siapa tahu mungkin anda bisa terpilih, dll.

Tapi ada juga yang hidupnya menyimpang dan tidak mau mengikuti rancanganNya, tetap berbuat dosa, dan mereka akan kecewa(Yes.48:18). Karena perbuatanmereka yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.
Contoh:
Tuhan adalah kebenaran dan Dia konsisten pada janjiNya(1Raj.3:14) kepada semua orang, termasuk raja-Salomo. Namun setelah raja Salomo menjadi tua, dia mulai menjauh dari Tuhan karena mengikuti ilah-ilah dari para-isterinya. Jadi raja-Salomo tidak dapat berpartisipasi dalam rancangan-Tuhan, karena melanggar janji(1Raj.9:6-7).  Dan walaupun Allah telah dua-kali menampakkan diri kepada Salomo, tapi salomo tidak tanggap(1Raj.11:9). Akibatnya kerajaannya terpecah dua(1Raj.11:12).

Manusia harus berusaha untuk mencari Tuhan
Memang benar, bahwa Yesus datang ke dunia untuk orang yang “sakit”, supaya merekia disembuhkan. Namun bukan berarti bahwa sesudah sembuh lalu anda berbuat dosa lagi, lalu mohon ampun, berdosa lagi!
Jadi anda diberi kesempatan untuk tinggalkan dosa, lalu mencariNya dan patuh pada peraturanNya sambil melakukan kegiatan sehari-harimu.

Timbul pertanyaannya bagaimana memperoleh semuanya itu?
Contoh:
Saulus menunjukkan kepinterannya sejak kecil dan juga belajar pada seorang-guru Gamaliel yang-ahli-Taurat, namun setelah-dewasa dia mau binasakan(Kis.8:3) jemaat Kristen, maka Yesus pada saat itu membutakan dia.
Dan Saulus-berubah-jadi-Paulus masih sempat ke tanah Arab selama 3 tahun, yang kemungkinan memikirkan jalan hidupnya. Namun pilihan-bebasnya menentukan, bahwa dia melayani Yesus(Gal.1:11-17) . Dan hampir dua-pertiga dari perjanjian-baru adalah tulisannya berupa pelayanan, yaitu; mengabarkan injil kepada bangsa bukan Yahudi, yang sampai sekarang menjadi dasar bagi kehidupan banyak orang.

Jadi benar Tuhan datang untuk sembuhkan manusia, seperti Paulus dan anda, tapi sesudah itu anda harus berusaha dan tunjukan untuk meraih yang terbaik(1Kor.12:31), sehingga anda akan ditunjukkan jalan yang lebih utama lagi.

Selain itu tetap bersandar kepadaNya(Ams.3:5), dan selalu mohon Tuhan yang membantu-mu dalam berkarya(Luk.11:13).


Kesimpulan

Dalam keadaan susah atau apapun selalu tekun mengatasinya(Rm5:4) karena andalkan Tuhan, lakukan yang terbaik maka anda akan ditunjukkan jalan yang lebih utama lagi.

Mohon kesediaanmu, doakan kepada yang memerlukan supaya mereka mencari jalan yang terbaik maka Tuhan akan memberi yang lebih utama.

Mohon kesediaanmu, agar doakan kepada mereka yang sedang mencari jalan yang terbaiksupaya Tuhan memberi yang lebih utama.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

1Kor.12:31
Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama, dan aku menunjukan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.

Kej.2:7
Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi mahluk yang hidup.

Ul.30:19
Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kemhidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu.

Yer.29:11
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada padaKu mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

1Kor.12:11
Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendakiNya.

Yes.48:18             
Sekiranya engkau memperhatikan perintah-perintahKu, maka damai sejahteramu akan seperti sungai yang tidak pernah kering, dan kebahagiaanmu akan terus berlimpah seperti gelombang-gelombang laut yang tidak pernah berhenti.

1Raj.3:14
Dan jika engkau hidup menurut jalan yang  Kutunjukkan dan tetap mengikuti segala ketetapan dan perintahKu, sama seperti ayahmu Daud, maka Aku akan memperpanjang umurmu.

1Raj.9:6-7
6-Tetapi jika kamu ini dan anak-anakmu berbalik dari padaKu dan tidak berpegang pada segala perintah dan ketetapanKu yang telah Kuberikan kepadamu, dan pergi beribadah keada alah lain dan sujud menyembah kepadanya,
7-maka Aku akan melenyapkan orang Israel dari atas tanah yang telah Kuberikan kepada mereka, dan rumah yang telah Kukuduskan bagi namaKu itu, akan Kubuang dari hadapanKu, maka Israel akan menjadi kiasan dan sindiran di antara segala bangsa.

1Raj.11:9
Sebab itu Tuhan menunjukkan murkaNya kepada Salomo,sebab hatinya telah menyimpang dari pada Tuhan, Allah Israel, yang telah dua kali menampakkan diri kepadanya.

1Raj.11:12
Hanya, pada waktu hidupmu ini Aku belum mau melakukannya oleh karena Daud, ayahmu; dari tangan anakmulah Aku akan mengoyakkannya. (Negara Israel)

Kis.8:3  
Tetapi Saulus berusaha membinasakan jemaat itu dan ia memasuki rumah demi rumah dan menyeret laki-laki dan perempuan ke luar dan menyerahkan mereka untuk dimasukkan ke dalam penjara.

Gal.1:11-17          Bagaimana Paulus menjadi rasul

Ams.3:5
Percayalah kepada Tuhan dengen segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Luk.11:13
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepadaNya

Rm.5:2,4              
2-Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini, di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.
4-dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbukan pengharapan. Stop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar