Kamis, 24 Desember 2015

Campur tangan Tuhan untuk ikuti pilihanNya, yang adalah lebih baik.

 Latar belakang

Jalan kehidupan setiap manusia ditentukan a.l. oleh pilihan-bebasnya sendiri, yang diberikan Tuhan sewaktu Dia menciptakn mereka(Kej2:7). Namun kehidupan siapapun bisa di-intervensi Tuhan, dan yang pasti akan lebih baik.

Materi yang di sharing, sesuai topic.

1--Kehendak Tuhan supaya manusia berpartisipasi.
Tuhan menciptakan manusia untuk berpartisipasi dalam rancanganNya(Yes.14:24), berupa:  
a-Yang sangat nyata adalah, beranakcucu untuk penuhi bumi.
b-Menerima kuasa untuk mengatur semua hewan di bumi(Kej.1:26).
c-Memelihara tempat dimana mereka berada(Kej.2:15)

Selain itu setiap manusia mempunyai sifat yang berbeda dengan manusia lainnya, namun mempunyai kesamaan, yaitu; berusaha sesuai kehendaknya sendiri-sendiri untuk mencoba, sehingga bisa mencapai kehidupannya yang lebih baik.

2--Setiap orang merancang kehidupannya sendiri-sendiri
Karenanya semua orang merancang kehidupan masa depannya, berupa; rencana, cita-cita dan arah hidupnya, sehingga mereka berusaha secara tekun untuk mencapainya, a.l.:    
a--Melalui pendidikan, aplikasi pengetahuannya, pengembangan etika & moral, pergaulan, mencari pasangan hidup yang cocok, bina keluarga supaya lebih harmonis, dll. yang semuanya untuk kehidupan yang lebih baik.
b-Meningkatkan kualitas ber-rohani.

3--Kehidupan siapa saja, bisa diintervensi Tuhan.
Namun manusia tidak bisa sampai pada, suatu pengertian dan apalagi proses dari aplikasi rencanaNya Tuhan, seperti yang ada dalam rancanganNya, misalnya; yang telah tersedia sebelum manusia diciptakan di bumi ini(1Kor.2:7).
Jadi segala usahamu di (aa) bisa terjadi perubahan yang sangat besar, bahkan berbeda dan berlainan sama sekali, sehingga menyimpang dari angan-anganmu sebelumnya, yang tidak terbayangkan olehmu apa yang akan terjadi(1Kor.2:9). Namun dampak intervensiNya adalah baik.
Contoh:  
Abraham.
Tuhan tawarkan Abraham untuk partisipasi dalam rancanganNya, yaitu meninggalkan tanah-kelahirannya menuju suatu tempat yang tidak diketahui kemana dia akan pergi, namun dia menerimanya dan patuh, yang akhirnya keturunannya seperti pasar dan bintang banyaknya.
Yusuf.
Sebagai budak dia setia pada atasannya dan selalu membantu orang, sehingga bisa menjadi orang kedua dipemerintahan Mesir, untuk mengatasi tujuh tahun kelaparan serta kesinambungan turunan Abraham.
Musa.
Setelah 40 Tahun mengembala ternak, maka Musa ditugaskan Tuhan untuk menjadi pemimpin bangsa Israel, yang membawa mereka keluar dari perbudakan untuk kembali ke tanah terjanjinya.
Daud.
Sjak kecil sebagai gembala ternak, tapi dia taat dan berlatih, sehingga bisa kalahkan raksasa Goliat, dan kemudian diangkat menjadi raja Israel yang dampaknya berpengaruh dan luas wilayahnya bertambah.
Maria.
Maria menerima tawaran Tuhan, untuk melahirkan Yesus sebagai Anak Allah, sehingga Yesus akan mencari dan membawa orang berdosa kepada kebenaran dan jalan menuju Allah dan kehidupan. Semuanya itu berdampak untuk kebaikan manusia.

4-Siapkah anda bila di-intervensi?
Kehidupan setiap orang bisa dipakai Tuhan, untuk masuk dalam rancanganNya dan melakukan apa yang Dia kehendaki. Pertanyaannya, siapkah anda dintervensi?. Persyaratannya bisa dilalui oleh semua manusia, namun semuanya tergantung dari pilihanmu, a.l.:
a-Tinggalkan dosa-dosamu dan cari dan ikutilah ajaran Yesus.
b-Selalu setia pada Yesus, caranya jiwailah dan lakukan KASIH(1Kor.13:4-8)
c-Cara beriman ditujukan hanya kepada Yesus.
d-Taat dan tekun dalam pekerjaan apa saja yang anda lakukan.

Kesimpulan
Intervensi Tuhan dalam kehidupan manusia adalah sesuai rancanganNya yang berdampak baik untuk kehidupan manusia. Karenanya terimalah intervensiNya dan ikutilah kehendakNya, dan jangan keraskan hatimu(Ibr.3:7-8), karena mungkin anda yang terpilih. 

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Kej.2:7
Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Yes.14:24
Tuhan semesta alam telah bersumpah, firmanNya: “Sesungguhnya seperti yang Kumaksud, demikianlah akan terjadi dan seperti yang Kurancang demikianlah akan terlaksana”

Kej.1:26
Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan dilaut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.

Kej.2:15
Tuhan Allah mengambil manusia itu dan menempatkannyua dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.

1Kor.2:7
Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.

1Kor.2:9
Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia:

1Kor.13:4-8
4-Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
5-Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
6-Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.
7-Ia menutui segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.
8-Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

Ibr.3:7-8
7-Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: “ pada hari ini, jika kamu mendengar suaraNya,
8-janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar