Minggu, 16 Desember 2018

Yusuf memberi dukungan pada Maria.


Latar belakang



Yusuf memberi dukungan pada Maria yang mengalami kehamilan karena Roh Kudus, dan selain itu ia menjaga kerukunan keluarganyanya.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Maria menerima karena atas kehndak Allah.

Masyarakat yang menganut agama Kristen selalu, tidak mengizinkan adanya kehamilan sebelum perkawinan antara pasangan pria dan wanita yang di berkati di gereja oleh pendeta atau pastor, karena perkawinan adalah karunia Tuhan dan untuk realisaikan perintahNYA(Kej.1:28). Sehingga merupakan masalah bila kehamilan terjadi diluar pernikahan.



Sebetulnya pandangan yang sama juga berlaku di zaman Yusuf, bahkan di zaman itu lebih tegas. Namun Yusuf yang adalah keturunan Abraham yang ke-42(Mat.1:17), pun akan meninggalkannya atau menceraikan Maria sebagai tunangannya, jadi mereka belum hidup sebagai suami istri, karena dia telah hamil sebelum ada pemberkatan di rumah Allah atau gereja.



Namun pada Maria adalah berbeda, karena Roh Kudus yang akan turun pada Maria dan kuasa Allah yang Mahatinggi akan mengaturmu, sebab yang akan dia lahirkan adalah kudus, Anak Allah(Luk1:35). Dan Maria menerima kejadian ini karena, sesungguhnya dia adalah hamba Tuhan, sehingga dia menurut apa perkataannya itu, lalu malaikat meninggalkan dia(Luk.1:38).



Tetapi niatnya Yusuf terhenti sewaktu malaikat menampakkan dalam mimpinya, bahwa kehamilan Maria adalah karena Roh Kudus dan jangan takut mengambil Maria sebagai isterinya(Mat.1:20). Dan sejak itu Yusuf malah melindungi dan mengambilnya sebagai istri dan menjaga keutuhan keluarganya. Perlindungan lain yang diberikan Yusuf antara lain:



a.     Selain penampakan malaikat pada mimpi Yusuf, dan juga supaya tidak dipermalukan oleh lingkungannnya maka Yusuf mengambil Maria sebagai isterinya.

b.     Meyakinkan kepada Maria bahwa dia mendukung sepenuhnya kehamilannya dari Roh Kudus.

c.      Menjaga maksud Tuhan terhadap Maria agar semua bisa terwujud.

d.     Akan menamakan anak yang akan dilahirkan Maria, sebagai: Yesus, sesuai permintaan malaikat.

e.      Taat untuk mengikuti segala perintah dari malaikat, karena dalam mimpi berikutnya, Yusuf disuruh membawa keluarganya mengungsi ke Mesir karena akan ada pembunuhan bayi.



2--Waktu yang tepat untuk seseorang.

Tuhan telah mengatur sedemikian rupa sehingga waktu Roh Kudus mengatakan kepada Maria bahwa dia akan hamil karena Roh Kudus dan naungan Tuhan, maka Maria juga mengatakan “aku ini hamba Tuhan sehingga jadilah kehendakMu atas aku”, sehingga semua berjalan sesuai rancangan Allah. Jadi saat itu adalah waktu yang tepat bagi Maria.

                                  

Karena bisa di bayangkan bila Maria menolak kehendak Tuhan, atau Yusuf tidak mau menerima dan tidak mau mengambil Maria sebagai istrinya, karena dia telah hamil sebelum mereka menikah. Sehingga, apakah kelahiran Yesus akan berlangsung atau ada perubahan, atau akan ada pengganti Maria?. Itu semuanya ada dalam rancangan Tuhan yang tidak diketahui manusia.



3-Suami harus menyadari untuk menjaga kehamilan istrinya dan keluarga.  

Masa kehamilan adalah suatu proses selama 9 bulan yang merupakan beban bagi fisik dan lainnya bagi wanita. Sehingga wajar bila suami selama mungkin mendampingi istrinya sewaktu masa kehamilan, memberi harapan istrinya yang akan melahirkan turunan mereka, seperti yang di perintahkan Tuhan. Karenanya para suami berserta istrinya supaya  memberikan kasih sayang selama pertumbuhan anaknya, sehingga menjadi generasi yang berguna untuk kemajuan generasi yang akan datang.



Kesimpulan

Peranan Maria sangat penting dan yang terutama, dan Yusuf pun memberi dukungan padanya, sehingga ada kelahiran bayi, Yesus. Namun setiap suami harus memberi dukungan dan turut menjaga kehamilan istrinya serta keluarganya.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :



Kej.1:28

Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepda mereka: ‘Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi”.



Mat.1:17

Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke  Babel sampai Kritus.



Luk.1:35

Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kau lahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.



Luk.1:38

Kata Maria: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan;  jadilah padaku menurut perkataanmu itu/” Lalu malaikat itu meninggalkan dia.



Mat.1:20

Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan Nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: “Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar