Minggu, 11 November 2018

Bagaimana hidup karena roh dan Roh.


Latar belakang



Pengertian hidup karena roh sangat perlu, tapi apa pengaruh roh dan Roh yang berproses serta apa untung ruginya bagi kehidupan manusia



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Istilah roh dan Roh Kudus.



Pengertian roh dan Roh sangat luas, sehingga ratio manusia sulit untuk mengikutinya namun manusia supaya tetap berusaha mempelajarinya, karena roh dan Roh berproses dalam tubuhmu. Sehingga tidak salah untuk mengetahui apa perannya dalam perubahan kehidupanmu.



Setiap orang sejak kecil mulai menerima arahan pendidikan dari ibu serta ayahnya, sekolahnya, yang berawal dari masalah sederhana yang menuju kepada kekhususan sehingga mereka bisa ahli dalam bidangnya.

Hal ini penting supaya setiap orang terbiasa, sehingga bisa bersaing di pasaran umum agar memperoleh masa depan yang lebih baik.



Dan selama kehidupan manusia yang mengalami proses seperti dijelaskan diatas, hanya mereka yang bisa mendekat, mengikuti dan melakukan kehendak Tuhan, yang bisa mengalami berubahan atau hidup baru, karena rohnya mengikuti kemauan Roh, sehingga mereka akan dipilih Tuhan.



Di lain pihak, untuk memperoleh cukup pengenalan akan “roh” maka jalan pikiran setiap orang perlu menyesuaikannya berdasarkan seleksi dari pikiranmu, kehendakmu dan perasaanmu, atas semua informasi yang masuk melalui panca-inderamu, terutama mata dan telinga.



Perbedaan huruf kecil dari pengertian roh dengan huruf besar dari Roh atau Roh Kudus, sangat besar dan jauh.

Bila “roh” maka pengertiannya bisa bersifat, a.l.:

a--Positif

Seseorang yang mempunya niat untuk selalu; semangat, kemauan yang keras, beruaha berbuat baik, hasrat, pertahankan yang benar, dll.

b--Negative    

=Seseorang yang mempunyai niat; berakal bulus, menipu, berbohong, mencuri, menghasut, membuat kejahatan, dll.

c--Perubahan bisa terjadi pada roh tergantung dari keputusan hatimu, dan lain-lain.



Bila “Roh Kudus” maka pengertiannya selalu baik, a.l.:

c--Satu dari Trinitas yaitu Allah Putra dan Allah Roh Kudus dan Allah Bapa.

d--Tuhan Allah yang mengirimkan Roh Kudus ke dunia sebagai penghibur

e--Dia sebagai Roh Allah1, Roh Kebenaran, Roh Tuhan dan untuk menerangkan identitas

    dan kerjaNya Roh.  

f--Dia akan menuntunmu dalam kehidupanmu

g--Dia akan berusaha untuk mengajarkan selama rohmu menerimanya.

h--Bisa merubah roh untuk kebaikan hidupmu.





2--Bagaimana roh dan Roh Kudus berproses.




MAAF,  GAMBAR DARI TIGA LINGKARAN YANG DI MAKSUD TIDAK BISA

DI COPY DARI WORD KE GOOGLE BLOGGER, MUNGKIN KARENA

KETIDAK TAHUAN SAYA MENGGUNAKAN PROGRAM INI






--Lingkaran luar adalah tubuh (A).  terdapat panca indera, misalnya mata (M), telinga (T),

   hidung (H), rasa di telapak jari serta kulit, dan lidah, dll.

--Lingkarang tengah adalah jiwa  (B), yang mencakup; perasaan, kehendak, pikiran. Terletaknya

   akal-budi bisa di pikiran (dalam bahasa Inggris, “pikiran” disebut “mind”. Hal ini ditegaskan

   dalam Mat.22:37, yaitu: ….kasihilah Tuhan dengan segala akal budimu à dalam bahas inggris,

   …love The Lord, your God with all your mind )

--Lingkarang tengah adalah hati dan roh (C).

--Panah-panah adalah informasi dari mana saja dan melalui media apa saja. Informasi tsb

   berupa gambar atau grafis melalui mata (M), suara melalui telinga (T), penciuaman (H). dan

   bisa juga panca-indra lainnya.



Bila keinginan anda tertuju dan fokuskan pada suatu jenis informasi untuk meningkatkan kemampuanmu, maka dengan sendirinya informasi yang sesuai keinginanmu akan terus masuk melalui telinga, mata, dll, sehingga menjiwai (B) keinginan tersebut. Bahkan apa yang anda jiwai akan terus masuk kehatimu (C) sehingga hatimu menebal atas informasi yang sesuai dengan keinginanmu. Tapi informasi yang tidak sesuai dengan keinginanmu akan tersingkir, mereka hanya masuk tapi tidak berpengaruh apa-apa sehingga terlupakan.



Dalam hal yang sama pun terjadi, bila anda berniat mencari Yesus dan segala kebenarannya, maka firman akan masuk melalui pendengaranmu, sehingga mulai menjiwaimu dan bila terus berlanjut, maka akan terus masuk dan menebal di hatimu, karena anda terus-menerus meningkatkannya yang sesuai dengan keinginanmu. Jadi rohmu akan terisi dan terus menguat sesuai keinginanmu.



Dalam hal Roh.

Biasanya seseorang mengalami kesulitan dalam kehidupan dan terus menerus makin parah, dan secara duniawi sulit untuk mencari jalan keluar, misalnya; anak terjatuh dalam narkoba, salah satu anggota keluarga menderita sakit yang berkepanjangan, penderitaan keluarga, kemiskinan yang lama, maka biasanya mereka mulai beralih mencari Tuhan.

Mereka memohon dan berdoa kepada Tuhan agar mengatasi masalahnya. Bila Tuhan berkenan maka Dia akan membantumu atau mengutus Roh Nya untuk menyelesaikan masalahmu.

Dan Roh ini akan berperan untuk megatasi masalahmu dan semuanya itu bisa terjadi berkat bantuan Roh atau Roh Kudus. Jadi Roh akan memberi bantuan melalui rohmu untuk berbuat sehingga semua masalahmu teratasi.

Namun bila rohmu tidak mau menuruti petunjuk dari Roh, atau anda keras hati maka dengan sendirinya bantuan dari Roh tidak akan berpengaruh,



3--Kegunaan roh dan Roh.

Dalam kehidupan manusia, maka roh dan Roh sangat berperan bila ingin memperoleh kehidupan yang baik dan keselamatan jiwa bahkan sesudah meninggalkan dunia ini. Dan semuanya itu hanya dapat berhasil bila rohmu berkeinginan baik bahkan tetap andalkan Tuhan. Sehingga Tuhan bisa mengutus Roh Kudus untuk membantumu melalui rohmu, untuk mengatasi maslahmu namun sesuai permohonanmu dan mengikuti anjuran Roh.



Kesimpulan

Keinginan rohmu supaya jangan menyimpang dari kebaikan namun dalam berbagai cobaan selalu bersandar pada Tuhan dan mohon bantuanNya, karena Dia yang akan mengirimkan Roh untuk membantumu melalui rohmu.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung



R e f e r e n s i  :



1Ensiklopedi Alkitab Masa Kini (The New Bible Dictionary), cetakan ke-10 Juli2011,
ISBN 978-602-8009-34-8 (Jil-2), Yayasan Komunikasi Bina Kasih,  hal.318 kolom 2 alinea ke-5.

mm.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar