Jumat, 23 Maret 2018

Urutan peningkatan iman


Latar belakang



Setiap orang bisa meningkatkan kemurnian imannya yang tertuju kepada Yesus, untuk itu harus ada kemauannya lalu berusaha untuk memperolehnya.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Apakah anda telah mendengan sehingga memilih Dia?

Dalam kehidupan manusia, setiap orang bisa memilih sesuai keinginannya falsafah dasar  yang bagaimana yang dikehendaki sebagai dasar perjalanan hidupnya. Untuk itu Anda pasti akan memilih yang terbaik menurut seleramu dengan mempertimbangkan apa yang anda ketahui tentang ajaran itu, dari mana sumbernya, berapa lama ajaran tsb telah bertahan, keasliannya, dll. Misalnya ajaran yang mencakup, a.l:

a--Segala sesuatu yang anda kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah terdahulu yang demikian kepada mereka(Mat.7:12). Proses ini yang disebut Kasih.

b--Yesus datang dan mencari orang yang berdosa(Luk.19:10) untuk kembali ke Allah Bapa, karena Dia telah mati disalib untuk menebus dosa manusia(Ibr.9:15), namun di hari ketiga Dia telah bangkit(1Kor.15:17).

c--Yesus adalah jalan dan kebenaran dan hidup, Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku(Yoh.14:6).

d--Siapa yang percaya pada Yesus, dia akan peroleh hidup yang kekal(Yoh.3:36). DLL.



2--Proses pertumbuhan iman.

Sehubungan dengan butir-1, maka tergeraklah keingin-tahuanmu mengenai Yesus, lalu anda mulai mencari tahu siapa sebenarnya Dia. Dan melalui acara di gereja, kursus rohani, kebaktian keluarga, sharing diberbagai tempat, dll, maka anda mulai mendengar firman Tuhan dan mulai membaca Alkitab dan buku rohani lainnya. Lalu mulai timbul kepercayaanmu terhadap Yesus. Proses inilah yang disebut bahwa, imanmu timbul dari pendengaran(Ibr.11:1), yang tertuju kepada Yesus.

Keingin-tahuanmu timbul karena rohmu yang menggerakkanmu lalu anda meresponya.

Namun kadang-kadang hal itu belum agak susah terwujud, karena semuanya itu tergantung dari pilihanmu dan kebebasanmu bahkan godaan dari iblis.



3-Apa itu iman.

Setelah mengalami proses kegiatan untuk mengetahui teori/ajaran tsb, maka akan timbul keyakinanmu lalu anda akan taat dan setia, sehingga timbul kepercayaanmu terhadapNya. Inilah yang disebut beriman pada ajaran tsb, dan Yang mengajarkanya. Lalu untuk meningkatkan imanmu, maka anda akan  mewujudkan perbuatan-perbuatan yang sejalan dengan ajaran tsb, selama kehidupanmu. Dan ajaran/teori tersebut akan berkerucut pada hukum kasih(Mat.22:40), yang di ajarkan oleh Yesus, sesuai penjelasan diatas butir 1 dan 2. Selain itu ajaran-ajaran lain yang tidak sesuai dengan imanmu akan mulai terkikis.



Jadi iman bisa dikatakan sebagai, sikap seseorang dalam kehidupannya, yang dia melepaskan segala andalan dan keyakinannya sendiri, lalu mengandalkan dan bersandar sepenuhnya kepada Yesus Kristus. Selain itu setiap orang supaya berusaha menjaga imannya, bahkan bisa meningkatkannya(2Ptr.1:5-7) secara berurutan, misalnya tambahkan:



a-Imanmu dengan                 àkebajikan   =(virtue)

b-Kebajikan dengan             à pengetahuan  =(knowledge)

c-Tambahkan pengetahuan àpenguasaan diri     =(self control)

d-Penguasaan diri                 à ketekunan              =(perseverance)

e-Ketekunan                          àkesalehan   =(godliness)

f-Kesalehan                            àkasih akan saudara saudara  =(brotherly kindness)

g-Kasih akan saudaramu     à kasih akan semua orang  =(love to all)



Bila semua tambahan tsb bisa ada padamu secara berlimpah, maka anda akan menjadi giat dan berhasil dalam pengenalamu akan Yesus Kristus, Tuhan kita(2Ptr.1:8).



Kesimpulan

Setiap orang yang mau dan berusaha untuk memperoleh iman bisa mendapatkannya. Bahkan dapat meningkatkannya. Sehingga bisa rajin, berhasil dan mengetahui serta melakukan kehendak Yesus.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung



R e f e r e n s i  :



Mat.7:12

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.



Luk.19:10

Sebab Anak Manusia datang untuk mencari  dan menyelamatkan yang hilang.



Ibr.9:15

Karena itu Ia adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil dapat menerima bagian kekal yang dijanjikan, sebab Ia telah mati untuk menyebut pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama.



1Kor.15:17

Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu.



Yoh.14:6

Kata Yesus  kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”



Barangsiapa percapa kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.



Ibr.11:1

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.



Mat 22:40

Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.



2Ptr.1:5-7

5-Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan dan kepada kebajikan pengetahuan,

6-dan kepada pengetauhan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan,

7-dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara,  dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.



2Ptr:1:8

Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus kristus, Tuhan kita.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar