Sabtu, 21 Januari 2017

Kesalahannya menyakitkan hatiku tapi aku pilih mengampuni

Latar belakang

Mengampuni kesalahan yang dilakukan orang lain terhadapmu adalah sesuatu yang memerlukan kemampuan mental untuk merelakan kesalahan tsb dihapus dari hatimu, karena Yesus mengatakan ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat(Luk.23:34)

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Tuhan mengampuni dosa, kecuali…
Setiap orang telah dan masih berbuat dosa dalam bentuk apapun, misalnya melanggar hukum Taurat, berupa; mencuri, sembah allah lain, dll. Namun bila mereka sadar akan perbuatannya, lalu mereka tinggalkan perbuatan itu, merendahkan diri, bertobat dan mencari Tuhan Allah(2Taw.7:14), maka Dia akan mendengar dan bisa memberikan pengampunan. Bahkan Dia bisa, tidak mengingat-ingat lagi; perbuatan dosa tsb, bahkan perbuatan masa lalumu yang buruk pun.

Jadi disini anda pribadi yang menentukan dan berusaha keluar dari segala perbuatan dosamu, namun juga secara proaktif menghindar sehingga tidak terjerat dosa lagi. Lalu ikuti dan lakukan peraturanNya sehingga Dia bisa memberikan pengampunan padamu. Contoh untuk dosa yang bisa dan tidak diampuni:
a-Hampir semua jenis dosa dan hujatan bisa diampuni(Mrk.3:28) Tuhan.
b-Yang tidak diampuni, bila anda menghujat Roh Kudus karena itu adalah perbuatan dosa yang kekal(Mrk3:29).

2--Bisakah anda mengampuni dosa orang lain yang telah menyakitkan hatimu?

(A)--Masih bisa mengampuni.
Bila terjadi saling interaksi dalam masalah apa saja, maka yang diharapkan oleh kedua belah pihak adalah respons yang positif, berupa: saling menguntungkan atau tidak berdampak buruk. Namun kalau terjadi salah pengertian sehingga secara tidak sengaja bisa melukai hatimu, maka walaupun sulit, tapi lambat laun anda bisa juga memaafkan kesalahannya karena anda mengetahui bahwa responsenya yang menyakitkan itu adalah tidak sengaja, jadi bisa dimaafkan. Karena demikianpun yang diajarkan Yesus padamu.

 (B)--Harus bisa mengampuni walaupun hatimu hancur.
Dalam kehidupan, sering terjadi hal-hal yang tidak diinginimu, misalnya sewaktu anda berusaha memajukan usahamu atau berjuang  meningkatkan karirmu, atau apa saja. Tapi dilain pihak, ada orang yang; iri, tidak mau melihat anda maju, merasa disaingi, maka secara sengaja mereka mencari berbagai alasan dan menuduhmu tanpa bukti bahkan menghadirkan saksi palsu(Mat.26:59), dengan maksud untuk melukai perasaanmu dan menggagalkan tujuanmu, dengan cara, a.l.:
a--Mentalmu diruntuhkan dengan cara hadirkan saksi palsu karena mereka sudah disuap.
b--Menyakiti fisikmu dengan cara melukai dan merusaknya.
c--Menghina harga dirimu sehingga orang-orang mempermalukanmu.
d--Mengambil bajumu sambil memukulmu.
e--Mempermalukanmu dengan cara dicambuk sambil dipaksa berjalan dan memikul beban, menuju tempat penghakiman. Dan sepanjang perjalanan itu, ditonton oleh banyak orang, kawanmu, keluargamu, sainganmu, para iri-hati, dll.

Mungkin anda berpendapat bahwa menghancurkan seseorang seperti butir a-e adalah sesuatu yang berlebihan. Tapi kenyataannya, hal itu pernah terjadi dan dialami oleh Yesus, namun Dia berkata kepada BapaNya, agar mengampuni orang-orang yang bersekongkol dan telah menyalibkan Dia(Luk.23:34), karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat. Dan pengorbanan Yesus ini adalah untuk kita semua.

Bayangkan kalau anda tidak bersalah tapi harus menanggung salah satu butir tsb, apa lagi semuanya itu! Tidak ada orang yang sanggup bertahan berdasarkan kemampuannya sendiri.

Namun, setiap orang dalam kehidupannya akan mengalami berbagai jenis tantangan hidup yang berlainan, walaupun ada juga yang menyakitkan hatinya. Karenanya ada kasus yang bisa anda terima tapi belum tentu diampuni, dan ada yang terus menerus anda pendam dalam hatimu, sehingga kebencianmu bertambah-tambah, bahkan dibawa mati, akhirnya anda tidak sempat lagi berkreasi.

Untuk itu semuanya, Yesus mengajarkan Kasih(Mat.22:37-40), untuk mengatasi segala sakit hati dll, karena kasih itu ada pada semua manusia. Tuhan telah menaruh dalam akalbudimu dan menuliskan dalam hatimu(Ibr.8:10). Karenanya manfaatkan pemberian Tuhan itu. sehingga anda bisa menikmati hidup, misalnya sewaktu berinteraksi, maka lakukan “segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka(Mat.7:12)

Jadi seberapa besar beban butir-butir tsb, walaupun hatimu sakit. Namun relakan semuanya itu berlalu melalui kasih(1Kor.13:4-8), karena kekuatan kasih itu ada pada semua manusia.

Kesimpulan

Apapun masalahnya yang terjadi padamu, maka ampunilah mereka yang berbuat padamu. Dan mengampuni bisa anda lakukan karena tidak berdasarkan kemampuanmu, tapi KASIH dan terus mengandalkan Tuhan dalam hidupmu. Sehingga hidupmu menyenangkan karena imanmu bisa tertuju kepada Yesus.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Luk.23”34
Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaianNya.

2Taw.7:14
Dan umatKu, yang atas namaKu disebut merendahkan diri, bedoa dan mencari wajahKu, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.

Luk.23:34
Yesus berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaianNya.

Mrk.3:28
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semuja hujat yang mereka ucapkan.

Mrk.3:29
Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal.

Mat.26:59
Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkama Agama mencari kesaksian palsu terhadap Yesus, supaya Ia dapat dihukum mati.

Mat.22:37-40
37-Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38-Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
39-Dan hukum yang  kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesemamu manusia seperti dirimu sendiri.
40-Pada kedua hukum inilah tergtantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Ibr.8:10
Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman Tuhan. Aku akan menaruh hukumKu dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu.

Mat.7:12
Segala sesuatu yang kamu kuhendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka, Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

1Kor.13:4-8
4-Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
5-Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain .
6-Ia tidak bersukacita karena ketidak-adilan, tetapi karena kebenaran.
7-Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menunggung segala sesuatu.

8-Kasih tidak berkesudahan nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar