Minggu, 19 Maret 2017

Daging dan Roh mempunyai keinginan yang berlawanan(Gal.5:17).

Latar belakang

Dalam manusia ada tubuh, roh dan jiwa(1Tes.5:23). Namun tubuh atau disebut kedagingan adalah keinginan mata(1Yoh.2:16), sehingga mempunyai keinginan yang berlawanan dengan rohmu(Gal.5:17).

Materi yang di sharing, sesuai topic

Tuhan menuip nafas kehidupan melalui hidung dari “sesuatu yang berbentuk manusia, yang masih dari tanah debu”, sehingga menjadi mahluk yang hidup(Kej.2:7). Karena pada saat tsb Tuhan telah memberikan kepadamu, yaitu: tubuh atau daging, roh dan jiwa. Namun, Roh dan jiwa tsb berdiam di dalam tubuhmu(1Tes.5:23).  

1--Tubuh
Dalam perjalanan hidup manusia, setiap orang mempunyai tujuan yang adalah memenuhi keinginannya agar terwujud, sehingga hidupnya bisa merasa lebih baik, apalagi untuk menikmati hal-hal yang istimewa.
Keinginan itu berawal dari hati, dilanjutkan dengan pikiran yang akan mengelolanya, lalu bagian anggota tubuhmu yang didukung oleh tubuh secara keseluruhan, yang akan berusaha untuk mewujudkan keinginan tsb, dan ini adalah hal yang selalu bersifat positif(2Sam.7:3) .
Kenikmatan ini berbeda-beda untuk setiap manusia. Namun sewaktu anda berhasil mewujudkannya, maka yang menikmati adalah tubuhmu atau kedaginganmu.

Setiap organ yang adalah bagian di dalam tubuhmu mempunyai tugas masing-masing, namun saling mendukung untuk berbuat sesuai perintah oleh pikiranmu dan gerakan refleksimu, karenanya tubuhmu akan, antara lain:
(A)--Hal bersifat positif
a--Merasa berbagai hal, misalnya: lelah, stress, bergembira, sedih, kecewa, emosi, dll.
b--Mengalami berbagai hal, misalnya: patah lengan sehingga memerlukan waktu untuk penyembuhan, kecemasan saat kapal akan karam, ketegangan saat terjun payung, saat melompat bungee jumping, dll.
c--Mengikuti kemana kehendakmu, misalnya: naik pesawat, berlibur, ke luar negeri, daki gunung, menyelam sekitar pulau Raja Ampat, jelajah kutub utara, dll.
d--Lakukan gerakan refleksimu, bila rumah gedung kantormu terbakar, secara otomatis tanpa berpikir anda menyelamatkan diri. Bukan berpikir-pikir mau berbuat apa.
e--Berbuat pekerjaan yang bersifat fisik dan intelegensia, misalnya: di laboratorium, merakit mobil, membuat pesawat terbang, kapal laut, robot, anjungan minyak, dll.
f--Dalam masalah sex, maka yang menikmati adalah kedaginganmu. Namun bila sex itu timbul dari kasih antara pria dan wanita yang akan bersatu sebagai suami istri, sehingga memperoleh keturunan maka itulah tujuannya.

(B)--Negative
Apakah tubuhmu dalam hal ini kedaginganmu dapat berbuat hal yang negative? Bisa, karena semua keinginan yang bersifat jahat atau baik, timbul dari dalam hatimu(Mrk.7:2). Lalu pikiranmu mulai mengkaji dan akhirnya tubuhmu yang akan merealisasikannya. Perbuatan buruk itu bisa berkualitas dari yang tidak ada artinya sampai sesuatu yang sangat merusak, misalnya:
a--Kakimu secara tidak mengaja menginjak buku seseorang yang terjatuh.
b--Tangan dan kakimu yang kendalikan/menetir mobi secara sengaja menabrak tembok.
c--Matamu tertarik untuk memiliki mobil sehingga timbul keinginan dalam hati utk miliki walaupun harus berkorpsi(1Yoh.2:16).
d--Dengan mulut dan lidahmu anda mengucapkan kata-kata kotor.
e--Tanganmu berlumuran darah karena membunuh.
f--Ketidak mampuan mengendalikan diri karena dunia menawarkan berbakai kenikmatan sehingga tubuhmu mengikuti walaupun belum mampu.
g--Dengan tubuhmu anda berzinah dan lakukan percabulan, karena tutuntutan keinginanmu yang susah anda bendung, dll

(C )--Yang diharapkan
Seperti penjelasan diatas (A) dan (B), maka tubuhmu juga bisa melakukan pekerjaan Tuhan, karena Roh Kudus berdiam didalam tubuhmu yang diberikan oleh Allah(1Kor.6:19), sehingga dengan tubuhmu, yang terdiri atas badan atau daging, jiwa dan Roh, bisa melakukan, sbb:
a--Muliakan nama Tuhan.
b--Mewartakan Injil(Mat.28:20).
c--Kehendak Tuhan.


2--Mengendalikan kedagingan.
Seharusnya setiap orang bisa kendalikan kedagingannya, karena Roh kudus berdiam dalam tubuhmu. Namun harus waspada, agar pikiranmu tidak menjadi tumpul karena telah  diselubungi(2Kor3:14) oleh keinginan yang berlebihan. Sehingga anda abaikan saran-saran dari Roh Kudus. Karenanya:
a--Bersandar pada Tuhan
b--Bergaul dengan lingkungan yang positif dan benar.
c--Selalu mempermurnikan imanmu.
d--Selalu berakar pada kasih dan refliksikan dalam perbuatannya.

Kesimpulan
Kedagingan yang merefleksikan keinginan yang timbul dari hatimu, selalu merupakan hal yang negative yang bertentangan dengan Roh. Namun dengan ketaatan pada Tuhan dan melakukan hukum kasih serta bersandar padanya, bisa mengendalikan keinginan yang negative yang timbul.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

1Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, cet ke-sebelas, April 2011, ISBN 978-602-8009-33-1, Hal-371 kolom-1 bagian atas.

2Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, cet ke-sebelas, April 2011, ISBN 978-602-8009-33-1, Hal-370 kolom-2 bagian bawah.

Gal.5:17
Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging – karena keduanya bertentangan - sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.

1Tes.5:23
Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubhmu terpelihara sempurna dengan tak  bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

1Yoh.2:16
Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

1Yoh.2:17
Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya

Kej.2:7
Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi mahluk yang hidup.

1Yoh.2:16
Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

1Kor.6:19
Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, - dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

Mat.28:20
Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman

2Kor.3:14

Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetgap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lamai itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristrus saja yang dapat menyingkapkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar