Jumat, 22 September 2017

Mengenai peserpuluhan.



Latar belakang

Peserpuluhan sejak jaman dahulu hingga sekarang ini dan apa dampaknya.

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Timbulnya persepuluhan.
(a)--Kebiasaan memberi persepuluhan tidak dimulai oleh Taurat Musa1 dan tidak khas kebiasaan Israel(Kej.14:17-20). Persepuluhan telah dilakukan oleh bangsa-bangsa kuno lainnya pada jaman sebelum Abram. Namun sewaktu Abram mengalahkan musuh-musuhnya, karena Allah Yang MahaTinggi Pencipta langit dan bumi, telah menyerahkan musuh-mush tsb ketangannya. Maka dia memberikan persepuluhan kepada Melkisedek yang adalah raja kebenaran dan raja Salem yaitu damai sejahtera(Ibr.7:2), dari semua hasil rampasannya(Kej.14:18-20, Ibr.7:4).

(b)--Juga pengertian persepuluhan timbul, setelah Yakub bermimpi di Betel. Yaitu, bila Tuhan menyertainya, melindunginya, memberinya makanan, dan pakaian selama perjalanannya, maka dia akan mempersembahkan seperpuluhan dari segala yang Tuhan berikan kepadanya. Jadi itulah nazarnya Yakub(Kej.28:20-22).

(c)--Persepuluhan merupakan bagian dari hasil benih yang ditanamkan di tanah, jadi bisa berupa buah-buahan, gandum, dll dan juga lembu sapi, domba, kambing(Im.27:30). Tapi kalau mengasihi Tuhan, yang adalah Allahmu, harus dengan segenap hatimu, jiwamu dan akalbudimu, jadi bukan sepersepuluh.

2--Siapa yang menerima persepuluhan
Persepuluhan yang timbul adalah karena nazar, yang merupakan suatu tanda terima kasihnya manusia kepada Tuhan, karena Dialah yang melindungi dalam segala hal(Kej.28:10-22). Tapi  sebetulnya perpuluhan itu bukan untuk Tuhan. Namun Dia berfirman melalui Musa untuk digunakan bangsa Israel(Im.27:1-34), sbb:

a--Persepuluhan diberikan kepada orang-orang Lewi, yang mengurus seluruh kegiatan rohani di bait Allah(Ibr.7:5). Karena mereka tidak memperoleh warisan berupa sebidang tanah. Tapi mereka juga harus membayar seperpuluhan dari seperpuluhan yang mereka terima dari bangsa Israel.

b--Persepuluhan untuk kepentingan bersama, contoh:
Tempat telah ditentukan oleh Tuhan melalui para nabi, agar segala suku Israel  bisa bersatu disana untuk menegakkan nama Tuhan, Allah. karenanya mereka membawa korban bakaran sembelihannya, persembahan persepuluhannya dan persembahan khususnya, korban nazarnya dan korban sukarelanya, anak-anak sulung lembu sapinya dan kambing dombanya. Lalu di hadapan Allah, mereka akan makan bersama, bersuka-ria. Karena Allah memberkati mereka dalam segala usahanya. Dll.

3--Kenyataan perpuluhan sekarang ini.
(A)-Dapat dikatakan bahwa hampir semua gereja serta hamba Tuhannya memperoleh persepuluhan dari para jemaatnya. Bahkan ada Negara, misalnya Belanda, yang menanggung biaya hidup para hamba Tuhannya dan mungkin perbuatan ini yang memperlemahkan daya rohaninya karena semuanya sudah tersedia sehingga mungkin relative kurang melayani masyarakatnya.
Namun ada juga para hamba Tuhan yang mampu mencari dana sendiri,  dari usaha yang bersifat rohani selain berkothbah di gereja, untuk kepentingan gereja dan Bersama-sama, misalnya:
a--Menuliskan kothbah, buku-rohani, buku lainnya yang sifatnya optimis namun berdasrkan firman Tuhan.
b--Menulis di blog rohani dan dipublish melalui internet untuk siapa saja, yang belum tentu menghasilkan uang.

(B)-Kegiatan social untuk kepentingan masyarakat yang memerlukannya, misalnya; mencari dan membuat sumur air minum dan  kebutuhan lainnya. Misalnya dipedalaman yang jauh dari perkotaan, dikepulauan terkebelakang, daerah tandus yang sulit transportasinya. Ada yang diggerakkan oleh pompa yang menggunakan tenaga matahari, karena belum ada listrik pemerintah. Juga membuat saluran air untuk irigasi dan untuk sanitasi

(C)-Namun ada juga persepuluhan yang disalah gunakan oleh para hamba Tuhan sendiri. Dan bila demikian maka dia akan bertanggung jawab kepada gereja dan kepada Tuhan.

4--Apakah persepuluhan menjamin dosa anda?
Persepuluhan merupakan kelanjutan untuk mewujudkan nazar anda, namun meralisasikan hukum Taurat adalah yang lebih penting. Jadi jangan berpikir bahwa kalau anda telah memberikan persepuluhan berarti anda sudah beres dengan gereja dan Tuhan. Itu sama sekali salah.
Sejak dahulu cakupan pengertian persepuluhan telah meluas, jadi bukan hanya hasil dari tanaman dan hewan. Misalnya:

Menyerahkan persepuluhan bukan berarti anda telah membayar semacam uang jaminan kepada gereja atau Tuhan, sehingga perbuatan dosamu tidak akan mempengaruhi penghukumanmu. Jadi mewujudkan persepuluhan anda bukan berarti boleh berkorupsi, manfaatkan jabatanmu untuk kepentingan buruk, melanggar peraturan karena anda adalah seorang pejabat, manfaatkan waktu untuk berbuat curang, dll. Perlakuan ini yang dikiritik Yesus terhadap para ahli Taurat dan orang Farisi(Mat.23:23). 

Kesimpulan

Persepuluhan penting untuk kepentingan gereja dan masyarakat, karenanya jangan disalahgunakan. Demikian pun jangan disalah artikan bahwa kalau sudah menyerahkan persepuluhan bukan berarti sama dengan uang jaminan akan bebas dari dosa perbuatanmu. Karenanya selalu andalkan ajaran Yesus yaitu KASIH.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

1(EAMK), Ensiklopedi Alkitab Masa Kini, cet ke-10 Juli 2011, ISBN 978-602-8009-34-8, hal-252, Yayasan Komunikasi Bina Kasih. (judul asli: The New Bible Dictionary)
Kej.14:17-20                        Pertemuan Abram dengan Melkisedek

Ibr.7:2
Kepadanya pun Abraham memberikan sepersepuluh dari semuanya. Menurut arti namanya Melkisedek adalah pertama-tama raja kebenaran, dan juga raja Salem yaitu raja damai sejahtera.

Kej.14:18-20
18-Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.
19-Lalu ia memberkati Abram, katanya: “Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi.
20-dan terpujilahAllahYang Mahatinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu” Lalu Abram memberikan keadanuya sepersepuluh dari semuanya.

Ibr.7:4
Camkanlah betapa besarnya orang itu, yang kepadanya Abraham, bapa leluhur kita, memberikan sepersepuluh dari segala rampasan yang paling baik.

Kej.28:20-22
20-Lalu bernazarlah Yakub; “Jika Allah akan menyertai dan akan melindungi aku di jalan yang kutempuh ini, memberikan kepadu roti untuk dimakan dan pakaian untuk dipakai
21-sehingga aku selamat kembali ke rumah ayahku, maka Tuhan akan menjadi Allahku.
22-Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuhu kepadaMu

Im.27:30
Demikian juga segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik Tuhan; itulah persembahan kudus bagi Tuhan.

Kej.28:10-22                        Mimpi Yakub di Betel.

Im.27:1-34                           Membayar Nazar

Ibr.7:5
Dan mereka dari anak-anak Lewi, yang menerima jabatan imam, mendapat tugas, menurut hukum Taurat, untuk memungut persepuluhan dari umat Israel, yaitu dari saudara-saudara mereka, sekalipun mereka ini juga adalah keturunan Abraham

Mat.23:23
Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhanb dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar