Sabtu, 02 September 2017

Mental yang tangguh bisa mencapai tujuanmu.



Latar belakang

Setiap orang selalu berusaha melakukan persiapan mental yang benar, supaya bisaerani mengatasi segala masalahnya terutama mengenai kehidupannya.

Materi yang di sharing, sesuai topic

1--Penggunaan istilah mental 1, 2
Penggunaan istilah “mental” dan terjemahannya dari Bahasa Indonesia ke Inggres, sebagai berikut:
a--Dengan memakai akal budi anda melayani hukum Tuhan(Rm.7:26). With the mind I myself serve the law of God
b--Anda mengasihi Tuhan dengan seluruh hati, jiwa dan akal budimu(Mat.22:37). You shall love the Lord your God with all your heart, with all your soul, and with all your mind.
c--Menurut kamus Webster 1 “mental” adalah: Relating to the mind, specifically: of or relating to the total emotional and intellectual response of an individual to external reality. Terjemahan dalam bahasa Indonesia: Mental berupa pikiran (atau akal budi), yang mencakup keseluruhan emosi dan tingkat kecerdasan dari seseorang, yang akan beraksi sewaktu dia berhadapan dengan suatu masalah dari luar.
e--Karenanya: mental bisa artikan sebagai, akal budi yang berupa suatu tingkatan pemikiranmu disertai dengan emosi yang anda peroleh dari Tuhan(Ibr.8:10-11), dan itu  dapat anda tingkatkan sesuai bidang yang anda senangi, sehingga bisa mengetahui lebih banyak dalam hal ketrampilan atau kecakapan melakukan sesuatu(Kel.31:3).
f--Dalam bahasa sehari-hari akal budi3, berupa: perbuatan baik.
 
2-Bagaimana derajat mentalmu?
Dari penjelasan diatas 1a-e, maka Tuhan-lah yang menciptakan manusia(Kej.2:7) dan memberikan a.l. suatu landasan berupa akal budi yang mencakup intelegensia serta emosi (intellectual and emotion). Dan selama anda berada dibumi ini, maka selalu akan ada informasi dan ilmu pengetahuan yang masuk dan mempengaruhi landasan akal budimu, semuanya itu anda peroleh dari: orangtuamu, para guru, teman-teman, dikantor, organisasi, Televisi, media social, penggoda, dll.

Bila pertimbanganu terlalu banyak memberat dan menyukai informasi duniawi serta pengetahuan yang agak negatif, maka kemungkinan akal budimu mulai dan akan tumpul(2Kor.3:14) karena telah diselimuti oleh hal-hal yang kurang rational, kurang produktif.

Namun bila anda menyaring dan terus beriman pada Yesus, maka informasi dan pengetahuan yang akan masuk ke landasan akal budimu, akan sesuai dengan butir-butir akal budi, maka anda akan tetap mengendalikan kehidupanmu karena pikiranmu tidak bisa digoda oleh iblis seperti Hawa yang tergoda pikirannya sehubungan bujukan iblis.

3--Bagaimana memperoleh mental yang baik
Penjelasan di butir 2 menyatakan “menyaring dan terus beriman kepada Yesus”. Bila anda ingin memperluas kata menyaring, maka anda akan memperoleh, sebagai berikut:
a--Menyaring
Pasti anda harus mengetahui apa yang akan disaring, untuk itu anda harus punya tujuan, yaitu berusaha memilih karunia yang paling cocok dan yang utama untukmu(1Kor.12:31)  misalnya bertekad menjadi direktur Bank Dunia. Untuk itu anda harus mulai mempersiapkan diri sedini mungkin dan demikian pun tingkatkan kemampuan rohani(Ams.13:15) sehingga bisa mendukung ketekunanmu, sbb:
aa-Utamakan belajar ilmu perbankan dan menyingkir pengetahuan yang tidak sejalan.
bb-Tinggalkan informasi yang tidak sejalan dengan pekerjaan perbankan.
cc-Tinggalkan kelakuanmu yang tidak sesuai dengan kegiatan keuangan.   
dd-Bertindak selalu jujur.
ee-Bekerja sama yang baik.
ff-Patuh pada peraturan.
gg-Biasakan melayani client dan  tamu lainnya.  
hh-Ikuti berita mengenai kejadian perbankan dan keungan. melalui TV, medsos, dll.
ii-Tekun dalam pekerjaan dan tepat waktu.

Bila anda terus melatih diri berdasarkan penjelasan diatas 3a-aa s/d ii, maka dengan sendirinya dalam tingkah lakumu akan timbul semacam kebiasaan yang sejalan dengan pendidikanmu untuk menjadi direktur Bank Dunia, kebiasaan itu yang disebut a.l. etika. Seandainya perbuatanmu tidak sejalan dengan caramu untuk jadi direktur, misalnya: anda tidak jujur sewaktu mempertangung jawabankan uang transportmu dan uang penginapanmu sewaktu bertugas ke daerah lainnya. Maka orang akan mengatakan, etika-mu kurang baik atau tidak etis tingkah lakumu. Dan perbuatanmu ini tercakup dalam mentalmu, dalam hal ini mentalmu masih lemah/rendah.

4--Bagaimana persiapan mentalmu?
Selama anda masih berada di bumi ini, maka wadah dari landasan akal budimu akan mengalami proses pertumbuhan, segala jenis informasi akan masuk melalui panca inderamu, namun anda harus menyaring mana yang akan digunakan sesuai tujuanmu. Bila tidak berkenan supaya disingkirkan saja, misalnya:
            Bersifat negative Karena kurangnya persiapan.
Belum bertempur, mentalnya sudah jatuh.
Mentalnya belum bisa menghadapi peroalan ayahnya yang tertangkap polisi.
Mentalnya ikut rusak karena bergaul dengan para narkoba
Mentalnya berubah setelah setelah pacarnya memutuskan hubungan mereka.
Bersifat positif.
Tapi mentalnya berubah total karena ketekunannya yang bisa mengatasi semua kekecewaan dan kesengsaraan(Rm.5:3-5).
Diisi dengan pengetahuan rohani.
Selain bisa mengisi landasan akal budi dengan yang bersifat posiotif dan negative, maka sebaiknya, juga mengisinya dengan pengetahuan rohani, yaitu mengenai hukum yang terutama, berupa hukum Kasih.
Mental dan Moral
Mentalmu akan sangat baik bila didukung oleh moral,  mereka akan saling mengisi. Namun harus dijaga agar salah satunya, atau kedua-duanya jangan sampai diselaputkan oleh godaan iblis seperti Hawa yang terkena tipu.

Karenanya mentalmu bisa bersifat positif maupun negative, sehingga bisa diarahkan. Semuanya itu tergantung apakah anda punya tujuan dan bisa mempersiapkan diri untuk mencapainya. Dan proses dari mempersiapkan diri dan berinteraksi dengan kasus yang anda hadapi, inilah yang disebut mental.

Kesimpulan
Tuhan memberikan berbagai kelengkapan a.l. berupa suatu landasan: kasih, kebebasan, akal budi, dll, kepada manusia. Namun selama hidupmu, anda sendirilah yang harus menyaring berbagai informasi tsb untuk mengisi landasan dari akal budi tsb agar bisa berinteraksi dengan masalah dari luar. Proses inilah yang disebut mental.

Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.

Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Rm.7:26
Jadi  dengan akal budiku aku melayani hukum Allah, tetapi dengan tubuh insaniku akau melayani hukum dosa.

Mat.22:37
Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu , dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

1Apa itu Mental
Artinya dalam bahasa Inggris, a.l. adalah:-

Relating to the mind, specifically: of or relating to the total emotional and intellectual sesponse of an individual to external reality.
Menurut:
Merriam Webster’s Collegiate Dictionary Incorporated, copy right © 2009 by Merriam-Webster, Incorporated, 11th  ISBN 978-0-87779-814-9, page-775.

2Apa itu Mental.
Menurut, Kamus bahasa Indonesia Online, adalah:
Pengertian Mental antara lain, Bersangkutan dgn batin dan watak manusia, yg bukan bersifat badan atau tenaga: bukan hanya pembangunan fisik yag diperhatikan melainkan juga pembangunan batin dan watak.
     
3Akal budi
Menurut, Kamus Bahasa Indonesia Online.
Adalah perubatan baik.

Ibr.8:10-11
10---“Makia inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu” demikianlah firman Tuhan. “Aku akan menaruh hukumKu dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu.
11---Dan mereka tidak akan mengajar lagi sesama warganya, atau sesama saudaranya dengan mengatakan” Kenallah Tuhan! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku.

Kel.31:3
Dan telah KUpenuhi dia dengan Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian dan pengetahuan dalam segala macam pekerjaan.

Kej.2:7
Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi mahluk yang hidup.

2Kor.3:14
Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul, sebab sampai pada hari ini selubung itu masih tetap menyelubungi mereka, jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan, karena hanya Kristus saja yang dapat menyingkapkannya.

1Kor.12:31
Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.

Ams.13:15
Akal budi yang baik mendatangkan karunia, tetapi jalan penghianat-penghianat mencelakakan mereka.

Rm.5:3-5
3---Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena itu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan.
4—dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.
5—Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikurniakan kepada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar