Sabtu, 12 Desember 2015

Jagalah Iman anda.

Latar belakang

Kehidupan setiap-orang bisa berada diatas namun bisa juga menurun, maka demikianpun bisa terjadi pada imanmu. Oleh karenanya jagalah iman-mu supaya tetap baik(Yud.1:3), bahkan bertambah murni.
  
Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Iman

Dalam pembahasan ini, kami beranggapan bahwa anda telah mendengar mengenai iman, yang a.l.:
a-Apa itu iman(Ibr.11:1)
b-Iman itu timbul dari pendengaran(Rm10:17)
c-Iman-mu tertuju kepada Yesus(1Ptr.1:21).
d-Merupakan suatu ketekunan dan perjuangan panjang untuk mencapai keyakinanmu hingga terwujud(misalnya: ingin jadi bankir), namun dalam hal ini, selalu berada dalam koridor beriman dan melakukan peraturan-peraturan hukum-Kasih (Mat.22:37-40). Dan-lain-lain.

Setiap orang yang ingin dan berusaha mencari Yesus, pasti pada suatu saat akan mengetahui bahwa pertumbuhan imannya diperlukan yang tertuju hanya kepada Yesus. Dan sejauh mana iman-mereka menjadi dasar kehidupannya, itu tergantung pada pertimbangan pribadi masing-masing. Namun bila mereka ingin hidup dan melakukannya sesuai kehendak Tuhan, maka wajarlah bila mereka akan berusaha melindungi (Yud.1:3) iman yang telah mereka tekuni, bahkan memurnikannya, baik secara sadar maupun tidak sadar. 

Iman-sebagai-angan-angan: Pemurnian iman hanya akan terjadi bila disertai perbuatan, karena iman tanpa perwujudannya(Yak.2:22), tidak akan ada artinya. Misalnya:
d--Katakan anda mempunyai suatu teori tapi tidak bisa dipraktekkan atau hanya disimpan-simpan, atau tidak bisa mewujudkan untuk kepentingan dirimu atau masyarakat, maka teorimu tidak ada gunanya.
e--Bila anda hanya berhayal untuk memperoleh sesuatu tapi tidak - berusaha dan/atau bekerja untuk membuat hingga jadi kenyataan. itu sama saja dengan tukang-mimpi di siang bolong.

Iman-yang-bertumbuh: Untuk mewujudkan pemurnian iman, maka anda harus tekun dan menyertainya dengan perbuatan hingga terwujud. Contohnya:
f--Seandainya, anda ingin menjadi seorang bankir yang professional, maka angan-anganmu harus dilengkapi dengan teori perbankan dalam hal ini anda harus belajar secara tekun(Rm.5:3-4) selama beberapa tahun, dan setiap jejang teori harus disertai dengan tanda kemahiranmu yaitu mengikuti ujuan teori dan prakteknya. Bila anda terus-menerus dapat melewati persyaratannya, maka pada suatu saat anda akan mencapai suatu tingkat professionalism dalam perbankan, yang anda idamkan.

Demikianlah setiap menurnian iman-mu diperlukan usaha dan cobaan!.

2--Cobaan yang yang bisa meruntuhkan pemurnian iman.
Biasanya iman disertai perbuatan, seperti dijelakan diatas, sebegitu gampangkah, seperti seketika anda ucapkan “iman apa perbuatannya” langsung terjadi perbuatannya! Bukan begitu. Karena anda akan alami banyak cobaan.
Contoh:
a--Dalam peneguhan pernikahanmu didepan pastor/pendeta, anda berdua berjanji hidup bersama dalam: senang dan susah, gembira dan menderita.
Namun setelah berjalannya waktu, istri/suami yang bekerja sehingga memperolah banyak uang. Katakanlah suami yang tergantung pada isterinya, maka sang isteri yang berkuasa atas uang itu mungkin saja mulai mendominasi lalu memperlihatkan kewenangannya. Sehingga memaksa kehendaknya supaya pasangannya turuti kemauannya atau kebebasannya dikekang, dll. Hal ini bisa terjadi keretakan antara suami-isteri karena tidak lagi menunjukkan iman mereka seperti janji yang semula didepan pastor/pendeta.
b--Belum bisa kendalikan hawa nafsumu yang saling bersaing didalam dirimu, sehingga anda terseret oleh keinginan nafsumu yang akhirnya berbuat serong/korupsi, dll.   

3-Jagalah imanmu
Jaga imanmu supaya selalu berperan dalam kehidupanmu, yang berawal dari, a.l.:
a--Keinginan diri sendiri karena mau mencari Tuhan dan tinggalkan dosa.
b--Dalam segala hal andalkan Tuhan, bukan pada kemampuanmu.
c--Tinggalkan motivasi buruk dan masa lalu yang tersembunyi.
d--Jiwailah serta aplikasikan hukum-kasih dalam kehidupanmu.


Kesimpulan

Tanamkahlah dalam pengertianmu bahwa selama perjalanan hidupanmu, supaya imanmu hanya tertuju kepada hukum-Kasih, dengan demikian anda akan terarah kepada kebenaran karena anda selalu melindungi imanmu.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Yud.1:3
Saudara-saudaraku yang kekasih, sementara aku bersungguh-sungguh berusaha menulis kepada kamu tentang keselamatan kita bersama, aku merasa terdorong untuk menulis ini kepada kamu dan menasehati kamu, supaya kamu tetap berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus.

Ibr.11:1
Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Rm.10:17
Jadi,  iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

1Ptr.1:21
Oleh Dialah kamu percaya kepada Allah, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakanNya, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kepada Allah.

Mat.22:37-40
37-Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengna segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38-Itulah hukum yang tertama danyang pertama.
39-Dan hukum yang dedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manjusia seperti dirimu sendiri.
40-Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi

Yak.2:22
Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

Rm.5:3-4
3-Dan bukan hanya itu saja, Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan iatu menimbulkan ketekunann,
4-dan kegtekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

Yak.4:1 nafsu saling bersaing dlm tubuh

Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuan di dalam tubuhmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar