Jumat, 14 Oktober 2016

Akal-budimu dapat diselubungi, sehingga kehidupanmu kacau.

Latar belakang

Akal-budi adalah sumber kehidupan(Ams.16:22) bagi manusia dan juga mendatangkan karunia, karenanya siapa saja bisa berusaha untuk memperoleh karunia yang paling utama bahkan mereka akan ditunjukkan jalan yang lebih utama lagi(1Kor.12:31).

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Akal-budi

Sesuai rancanganNya, maka Tuhan menciptakan bumi dan segala isinya yang adalah sempurna, termasuk segala jenis hewan yang ada di bumi, namun mahluk yang tertinggi nilainya adalah manusia.

Mengenai manusia, Tuhan yang menghembuskan nafas kehidupan kepadanya, sehingga mereka menjadi hidup(Kej.2:7). Maka saat itulah setiap organ manusia mulai berfungsi, dan sesuai berjalannya waktu, manusia jatuh dalam dosa. Namun Tuhan telah siapkan sarana agar manusia bisa kembali kepadaNya, a.l.:
Dia menaruh hukumNya dalam akal-budi manusia dan menuliskannya dalam hati mereka(Ibr.8:10).
Karena hukum yang terpenting adalah kasih, dan caranya melakukannya terhadap Tuhan(Mat.22:37-39) dan sesama manusia, lihat di (1Kor.13:4-8).
Hukum Kasih itu harus dijiwai dan ada realisasinya, yaitu melalui perbuatanmu. Karena bila tidak demikian maka sama saja seperti tong kosong yang nyaring bunyinya(Yak.2:20,22), tapi tidak ada perubahan untuk dirimu maupun terhadap orang lain.

2--Apa gunanya akal-budi

Dari uraian ayat-ayat dibawah1 ini maka akal-budi sangat berperan yang dalam mengarahkan kehidupan manusia agar mereka mendekat dan mencari kehendak Tuhan. Contoh ayat-ayat, sbb:
Menjauhi kejahatan itulah akal-budi(Ayb.28:28).
Orang bodoh mati karena kurang berakal-budi(Ams.10:21).
Akal-budi yang baik mendatangkan karunia(Ams.13:15).
Akal-budi adalah sumber kehidupan(Ams.16:22).
Siapa menghina sesamanya tidak berakal-budi(Ams.11:12).
Dengan akal-budiku aku melayani hukum Allah(Rm.7:26).
Dan-lain-lain.

3--Dosamu bersaing melawan akal-budimu.

Setiap orang mempunyai akal-budi supaya mereka bisa hidup baik(Ams.16:22) dan itulah keinginan semua orang. Namun keinginan duniawi pun sangat kuat dalam tubuhmu yang mempengaruhi beberapa organ tubuhmu(Rm.7:23), sehingga bila anda bertahan pada akal-budimu maka keinginan duniawi melalui berbagai godaan akan lewat. Tapi kalau keduniawianmu lebih dominan, maka anda akan memilihnya dan melakukannya. Contoh:
Hawa tergoda karena ingin kedudukannya seperti Tuhan, walaupun dia melanggar perintah Tuhan. Itulah godaan iblis dan ternyata Hawa terhanyut olehnya(Kej.3:5),

Jadi yang diperbuat iblis adalah bagaimana menyelubungi akal-sehatmu(2Kor.3:14), sehingga ada persaingan dalam tubuhmu. Agar anda terseret oleh berbagai godaannya, misalnya:
Banyak orang inginkan kedudukan duniawi apa saja dengan cara apapun, sehingga dia abaikan undang-undang, peraturan, dll, yang berhubungan dengan kepentingan umum. yang penting memuaskan kenikamatan diri sendiri walaupun rakyat menderita.

4--Bisakah akal-budimu diselubuni?
Akal-budimu sesuai butir-2, sangat penting untuk kehidupan manusia.
Namun kehendak-bebasmu juga sangat berperan. Kehendak-bebas inilah yang menentukan pilihan, sehingga Hawa menerima saran dari iblis walaupun melanggar perintah Tuhan.

Karena saran dari iblis sangat menarik hatinya, yaitu akan menjadi seperti Tuhan. Dan ternyata Hawa menerimanya, jadi disinilah akal-budimu mulai diselubungi, dengan berbagai bujukan yang tidak masuk diakal, itu hanya hayalan.

Untuk itu anda harus teguh sesuai akal-budimu, singkirkan keinginan yang tidak masuk akal. Bila anda anda sangat termotivasi karena sesuatu yag tidak masuk akal, maka selalu bersandarlah pada Tuhan, yaitu berdoa  dan mohon Dia membantumu. Maka Dia akan mengutus Roh untuk membantumu(Luk.11:13).

Kesimpulan

Akal-budi adalah sumber kehidupanmu, dan kendalikan kehendak bebasmu agar tidak mengarah kepada khayalan belaka. Karenanya selalu bersandar kepada Tuhan Yesusmu.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

PenulisEddyWarbung.


R e f e r e n s i  :

1Kondordansi Alkitab, 011185, © Kanisius 1978, Penerbit Kanisius, Jl Cempaka 9, Deresan, Yagyakarta55281, ISBN 978-979-413-426-9, cet ke-20, thn-12

Ams.16:22
Akal budi adalah sumber kehidupan bagi yang mempunyainya, tetapi siksaan bagi orang bodoh ilah kebodohannya.

1Kor.12:31
jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang leibh utama lagti.

Kej.2:7
Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup  de dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi mahluk yang hidup.
Ibr.8:10
Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, “demikianlah firman Tuhan: Aku akan menaruh hukumKu dalam akalbudi mereka dan menuliskannhya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu”

Mat.22:37-39
37-Jawab Yesus kepadanya “Kasihilah Tuhan, Allahmu,  dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38-Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
39-Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesemamu manusia seperti dirimu sendiri.

1Kor.13:4-8
4-Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahka diri dan tidak sombong.
5-Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri  Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
6-Ia tidak bersukacita karena ketidak-adilan, tetapi karena kebenaran.
7-Ia menutupi segala sesuatu , percaya segala sesutu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.
8-Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetauhan akan lenyap.

Yak.2:20,22
20—Hail manusia yang bebal, baukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?
22--Kamu liha, bahwa iman bekerjasama dengan perbvuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

Ayb.28:28
Tetapi kepada manusia Ia berfirman: Sesungguhnya, taku akan Tuhan, itulah hikmat, dan menjauhi kejahatan itulah akal budi.

Ams.10:21
Bibir orang benar menggembalakan banyak orang, tetapi orang bodoh mati karena kurang akal budi.

Ams.13:15
Akal budi yang baik mendatangkan karunia, tetapi jalan pengkhianat-pengkhianat mencelakaan mereka.

Ams.11:12
Siapa menghina sesamanya, tidak berakal budi, tetapi orang yang pandai, berdiam diri.

Rm.7:26
Jadi dengna akal budiku akau melayani hukum Allahm, tetapi dengan tubuh insaniku aku melayani hukum dosa.

Rm.7:23
Tetapi di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuan melawan hukum akal budiku dn membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada di  dalam anggta-anggota tubuhku.

2Kor.3:14
Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampa pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jia mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena hanuya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya.

Luk.11:13

Jadi jika kamu yang jahat tahu membveri pembverianyang baik kepada anak-anakmu, apalagiBapamu uyang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang menimtakepadaNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar