Minggu, 21 Januari 2018

Penderitaan dan doa pergumulannya


Latar belakang



Penderitaan adalah salah satu bagian dari perjalanan hidup setiap orang yang harus dihadapinya, namun itu tergantung dari bagaimana seseorang menjalankan kehidupannya, misalnya beriman dan berdoa kepada Tuhan supaya diberikan karunia, berupa petunjukNya.



Materi yang di sharing, sesuai topic



Yang dibahas adalah berdoa dalam pergumulan karena penderitaan seseorang, sesuai Mzm.6:1-11, lihat butir-2 dibawa.



Namun, mohon terlebih dahulu mengetahui apa itu penderitaan.

 

1--Kapan adanya Penderitaan



Penderitaan timbul, setelah Adam dan Hawa melanggar perintah Tuhan. Sejak itu penderitaan menjadi bagian dari kehidupan setiap orang, selama mereka masih hidup di bumi ini.



Apa itu penderitaan.

Suatu perlakuan manusia yang tidak sesuai dengan peraturanNya dan ketentuanNya Tuhan, sehingga anda terpisah dari Tuhan, dan ini merupakan penderitaan terdiri (lihat  publikasi, pada tgl 25 Nov 2017, Judul: Penderitaan darimana asalnya, di blog: Pikir Positif) a.l.:



A--Manusia sendiri.

Perbuatan diri sendiri:

a--Penderitaan karena; sakit; kehilangan seseorang; kekhawatiran dan depresi.

b--Sulit kendalikan dirimu, sehingga timbul iri hari, kenapa orang berhasil anda tidak.

c--Mempertahankan suatu ajaran yang anda anggap baik tapi ditentang masyarakat.

Perbuatan orang lain:

d--Karena kesalahan mereka anda terkena dampak.

B--Sebab dan akibatnya tabur-tuai(Luk.8:4-8).

Ada pemahaman bahwa apa yang anda perbuat hari ini akan timbul akibatnya dikemudian hari..  

C--Penderitaan seizin Allah  

Ayub yang taat pada Tuhan(Ayb.1:8), mengalami penderitaannya. Namun dia dapat mengatasinya, karena imannya tidak goyah dan tetap teguh dalam Tuhan(Ayb.1:1--42:17).

D--Dosa, karena manusia pertama tergoda dan jatuh dalam dosa(Kej.3:14-19) . 

Dosa adalah maut, sehingga maut menjalar ke semua orang(Rm.5:12).

E--iblis, yang tujuan utamanya adalah: menjauhkan atau memisahkan manusia dari Tuhan,

            caranya menggoda manusia supaya mereka bisa: 

tidak patuh dan melanggar perintah Allah, dan lakukan kehendanya sendiri(Kej.3:1-13).



-2—Doa pergumulan



Mzm.6:1-11 adalah doa pergumulan (a prayer of faith in time of distress) kepada Tuhan yang terlihat dalam ayat-ayat 2 s/d 11, untuk memohon agar Tuhan bisa mengampuni penderitaan yang terjadi, karena:

a-Perbuatannya manusia (lihat 1A).

b-Apa yang anda tabur itulah yang anda tuai(Luk.8:4-8), (lihat 1B).

c-Iblis yang menggodamu, bertujuan menjauhkanmu atau memisahkanmu  dari Tuhan(lihat 1E).



Ayat-1.

Tidak ada penjelasan.          

Ayat-2.

Sebut saja orang ini bernama Jekk.

Karena tidak takut akan Tuhan, maka Jekk telah berbuat kesalahan, sehingga jiwanya bergejolak, lalu menyadari bahwa Tuhan akan menghukumnya. Namun dia tetap beriman kepada Tuhan, maka dia bergumul dalam doanya, walaupun murka Tuhan akan menghukumnya dan menghajarnya.

Ayat-3

Seperti biasanya, setelah manusia dalam ketakutan dan terjepit, baru benar-benar mencari Tuhan untuk memohon agar Dia bisa meringankan hukumanNya, karena dia telah merana, kesakitan dan tulang-tulangnya telah gemetar

 Ayat-4

Jiwanya terkejut atas kesalahan yang telah dia perbuat dan sekarang ini mengalami penderitaan, sehingga masih dalam hukuman Tuhan. namun dia tetap beriman kepadaNya.

Ayat-5

Dalam masa hukumanNya Tuhan, Jekk memohon padaNya, agar dia diperbolehkan mendekat padaNya, untuk meminta agar dia bisa diluputkan jiwanya karena kasih setia yang tidak terhingga, yang hanya ada pada Dia. Karena Jekk mengetahui Yesus telah berkorban untuk semua orang

Ayat-6

Walaupun Jekk berada dalam masa penderitaan, namun dia memohon kepada Tuhan untuk diberi kesempatan agar bisa dekatkan pada Tuhan, supaya bisa bersyukur padaNya. Karena hanya pada Tuhan ada kasih setiaNya. Bila dia telah berada dalam dunia maut dan dunia orang mati, maka tidak bisa lagi untuk memohon dan bersyukur padaNya.

Ayat-7

Jekk menangis setiap malam hingga airmatanya menggenangi tempat tidurnya, sehingga ia lesu dan mengeluh. Karena ternyata belum ada tanggapan dari Tuhan atas perbuatannya hingga dia menderita..

 Ayat-8

Dia terus menangisnya dan menyesal atas kesalahannya yang dia perbuat karena ulah dari para lawannya. Sehingga dia terus menderita. Namun belum ada tanda-tanda dari Tuhan, sehingga matanya telah bengkak dan pandangannya menjadi rabun.

Ayat-9

Jekk membentak pergi semua yang telah menjahatiku, sebab Tuhan telah mengdengar tangisku, karena Dia menguasai kebenaran dan Maha Tahu.

Ayat-10

Karena Jekk telah bertobat dan berbalik ke hidupan yang baru, yaitu mengikuti peraturan dan ketetapan yang Tuhan berikan. Disini saatnya Jekk mulai hidup baru.

Ayat-11

Semua lawan-lawanku terkejut dan sangat malu, karena mereka mengetahui kesalahan yang telah diperbuatnya, dan tidak mungkin lagi untuk membuat Jekk menderita sehingga pada saat itu mereka mundur dan pergi.



Kesimpulan

Seberapa parah anda menderita karena dampak dari dosamu. Namun selalu bergumul dalam doa untuk mohon pertobatan dari Tuhan. Tetapi dalam keadaan apapun, imanmu selalu tetap padaNya.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung



R e f e r e n s i  :



Mzm.6:1-11                         DOA DALAM PERGUMULAN



Luk.8:4-8                              PERUMPAMAAN TETANG SEORANG PENABUR



Ayb.1:8

Lalu bertanyalah Tuhan kepada iblis: “Apakah engkau memperhatikan hambaKu Ayub? Sebab tiada seorang pun di bumi seperti dia, yang demikian salah dan jujur, yang takut akan Allah dan menjauhi kejahatan”



Ayb.1:1à42:17                  AYUB, PENDERITAANNYA DAN DIPULIHKANNYA



Kej.3:14-19                          TERJADI PERMUSUHAN ANTARA PEREMPUAN DAN ULAR



Kej.2:15

Tuhan Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.



Kej.3:1-13                            MANUSIA JATUH DALAM DOSA



   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar