Jumat, 15 September 2017

Hidup oleh Roh.



Latar belakang

Keinginan dari Roh adalah hidup dan damai sejahtera(Rm.8:6b). Namun selama anda masih berada di dunia ini maka kehidupanmu sangat dipengaruhi oleh kedagingan yang bersifat duniawi(Rm.8:6a).

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Pengertian hidup oleh Roh.
Sesuai rancangan Tuhan, maka Dia menciptakan manusia(Kej.2:7) yang terdiri atas badan, jiwa dan roh(1Tes.5:23). Demikian pun manusia selama berkarya di bumi ini, akan tiba waktunya untuk meninggalkannya. Lalu badannya akan kembali ke asalnya yaitu berproses menjadi tanah, rohnya kembali ke Tuhan dan jiwanya akan menyertai segala perbuatannya(Why.14:13) kepada Tuhan.

Secara sederhana perbedaan antara:
Istilah roh dengan huruf kecil   “r”   à   roh,       ini adalah roh yang ada dalam manusia(Rm.8:15,
1Tes.5:23).
Istilah Roh dengan huruf besar  “R” à  Roh,       ini adalah Roh yang dari Tuhan(Rm.8:16).

Namun selama manusia hidup di bumi ini, maka yang kelihatan sangat dominan adalah badan atau tubuh yang hidup disertai dengan yang tidak kelihatan yaitu jiwamu dan rohmu. Tubuh ini yang bergerak untuk melakukan apa saja sesuai kehendakmu. Dia bisa bekerja yang sifatnya baik, misalnya: berdoa, menikamati makanan, memukul, memasak, merakit computer/ mobil, dll. dan demikian pun juga bisa berbuat yang buruk, misalnya: mencuri, korupsi, berzinah, dll

Peranan roh adalah memberikan input yang sifatnya benar kepada akal-budimu. Dan bila anda selalu mengandalkan Tuhan, maka sewaktu anda mengalami kesulitan, anda akan berdoa dan memohon kepada Tuhan untuk memperoleh kemampuan supaya bisa menyelesaikan kesulitan tsb. Disinilah Tuhan akan mengutus RohNya atau Roh Kudus(Luk.11:13) untuk memberi kamampuan agar anda bisa selesaikan masalahmu.

Namun ada juga orang yang akal budinya dipengaruhi oleh keinginan duniawi karena bujukan iblis, sehingga pikiran menjadi tumpul dan terselubung(2Kor.3:14), lalu mereka akan berbuat yang tidak sepatutnya, contoh: Hawa karena pikirannya digoda iblis, bahwa dia bisa menjadi seperti Tuhan(Kej.3:5), tapi akhirnya dihalau dari taman Firdaus.

2--Hidup dalam Roh.
Secara sederhana, bila anda ingin mengundang seseorang atau temanmu makan dirumahmu, maka yang pertama dari pihak anda adalah kerelaanmu untuk menerimanya dirumahmu, berikutnya persiapan hidangan yang akan anda sajikan kepada para tamumu..
Keralaanmu bisa timbul karena anda telah melalui suatu proses dan berinteraksi dengannya sehingga bisa mengetahui kepribadiannya dan merasa ada kecocokan.

Demikian pun, secara tidak sadar juga anda telah melakukan suatu proses dan berinteraksi dengan Tuhan, sehingga anda berani memohon bantuan kepadaNya atau minta Roh kudus ikut campur tangan dalam masalahmu atau kehidupanmu. Bila ini berlaku terus menerus, maka inilah yang disebut hidup dalam Roh. Dan proses persiapan tersebut antara lain, adalah:
a--Mengenal siapa itu Yesus. Dia adalah Anak Allah yang diutus oleh Tuhan(Yoh.17:18), ke dunia untuk mencari orang-orang yang berdosa supaya mereka ditebus dan bertobat lalu lakukan kehendakNya.
b--Mengetahui apa saja yang telah diperbuatNya. Dia memberi hukum Kasih(Mat.22:37-40) supaya anda bisa berhubungan langsung dengan Tuhan dan lakukan terhadap orang lain.
c--Lakukan perintah dan peraturanNya(Yoh.14:21).  

Bila melihat penjelasan diatas, maka “secara konsep” hidup dalam Roh adalah tidak susah, yang susah adalah mengaplikasikannya menjadi kenyataan. Karenanya supaya anda selalu mengandalkan Yesus.

Kesimpulan
Setiap orang bisa hidup dalam Roh bila mereka melakukan 2a,b,c, karenanya selalu andalkan Yesus dalam kehidupanmu, dan jangan menyimpang.
 
Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

Adalah lebih baik bila anda berdoa supaya Roh Kudus membimbingmu sewaktu membaca artikel ini agar bisa lebih menjiwanya. Terima kasih)
R e f e r e n s i  :

Rm.8:6b
Tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.

Rm.8:6a
Karena keiginan daging adalah maut.

Kej.2:7
Ketika itulah Tihan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah mausnia itu menjadi makhluk yang hidup.

1Tes.5:23
Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Why.14:13
Dan aku mendengan suara dari sorga berkata: Tuliskan: “Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini.” “Sungguh” Kata Roh, “supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka.”

Rm.8:15
Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa.

Rm.8:16
Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.

Luk.11:13
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepadaNya.

2Kor.3:14
Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya.

Kej.3:5
Tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.

Yoh.17:18
Sama seperti Engkau telah mengutus Aku de dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia.

Mat.22:37-40
37-jawab Yesus kepadanya: ”Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38-Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
39-Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
40-Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi”

Yoh.14:21
Barangsiapa memegang perintahKu dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku, dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh BapaKu dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diriKu kepadanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar