Minggu, 01 April 2018

Doamu belum dikabulkan, selalu ada langkah positif


Latar belakang



Setiap orang selalu berharap supaya permintaannya melalui doanya ke Tuhan bisa dikabulkan olehNya, namun apa tindakanmu bila Tuhan belum menjawabnya?



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Manusia berinovasi.

Manusia berinovasi sehingga terjadi kemajuan teknologi, yang telah mampu dari jarak ribuan kilometer mengendalikan dan mengarahkan anda agar berbuat sesuatu sesuai kehendaknya. Contoh: Google/Apple bisa menyuruh anda menanggapi “ya/tidak” untuk updating program barunya di HPmu. Demikian pun roket berupa robot Cassini yang dikendalikan oleh Nasa, sewaktu menuju planet Saturnus, selama puluhan tahun perjalanan, namun ia meledak sewaktu telah memasuki atmosfer Saturnus.



Dan pengendalian mesin-provider/orang terhadap anda akan makin sempurna, bila tubuhmu nanti dimasukkan chip/implant.



2--Tuhan mengetahui setiap langkah manusia(Ams.20:24).

Namun Tuhan menciptakan setiap orangKej.2:7), yang mempunyai keinginan dan kehendak bebas yang sesuai dengan kepentingannya pada saat itu dan bisa juga untuk masa depannya, sehingga mereka akan melangkah untuk meraih dan memenuhi perjalanan hidupnya.



Namun Tuhan tidak menghalangi atau campur tangan dalam kehidupanmu. Dan sewaktu manusia mulai melangkah untuk pertama kali dan seterusnya, maka selalu ada dampak risiko, yang secara ekstrim, bersifat positif yaitu kearah perbuatan baik atau negative kearah perbuatan buruk atau berdosa. Karenanya, setiap orang secara abstrak dikelilingi oleh tak-terhitung jumlah dari dampak positif dan negative.



Dan sesuai niatmu, anda akan merealisasikannya melalui suatu perbuatan, maka pada perbuatan itu akan berdampak positif atau negative. Contoh:  

(a)-Karena godaan, maka Adam dan Hawa ingin menjadi seperti Tuhan(Kej.3:5), sehingga pada saat itu, dampak yang cocok dengan perbuatannya adalah negative, dan lebih khususnya lagi, mereka jadi telanjang dan diusir oleh Tuhan dari Firdaus.

(b)-Yusuf mempunyai niat yang murni, sehingga tidak tergoda sewaktu istri Potifar merayunya, dan walaupun berbagai tekanan yang dia alami dalam penjara, namun dia tetapi setia, sehingga karirnya menanjak.    



Jadi semua perbuatan akan berdampak positif atau negative, tergantung dari niat serta perbuatan awalmu. Dan Tuhan mengetahui semuanya itu karena Dia yang menciptakan semuanya itu, demikian pun setiap niatmu dan langkahmu(Ams.20:24).



3-Tuhan menunjukkan langkah positif.

Walaupun anda telah memiliki keinginan dan kehendak bebas, sehingga langkah kehidupanmu akan sesuai seleramu, namun sering orang jatuh dalam dosa. Tetapi Tuhan tetap memberi jalan jang positif kepada setiap orang, dan itu tergantung dari pilihanmu serta kepekaanmu sendiri, apakah mau mengikuti atau tidak. Langkah tersebut berupa pengertian, bahwa:



a--Karena Dalam tubuh setiap orang, ada akal-budi yang melayani hukum Allah, selain itu ada juga anggota-anggota tubuh lainnya yang melayani dosa(Rm.7:26). Namun langkahNya, bila tetap bersandar pada Yesus(Rm.7:24-25),  maka Dia yang bisa melepaskannya bagian dari tubuhmu yang melakukan dosa tsb.

b--Tuhan berkuasa atas semua orang, karena hukumNya telah Dia berikan sewaktu anda diciptakanNya, selain itu Dia tegaskan kembali bahwa hukum itu tertulis di hatimu dan ditaruh di akal budimu(Irb.8:10).

c--Karena hukum Taurat(Kel.20:1-17) maka manusia mengenal apa itu dosa, apa itu keinginan, jangan membunuh, dll.

d--Namun atas kehendakmu sendiri, maka anda bisa tidak terikat lalu tinggalkan hukum Taurat, jadi bagimu taurat telah mati(Rm.7:4). Sehingga anda memilih Yesus yang mengajar kasih, yang disalib dan telah bangkit dari antara orang mati, untuk menjadi kepercayaanmu supaya anda bisa berbuah dan melakukan yang kudus untuk sesama manusia, dan taat akan Allah.

e-Namun bila suatu saat anda lemah dan jatuh kembali dalam godaan lalu berbuat berbagai penyimpangan lagi, maka ayat-ayat dalam hukum Taurat akan terangsang kembali sehingga bisa berbuat dosa,  karena pengertian dari ayat-ayat tsb telah ada dalam anggota-anggota tubuhmu(Rm.7:5).

f-Sesuatu permintaan yang berdampak tidak baik untukmu pasti Tuhan akan menolaknya.



4--Tuhan tidak kabulkan doa.

Tuhan mengetahui niat dan cita-cita setiap orang(1Taw.28:9) demikian pun langka-langkamu kemudiannya(mzm.37:23-24). Karenanya Dia tidak mau anda melakukan langkah negative walaupun berkali-kali memohon, selain itu motivasi doamu buruk. Sehingga permintaanmu saat itu, tidak sesuai dengan rancanganNya. Misalnya:

a--Anda berdoa supaya mantumu cepat mendapat rumah, tapi motivasi anda lain, yaitu; anda tidak senang dia tinggal bersamamu karena cerewetnya terhadap suaminya dan hampir selalu bangun tidurnya sudah tengah hari. Maka doa semacam ini biasanya tidak dikabulkan. Karena seharusnya anda yang harus menjelaskan apa peranan isteri demikian pun suami, kepada mereka. Dll.

b--Anda menuntut supaya Tuhan sembuhkan penyakitmu karena anda telah melayaniNya bertahun-tahun, namun penyakit tsb timbul karena anda tidak bisa kendalikan nafsu makanmu berlebihan, sehingga terkena stroke.

  

Jadi apa yang akan anda perbuat bila doamu belum dikabulkan? Maka pertama-tama yang anda perbuat adalah:

Tetap beriman kepada Tuhan Yesus.

Lakukan butir-3 diatas.

Bertobat, karena motivasimu buruk, dan mohon ampun kepada Tuhan.

Tidak meninggalkan ajaranNya.

Mengerti bahwa Tuhan mempunyai rencana yang lebih besar dari doamu.



Kesimpulan

Setiap orang mempunyai keinginan dan kehendak bebas untuk melanjutkan kehidupannya, dan walaupun mereka telah jatuh dalam dosa, namun Tuhan tetap memberikan pengertian yang positif 3a-f, untuk kehidupanmu.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung



R e f e r e n s i  :



Ams.20:24           

Langkah orang ditentukan oleh Tuhan, tetapi bagaimanakah manusia dapat mengerti jalan hidupnya?



Kej.2:7

Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.



Kej.3:5

Tetapi Allah megetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat.



Ams.20:24

Langkah orang ditentukan oleh Tuhan, tetapi bagaimanakah manusia dapat mengerti jalan hidupnya?



Rm.7:26

Jadi dengan akal budiku aku melayani hukum Allah, tetapi dengan tubuh insaniku aku melayani hukum dosa.



Rm.7:24-25

24-Aku, manusia celaka! Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?

25-Syukur kepada Allah! oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.



Ibr.8:10

“Maka inilah perjanjian  jang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu,” demikian firman Tuihan.”Aku akan menaruh hukumKu dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu



Kel.20:1-17          Sepuluh Perintah Allah



Rm.7:4

Sebab itu, saudara-saudara, kamu juga telah mati bagi hukum Taurat oleh tubuh Kristrus, supaya kamu menjadi milik orang lain, yaitu milik Dia, yang telah dibangkitkan dari antara orang mati, agar kita berbuah bagi Allah.



Rm.7:5

Sebab waktu kita masih hidup di dalam daging, hawa nafsu dosa, yang dirangsang oleh hukum Taurat, bekerja dalam anggota-anggota tubuh kita, agar kita berbuah bagi maut.



1Taw.28:9

Dan engkau, anakku Salomo, kenallah Allahnya ayahmu dan beribadalah kepadaNya dengan tulus ikhlas dan dengan rela hati, sebab Tuhan menyelidii segala hati dan mengerti segla niat dan cita-cita. Jika engkau mencari Dia, maka Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi jika engkau meninggalkan Dia maka Ia akan membuang engkau untuk selamanya.



Mzm.37:23-24

23-Tuhan menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepadaNya.

24-apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar