Jumat, 11 Maret 2016

Wujudkan karunia yang diberikan kepadamu.

Latar belakang

Setiap manusia supaya wujudkan pemberian dari Tuhan untuk kebahagiaan(Yer.7:23) dirinya serta lingkungannya

Materi yang di sharing, sesuai topic

1---Karunia
(A)-Setiap manusia menerima kuasa dari Tuhan untuk mengambil bagian dari rancanganNya seperti yang ditegaskanNya di Kej.1:28 yaitu:
a-Beranakcucu untuk penuhi bumi,
b-Taklukkan bumi,
c-Diberi kuasa kepada manusia atas segala hewan di bumi.
d-Mengusahakan dan memeliharanya(Kej.2:15) tempat dimana mereka berada.

Dan semua ketegasan itu adalah untuk kepentingan generasi masa depan.

Tapi setelah manusia jatuh dalam dosa sehingga mereka tidak lagi memuliakan Tuhan, maka perlakuan Tuhan terhadap manusia tidak sama lagi seperti semula di taman Firdaus.

(B)-Namun Tuhan memberikan kasih karunia kepada semua manusia supaya bisa menyelamatkan hidup(Tit.2:11). Tapi ada juga karunia khusus yang diberikan Tuhan kepada siapa yang Dia kehendaki(Rm.9:15 dan Kel.33:19), karunia ini bisanya dipersiapkan sejak dini, yang akan berdampak luas karena membawa perubahan besar, misalnya:
a--Musa yang dipersiapkan Tuhan untuk memimpin umat Israel sebagai budak keluar dari mesir(Kel.1:1-Kel.40:38)
b--Nuh membuat kapal terbuat dari kayu dilereng gunung sehingga terapung sewaktu dunia dilanda banjir karenanya keluarga Nuh selamat dan beberapa pasangan hewan.
c--Rasul Paulus, Petrus, dll, yang menyebarkan injil sehingga memungkinkan orang sekarang ini lebih mengenal Yesus.

2---Mereka menerima tanggung-jawab yang diberikan Tuhan.
Dalam injil dikenal talenta(Mat.25:14-30), yaitu setelah anda dewasa atau pada usia tertentu, maka Tuhan akan memberi kepercayaan dan tanggung-jawab padamu untuk melakukan sesuatu sesuai kemampuanmu(Mat.25:15). Kepercayaan tsb berupa kegiatan yang diinginkan Tuhan supaya ter-realisasi melalui jerih payahmu, misalnya:

a--TBN(Trinity-Broadcasting-Network) di LosAngeles, mempunyai lebih dari 53 transponder di satelit, yang khusus untuk menyiarkan pelayanan injil keseluruh dunia. Dampaknya telah banyak orang menerima Yesus. Pendirinya Paul Crouch yang sekarang dilanjutkan oleh anaknya.
  
b--Demikian juga Einstein dengan teorinya-relativitas, Newton dengan gayagravitasi, BillGate dengan MicrosoftWidows, VonBraun meluncurkan roket pertama USA ke bulan, dan penemu-penemu lainnya

3—Kemungkinan anda yang menerima talenta, karenanya siap sedialah.
Regenerasi selalu terjadi di pemerintahan maupun swasta, dan sewaktu ada penemuan teknologi/system yang memerlukan orang yang cocok lakukan jabatan baru.

Dan Tuhan selalu menginginkan manusia berpartisipasi dalam rancanganNya. Regenerasi adalah bagian kecil dari rancanganNya, karena disitu imanmu akan diuji apakah terbukti bisa menyelesaikan semua kegiatan menurut kebijaksanaanmu atau hikmat(Luk.7:35) dari Tuhan. Sehingga apakah keyakinanmu telah teguh dan siap bila anda ditunjuk untuk:
a-Menduduki suatu jabatan karena alasan regenerasi?.
b-Menerima dan lakukan talenta (suatu-jabatan-talenta)?
c-Melakukan karunia-khusus seperti pekerjaan Musa, Nuh, dll?

4---Bisakah penerima karunia-khusus dan talenta di-hukum?
Setiap orang yang berdosa akan dihukum, misalnya:
a--Musa yang iman-nya sudah murni dan hubungannya dekat dengan Tuhan, pun dihukum. Karena secara tidak sengaja namun ber-emosi merefleksikan tingkah-lakunya yang tidak menghormati kekudusan Allah, berupa ucapan kasar “orang-durhaka” kepada Israel dan memukul batu-tebing dua-kali. Yang semuanya itu tidak disuruh Tuhan. Jadi Musa melanggar perintah Tuhan(Bil.20:8,10,12). Akibatnya tidak masuk tanah terjanji.
b--Hamba yang diberi kepercayaan oleh raja, tapi tidak mengusahkan talentanya, akhirnya dihukum(Mat.25:28,30).

5---TatentaNya diambil kembali dari orang yang malas.
Contohnya:
a--Paul-Crouch menerima tantangan melayani Yesus melalui satelit. Hasilnya silahkan search TBN di internet. Seandainya Paul pada waktu itu membangkang, maka pasti Tuhan akan mengambil dan serahkan tugas tsb kepada orang lain.
b--Siapa saja yang tidak manfaatkan talentanya karena kamalasannya, maka dengan sendirinya kemampuannya akan menurun. Sehingga lebih baik kepercayaan diambil kembali dan diberikan kepada orang lain yang menginginkan, yang mungkin adalah anda!   

Kesimpulan
Wujudkan karunia-kusus dan talenta yang diberikan kepadamu sehingga manusia merasakannya, bila bermalas-malasan maka itu akan diambil dari padamu dan diberikan kepada orang yang menginginkan.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :
Yer.7:23
Hanya yang berikut inilah yang telah Kuperintahkan kepda mereka: Dengarkalah suaraKu, maka Aku akan menjadi Allahmu dan kamu akan menjadi umatKu, dan ikutilah seluruh jalan yang Kuperintahkan kepdamu, supaya kamu berbahagia.

Kej.1:28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepda mereka;l: “Beranakacuculah dan bertambah banyak; penuhilah  bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala bingarang yang merayuap di bumi.

Kej.2:15
Tuhan Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya  dalam taman Eden untk mengusahakan dan memelihara taman itu.

Tit.2:11
Karena  kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata

Kel.33:19 ~ Rm.9:15
Tetapi firmanNya: “Aku akan melewatkan segenap kegemilanganKu dari depanmu dan menyerukan nama Tuhan di depanmu: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani”.

Kel.1:1---40:38           Exodus, Orang Israel keluar dari Mesir. Mohon di baca.

Mat.25:14-30              perumpamaan tentang talenta. Mohon dibaca

Mat.25:15
Yang  seorang diberikannya lima talenta, yang  seorang lagi dua dna yang seorang lain lagi saztu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat.

Luk.7:35
Tetapi hikmat dibenarkan oleh semua ornag yang menerimanya.

Bil.20:8
Ambillah tongkatmu itu dna engkau dan Harun, kakakmu, harus menyruh umat itu berkumpul; katakanlah di depan mata mereka keazda bukit batu itu supaya diberi airnya; demikianlah engkau menbgeluarkan air dri bukit batu itu bagi mereka dan memberi minum umat 8itu serta ternaknya.

Bil.20:10
Ketika Musa dan Harun telah mengumpulkan jemaah itu di depat bukit batu itu, berkatalah ia kepada mereka; “Dengarlah kepadaku, hai orang-orang durhata, apakah kamu harus mengeluarkan air bagimu dari bukit batu ini?”

Bil.20:12
Tetapi Tuhan berfirman kepada Musa dan Harun; “Karena kamu tidak percapa kepadaKU dan tidak menghormati kekudusanKu di depam mata orang Israel, itulah sebabnyua kamu tidak akan membawa jemaah ini masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepdea mereka”

Mat.25:28,30
28-Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepda orang yang mempunyai sepuluh talenta itu

30-Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap, Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar