Jumat, 13 Januari 2017

Pengertian S U N A T

Latar belakang

Sunat adalah baik  dan berguna jika orang mentaati hukum Taurat, tapi jika mereka melanggar hukum tsb, maka sunat tsb sama sekali tidak ada gunanya(Rm.2:25).

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Dari mana asalnya sunat?.
a--Dalam PL (Perjanjian Lama), sunat1 dikenal di antara bangsa-bangsa di Timur Tengah, meskipun tidak semua mengharuskan pemotongan seluruh kulit ujung penis laki-laki(Yer.9:25-26).
b--Dalam budaya Yahudi, sunat merupakan salah satu upacara yang dinilai sangat tinggi, yaitu; ketika seorang anak laki-laki dikukuhkan ke dalam perjanjian Abraham(Im.12:3).
c--Perjanjian sunat bekerja atas dasar rohani2(Kej.17:7), dan arti sunat dalam Yahudi berbeda dengan sunat di Mesir atau Negara Timur tengah lainnya

Arti sunat3  adalah penghilangan kulit ujung penis laki-laki, dengan cara memotongnya.

2--Hubungan antara sunat dan ketaatan.
Semua anak laki-laki Yahudi harus dipotong kulit khatannya dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Tuhan, Allah, dengan Israel(Kej.17:11). Bila diantara kamu ada yang tidak di sunat maka mereka harus dilenyapkan, karena mengingkari perjanjian itu(Kej.17:14). Isi perjanjian itu, a.l.:
a-Abraham menjadi bapak sejumlah besar bangsa-bangsa
b-Dari padanya akan berasal raja-raja.
c-Aku menjadi Allahmu serta Allah keturunanmu.
d-Kuberikan negeri Kanaan menjadi milikmu untuk selama-lamanya.
e-Dari pihakmu engkau dan keturunanmu harus berpegang pada perjanjianKu, untuk itu kamu harus disunat.

Namun sewaktu bangsa Israel tinggalkan Mesir dan menuju tanah terjanji melalui gurun pasir, maka mereka mulai bersungut-sungut bahkan ada yang menentang Allah karena terbatasnya air minum, dll. Selain itu bangsa Israel juga sudah hidup tidak tertib dan omongan mereka sudah menyesatkan pikiran(Tit.1:10), sehingga Tuhan menghabiskan generasi ini di gurun pasir(Bil.14:34-35).

Jadi, disini Allah menekankan hubungan antara sunat dan ketaatan(Yer.4:4). Sehingga bukan sunat secara kodrati yang diutamakan tapi hatimulah yang disunat(Ul.10:16 dan Rm.2:29). Karena bersunat tetapi tidak mentaati hukum Taurat berarti sama sekali tidak ada gunanya(Rm.2:25).

3--Bersunat dalam kehidupan sekarang.
Banyak orang Kristen melakukan sunat, namun itu hanya ditinjau dari segi kesehatan. Jadi bukan menganggap dirinya keturunan Abraham secara kodrati demikianpun sesuai perjanjian Abraham dengan Tuhan.
Karena mereka menyadari bahwa bersunat atau tidak, itu semuanya tidak ada gunanya. Yang penting hatimulah yang disunat, jadi berbuatlah secara rohani. Agar bisa mengikuti kehendakNya. Karena sunat tanpa perbuatan hukum Taurat tidak ada gunanya, dan hal semacam inilah yang sering terlihat sekarang, contoh:
a--Kenyataan, banyak orang yang bersunat atau tidak, apapun profesinya, sudah melakukan hal-hal yang melawan hukum Taurat, bahkan mereka tidak segan-segan menyaksikan dampak penderitaan masyarakat atas perbuatannya. Misalnya: penggelapan pajak, beberapa makanan dicampur dengan borax, formalin, dll.
b--hari-hari ini ada orang yang bertindak sebagai pembawa suara kebenaran, namun mereka sebetulnya adalah guru-palsu yang membujuk orang supaya menjadi pembom-bunuh-diri. Bila diperhatikan kalimatnya, maka anda akan menemukan beberapa pertentangan dalam kalimatnya dan demikianpun dalam perbuatannya. Dll.

Namun semua perbuatan dari bersunat atau tidak, yang penting bersandarlah dan andalkan Yesus sebagai juru selamat, maka anda maupun lingkunganmu akan berada pada sisi yang benar.

Kesimpulan
Pengertian sunat sekarang ini agak kabur, namun perbuatan yang bersifat kebenaran tidak tergantung dari bersunat atau tidak. Karenanya dalam hal apapun supaya selalu andalkan Yesus dan lakukan semua apa yang telah Dia perintahakan padamu untuk kepentingan bersama(Mat.28:20).

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

Referensi :

Rm.2:25
Sunat memang ada gunanya, jika engkau mentaati hukum Taurat; tetapi ketika engkau melanggar hukum Taurat, maka sunatmu tidak ada lagi gunanya.

1 dan 3 Kamus Alkitab, Browning WRF, diterjemahkan oleh Dr Liem Khiem Yang, Bambang Subandriyo, MTh, ISBN 978-979-687-393-7, cet ke-5 thn 2010, Hal-424.

Yer.9:25-26
25-lihat, waktunya akan datang, demikianlah firman Tuhan, bahwa Aku menghukum orang-orang yang telah bersunat kulit khatannya,
26-orang Mesir, orang Yehuda, orang Edom, bani Amon, orang Moab dan semua orang yang berpotong tepi rambutnya berkeliling, orang-orang yang diam di padang gurung, sebab segala bangsa tidak bersunat dan segenap kaum Israel tidak bersunat hatinya

Im.12:3
Dan pada hari yang kedelapan haruslah dikerat daging kulit khatan anak itu

2Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, jld 2, ISBN-978-602-8009-34-8, cet ke-10 thn Juli 2011, hal-427.

Kej.17:7
Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.

Kej.17:11
Haruslah dikerat kulit khatanmnu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.

Kej.17:14
Dan orang yang tidak disunat, yakni laki-laki yang tidak dikerat kulit khatannya, maka orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya: ia telah mengingkari perjanjianKu

Tit.1:10
Karena sudah banyak orang hidup tidak tertib, terutama di antara mereka yang perpegang pada hukum sunat, dengan omongan yang sia-sia mereka menyesatkan pikiran.

Bil14:34-35
34--Sesuai dengan jumlah hari yang kamu mengintai negeri itu, yakni empat puluh hari, satu hari dihitung satu tahun, jadi empat puluh tahun lamanya kamu harus menanggung akibat kesalahanmu, supaya kamu tahu rasanya, jika Aku berbalik dari padamu.
35--Aku, Tuhan, yang berkata demikian, sesungguhnya Aku akan melakukan semuanya itu kepada segenap umat yang jahat ini yang telah bersepakat melawan Aku. Di padang gurun ini mereka akan habis dan disinilah mereka akan mati.

Yer.4:4
Sunatlah dirimu bagi Tuhan, dan jauhkanlah kulit khatan hatimu, hai orang Yehuda dan penduduk Yerusalem, supaya jangan murkaKu mengamuk seperti api, dan menyala-nyala dengan tidak ada yang memadamkan, oleh karena perbuatan-perbuatanmu yang jahat.

Ul.10:16
Sebab itu sunatlah hatimu dan jangan lah lagi kamu tegar tengkuk.

Rm.2:28-29
28-Sebab yang disebut Yahudi bukakanlah orang yang lahiriah Yahudi, dan yang disebut sunat, bukanlah sunat yang dilangsungkan secara lahiriah.
29-Tetapi orang Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani, bukan secara hurufiah, Maka pujian baginya datang bukan dari manusia, melainkan dari Allah.

Rm.2:25
Sunat memang ada gunanya, jika engkau mentaati hukum Taurat; tetapi jika engkau melanggar hukum Taurat, maka sunatmu tidak ada lagi gunanya.

Mat.28:20
Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan keadamu, dan ketahuilah, Aku menyhertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar