Minggu, 04 Desember 2016

Akal budi adalah sumber kehidupan(Ams.16:22)

Latar belakang

Setiap orang supaya memilih kehidupan yang sejahtera dimanapun dia berada(Yer.29:7) namun harus sesuai dengan akal budi yang jernih(Mzm.13:15) dan mempertahankannya.

Materi yang di sharing, sesuai topic

Manusia adalah sempurna karena Tuhan yang menciptakannya. Tapi setelah manusia jatuh dalam dosa karena keinginannya(Kej.3:5) yang terbentuk atas pengaruh godaan iblis, maka Tuhan menghalau mereka dari taman Firdaus. 

Namun demikian, Tuhan memberi kepada manusia bahkan menaruh dalam hatinya hukumNya serta menuliskannya dalam akal budinya(Ibr.8:10).

Akal budi menjauhi kejahatan.
Peranan akal budi dalam kehidupan manusia sangat penting, karenanya jagalah dia supaya tidak mengalami distorsi, selama anda masih beraktivitas dibumi ini dan Tuhan belum memanggilmu.

Telah banyak orang yang mengenal dosa karena adanya hukum Taurat(Rm.3:20), namun setiap saat  mereka berinteraksi dengan lingkungannya, bisa saja iman mereka terganggu sehingga dapat menimbulkan dosa. Tapi semuanya itu tergantung dari keinginan yang mereka pilih, seperti Hawa yang keinginannya terbentuk akibat pengaruh godaan iblis(Kej.3:5), yaitu bisa jadi seperti Tuhan.

Namun dengan keinginan-bebasmu yang berdasarkan perintah Tuhan dan akal budi yang tidak terselubung maka anda pasti dapat mengatasi segala hambatan berbentuk apa pun, sehingga terhindar dari segala bentuk dosa(Ayb.28:28) dan kejahatan, yang berarti bahwa anda tetap dalam rancangan Tuhan.
A--Contoh dari segala hambatan yang bisa mengakibatkan dosa, a.l.:
a--Godaan iblis terhadap pikiranmu, supaya anda menjadi berdosa lalu rusak. Misalnya raja Daud berselingku yang mengakibatkan adanya pertikaian memakai pedang dalam keturunannya(2Sam.12:10).
b--Cobaan Tuhan, sampai dimana imanmu kepadaNya. Bila gagal, maka cobaan lain akan anda hadapi lagi. Setiap orang menghadapi cobaan dalam bentuk apa saja namun tidak melebihi kemampuanmu(1Kor.10:13), demikianpun Yesus mengalaminya(Mat.4:1-11) sebelum dia mengabarkan Kerajaan Allah.
d--Kebodohanmu sendiri(Ams.10:21), misalnya anda telah mengetahui untuk tidak menyetir mobil melawan arus lalu lintas, namun anda berbuat. Sehingga tabrakan tidak terelakkan, yang akibatnya anda terjepit dalam mobil sehingga patah tulang yang berakibatkan cacat.
e--Dll.

B--Contoh bahwa akal budi membawa kehidupan, a.l.
a--Akal budi yang baik mendatangkan karunia(Ams13:15).
Bila cara anda berpikir dan berbuat berdasarkan “firmanTuhan, atau tegasnya sepuluh perintah Allah”, maka itu artinya rasionalitas berpikir dan perbuatanmu telah mencakup pertimbangan hukum kasih. Dan hasilnya selalu diterima secara umum, masuk akal dan mendidik. Jadi anda telah mengalami peningkatan kualitas a.l. dalam iman.
 
Misalnya:
Sewaktu sekumpulan orang perhadapkan Yesus dengan terangkap-basahnya seorang perempuan karena dia berzinah(Yoh.8:3-11). Maka hukuman terhadap perempuan itu adalah dilempar batu hingga meninggal. Dan mereka ingin mengetahui apa yang akan diperbuat Yesus.
Lalu Yesus menjawab kepada mereka, bahwa yang tidak pernah berbuat dosa maka dialah yang pertama-tama melemparkankan batu kepada perempuan itu.
Namun jawaban ini, membuat sekumpulan orang ini kehilangan tingkah, sehingga satu persatu dari mereka itu meninggalkan perempuan tsb.
Dan kepada perempuan itu Yeus berkata, Aku tidak menghukum engkau, pergi dan jangan berbuat dosa lagi.

b--Mendengarkan teguran, memperoleh akal budi(Ams.15:32).
Siapa saja yang mengikuti bimbingan dan teguran orangtuanya dan mempertahankannya, maka itu merupakan bekal untuk kehidupan di masa mendatangnya. Dan umumnya yang tekun mempertahankan dan melaksanakan uturan-aturan itu secara positif, selalu berhasil dalam kehidupannya.

Kesimpulan
Dasarkanlah akal budimu pada petunjuk dan perintah Tuhan Allah, dan tetap berpikir dan lakukannya secara positif dalam menyelesaiakan kasus apa saja. Jangan biarkan keinginan duniawimu menyelubungi akalbudimu yang bisa membuyarkan hasil.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung


R e f e r e n s i  :

Ams.16:22
Akal budi adalah sumber kehidupan bagi yang mempunyainya, tetapi siksaan bagi orang bodoh ialah kebodohannya.

Yer.29:7
Usahakanla kesejahterraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adala kesejahteraanmu.

Ams.13:15
Akal budi yang baik mendatangkan karunia, tetapi jalan pengkhianat-penghianat mencelakakan mereka.

Kej.3:5
Tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.

Ibr.8:10
Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kamu Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman Tuhan. “Aku akan menaruh hukumKu dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu.

Rm.3:20
Sebab tidak seorang pun yang dapat di benarkan dihadapan Allah oleh karena melakukan Taurat, karena justru oleh hukum taurat orang mengenal dosa.

Ayb.28:28
Tetapi kepada manusia Ia berfirman: Sesungguhnya, takut akan Tuhan, itulah hikmat, dan menjauhi kejahatan itulah akal budi.

2Sam.12:10
Oleh sebab itu, pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya, karena engkau telah menghina Aku dan mengambil isteri Uria, orang Het itu, untuk menjadi isterimu.

1Kor.10:13
Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu, ada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Mat.4:1-11      Pencobaan di padang gurun.

Ams.10:21
Bibir orang benar menggembalakan banyak orang, tetapi orang bodoh mati karena kurang akal budi.

Yoh.8:3-11     Perempuan yang berzinah

Ams.15:32

Siapa mengabaikan didikan membuang dirinya sendiri, tetapi siapa mendengarkan teruguran, memperolah akal budi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar