Sabtu, 26 November 2016

Mengenal dosa

Latar belakang

Banyak orang berusaha untuk menghindar dari dosa, namun mereka susah mengenal batas-batas dosa(Rm.3:20),  sehingga tanpa disadarinya, mereka telah masuk dan terus melangkah dalam ruang lingkup dosa sambil melakukannya.

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Hawa berbuat dosa.
Hawa sangat terangsang oleh godaan iblis, yaitu bahwa dia bisa jadi seperti Tuhan(Kej.3:5). Dan Hawa menerima godaan tsb, sehingga dia melangkah lebih jauh lagi dan melakukan godaan tsb, yaitu memakan buah yang ditawarkan iblis itu. Namun pada saat Hawa merealisasikan godaan tsb, maka akal budinya telah diselubungi iblis, sehingga dia tidak bisa perpikir jernih. Dan pada saat itu dia telah lupa bahwa Tuhan sudah memerintahkan kepadanya untuk jangan memakan buah tsb, karena kalau dia melakukannya berarti berbuat dosa, dan upah dosa adalah maut(Rm.6:23).

Dan setiap orang bisa mengalami godaan a.l. rangsangan yang indah-indah walaupun itu khayalan belaka, bahkan ingin telah berada dalam khayalan itu. Hal ini disebabkan, karena iblis telah berhasil menyelubungi(2Kor.3:14) akal-budi mereka dengan harapan yang fana, walaupun harus menabrak peraturan yang ada yang bisa menimbulkan kesengsaraan.

2--Mengenal dosa
Kesengsaraan akan selalu berada dalam kehidupanmu, karena diakibatkan oleh perbuatanmu sendiri yaitu melanggar perintah Allah, sehingga anda berdosa. Karenanya untuk bisa menghindar dari perbuatan dosa, maka sebaiknya marilah kita mengetahui dan mengenal apa itu dosa(Rm.7:7) seperti yang tertulis di hukum Taurat atau Sepuluh Perintah Allah(Kel.20:1-17), sbb:

A---Perintah 1 s/d 4 yang berhubungan antara manusia dengan Tuhan, Allah.
A1-Jangan ada padamu adalah lain di hadapanKu
A2-Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, Tuhan,
      Allahmu.
A3-Jangan menyebut nama Tuhan, Allahmu, dengan sembarangan.
A4-Kuduskanlah hari Sabat.

B---Perintah 5 s/d 10 yang berhubungan antara sesama manusia
B1-Hormatilah ayahmu dna ibumu.
B2-Jangan membunuh.
B3-Jangan berzinah.
B4-Jangan mencuri.
B5-Jangan mengucapkan saksi dusta
B6-Jangan mengingini apapun yang dipunyai sesamamu.

3--Dalam prektek sehari-hari.
Selama hidupnya seseorang, maka semua perbuatannya diperhadapkan dengan butir A dan B,  karena butir tsb bukan hanya pengajaran tetapi harus dihayati, dijiwai dan ada perbuatannya atau wujudnya(Yak.2:22). Sehingga cara menerapkan Sepuluh Perintah Allah dalam kehidupanmu sbb:
a--Bila anda hanya berat pada pengajarannya maka anda akan bersifat teoritis sehingga bisa fanatic.
b--Demikianpun kalau hanya memberatkan pada perbuatannya maka anda akan bersifat logika, dengan demikian dasar teorinya kurang.
c--Jadi butir a dan b supaya dilakukan bersamaan kapan saja dan dimana saja terhadap masalah apa saja.
d--Dalam menghadapi apa saja, maka anda harus menggabungkan a dan b, dalam arti menjiwainya, dengan seluruh tenagamu dan akal-budimu.

Contoh:
Seseorang tidak mencuri atau korupsi walaupun tidak ada yang mengetahuinya, bukan karena hanya adanya larangan seperti yang diperintahkan Allah.
Namun dengan adanya larangan itu maka anda mempelajarinya dan menyadari bahwa peraturan itu adalah benar sehingga anda menjiwainya.
Untuk menjiwainya, maka anda harus sediakan waktu, pikiran dan usahamu yang terus menerus supaya mengetahuinya, jadi diperlukan tenagamu. Dan atas dasar semuanya itu maka anda berinteraksi dengan siapa saja selama hidupmu.

Kesimpulan
Kenalilah dosa-dosa itu yang diuraikan dalam Sepuluh Perintah Allah, sehingga anda dapat menghidarinya demi kehidupanmu.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Rm.3:20
Sebab tidak seorang pun yang dapat dibenarkan di hadapan Allah oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.

Kej.3:5
Tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakanya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.

Rm.6:23
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

2Kor.3:14
Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya.

Rm.7:7
Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Apakah hukum Taurat itu dosa? Sekali-kali tidak! Sebaliknya, juistru oleh hukum Taurat aku telah mengenal dosa. Karena kau juga tidak tahu apa itu keinginan, kalau hukum Taurat tidak mengatakan: “Jangan mengingini!”

Kel.20:1-17                          Kesepuluh Firman (10 perintah Allah)

Yak.2:22

Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh  perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar