Sabtu, 04 Maret 2017

Setiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri(Yak.1:14).

Latar belakang

Setiap orang berkeinginan untuk maju dalam kehidupannya. Karenanya dia akan berusaha supaya bisa memperolehnya. Namun untuk itu dia harus mempersiapkan diri dan kerja keras agar bisa mewujudkan keinginannya, walaupun mengalami berbagai cobaan, a.l. tantangan, menguji, dll.

Materi yang di sharing, sesuai topic

Setiap orang mengingini yang terbaik untuk dirinya, jadi bukan mengingini suatu keburukan untuk kehidupannya. Sehingga mereka selalu mengingini lalu berusaha untuk memperoleh karunia-karunia yang paling tinggi, maka Tuhan juga akan menunjukkan jalan untuk lebih tercapai keberhasilannya(1Kor.12:31).  Dan suatu kenyataan bahwa perkembangan teknologi, ekonomi, budaya, dll, telah berlangsung di dunia ini, dengan maksud untuk mempermudah dan meningkaktkan kualitas kehidupan manusia, bila digunakan sebagaimana tujuannya.

1--Keinginan .
Keinginan merupakan suatu daya yang sangat kuat, karena seluruh fisikmu, kepribadianmu dan pikiranmu akan terlibat dalam usaha untuk mewujudkannya(Yak.2:22). Namun keinginan itu harus bisa anda kendalikan. Yang mana terdiri atas, yaitu:
a---Keinginan positif.
Semua keinginan yang kuat (bah. Yunani, epithumia) akan merupakan suatu dorongan, apalagi yang bersifat positif(2Sam.7:3), maka Tuhan akan menyertaimu, contoh: karena anda  berkeinginan dan berketetapan hati harus terlaksana ideamu, sehingga orang akan mengetahui bahwa anda sedang dalam proses untuk mewujudkan suatu produkmu(1Kor.12:31). Misalnya, Steven Job yang berhasil membuat IPhone yang pertama serta berkualitas.
b---Keinginan negative,
Keinginan yang sangat kuat yang motivasinya untuk kepentingan sendiri, misalnya keinginan untuk berkekuasa dengan cara apapun, korupsi, dll, sehingga mengarah kepada hal-hal negative, lalu anda terbuai dan larut dalam imaginasi. Namun anda berusaha untuk mewujudkan keinginan yang negative tsb. dan hasilnya bisa mengecewakan dirimu bahkan bisa juga masyarakat umum. Misalnya, perbuatan Hitler sehingga terjadinya perang dunia ke-2, akibatnya berjuta-juta orang meninggal dan penderitaan social, ekonomi dll. contoh lainnya:  
ba--Keinginan Hawa terpicu oleh iblis, karena bujukannya bahwa Hawa akan menjadi seperti Tuhan, bila memakan buah dari pohon yang ditengah-tengah itu(Kej.3:5). Namun karena perbuatan itulah maka Tuhan menghalau mereka dari taman Firdaus.
bb-Tidak boleh ingini hal yang negative.
keinginan jenis ini yang dilarang, seperti yang tertera di Sepuluh Perintah Tuhan(Kel.20:17)

2--Cobaan:
Cobaan, bisa berarti positif, karena untuk menguji sampai dimana kemampuanmu(Rm.5:3-4), namun ada juga yang negative(Kej.3:5), yaitu untuk menjatuhkanmu.

Biasanya, cobaan mulai muncul setelah keinginanmu atau buah pikiranmu timbul. Namun ada godaan yang bukan dari keinginanmu, tapi anda menyukainya, maka keinginanmu bisa timbul belakangan atau bisa bersamaan dengan cobaan itu. dan berapa saat kemudian baru mewujudkan dalam perbuatan. Bahkan selama process mewujudkan atau merealisasikannya keinginanmu selalu disertai cobaan. Cobaan ini bisa berupa berbagai tantangan, a.l:

a--Akan timbul suatu pikiran yang menyimpang sehingga perbuatannya berbeda pula, yang maksudnya untuk menghalangi buah pikiran aslimu dan/atau sewaktu memprosesnya.
b--Keinginan untuk tidak: taat, jujur, setia, dll.
c--Adanya hambatan pribadimu, manfaatkan kesempatan untuk diri sendiri, bujukan dalam arti negatif, dll.
d--yang dihendaki Tuhan untuk mengetaui ketaatanmu, dll.
    
Contoh:
a-a-Keinginan Hawa terpicu oleh iblis, karena bujukannya bahwa Hawa akan menjadi seperti Tuhan, bila memakan buah dari pohon yang ditengah-tengah itu(Kej.3:5). Namun karena perbuatan itulah maka Tuhan menghalau mereka dari taman Firdaus.
b-b-Beberapa suku Israel tidak menghalau penduduk setempat sewaktu mereka merebut tanah atau wilayah tsb, bahkan tidak merobohkan mezbah berhala dari penduduk setempat(Hak.2:3). Sehingga dengan perantaraan penduduk setempat itu, Tuhan akan mencobai bangsa Israel(Hak.2:22), apakah mereka setia atau tidak.
 
3--Keinginan dan cobaan pada zaman sekarang.
Sadar atau tidak, setiap langkahmu selalu ada positif namun juga negative. karenanya setiap saat anda mengingini, maka disitu sudah mulai ada cobaan.

A--Sebetulnya yang membuat keinginan adalah anda sendiri, misalnya: ingin baju baru, HP Apple, berwisata, dll. Sehingga anda mulai menyusun rencana dan cara untuk mencapainya, maka pada saat itu juga mulai ada cobaan atau tantangan. Bila anda berhasil melewati tantangan itu maka anda akan menikmati perwujudan itu. Bila tidak berhasil maka tantangan itu telah menyeretmu hingga gagal.  Jadi pencobaan itu timbul karena keinginanmu, bukan oleh siapa-siapa.

B--Tapi ada juga cobaan yang timbul karena Tuhan mau mengetahui berbagai hal darimu, misalnya, apakah anda:
a-Setia dan tetap melakukan hukum Kasih.
b-Bisa kendali emosi, mengingat Tuhan menyertaimu. Dalam hal ini Musa gagal. 
c-Percaya akan kelahiran kembali.
d-Tidak tergoda karena sebagai pejabat mingkin ada kesempatan untuk korupsi.
e-Tidak mampu dan tidak tergoda dengan berbagai tawaran kemewahan dan kenimkatan.
            f-Tidak terjebak dalam consumerisme. Dll.

C--Ada juga cobaan dari iblis, misalnya menggoda Hawa


Kesimpulan
Setiap orang menghendaki kemajuan dalam kehidupannya a.l. melalui keinginannya yang bisa dia wujudkan, namun keinginan itu selalu disertai dengan cobaan(2-a,b,c,d), oleh karenanya supaya anda selalu percaya dan andalkan Tuhan(Ams3:5) dalam setiap langkah kehiduapnmu, agar cobaan itu bisa berkurang.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.


Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Yak.1:14
Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keingiannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnhya.

1Kor.12:31
Jadi berusahalah unatuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama, Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.

Yak.2:22
Kamu lihat, bahwa iman bekerjasam dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

2Sam.7:3
Lalu berkatalah Natan kepada raja: “Baik, lakukanlah segala sesuatu yang dikandung hatimu,, sebab Tuhan menyertai engkau.

Kej.3:5
Tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.

Kel.20:17
Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, ztau lembunya atau keledainya, atau apapun yang dipunyai sesamamu.

Rm.5:3-4
3-Dan bukan hanya itu saja, kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan.
4-dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

Hak.2:3
Lagi Aku telah berfirman: Aku tidak akan menghalau orang-orang itu dari depanmu, tetapi mereka akan menjadi musuhmu dan segala allah mereka akan menjadi jerat bagimu.

Hak.2:22
Supaya dengan perantaraan bangsa-bangsa itu Aku mencobai orang Israel, apakah mereka tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan Tuhan, seperti yang dilakukan oleh nenek moyang mereka, atau tidak.

Ams.3:5
Percayalahg kepada Tuhan denggan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar