Jumat, 28 Desember 2018

Tak terhitung karuniaNya kepada manusia


Latar belakang



Manusia sulit membayangkan bagaimana besar dan indah karunia yang Tuhan telah disediakan untuk mereka. Karena walaupun manusia telah berbuat berbagai jenis dosa, sehingga abaikan  karuniaNya, namun Yesus masih tetap datang untuk mengajaknya kembali ke Bapa.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Walaupun manusia berdosa, mereka mempunyai kesempatan.

Sewaktu manusia berbuat dosa maka mereka dihukum dan harus keluar dari taman Firdaus, jadi mereka harus bertanggung jawab atas kesalahan yang mereka perbuat karena Dia telah memberikan aturan sebelumnya. Dosa-dosa tersebut antara lain:

1.     Iblis menggoda pikiran Hawa sehingga Adam juga terbujuk olehnya, lalu mereka bisa melanggar perintah Tuhan, yaitu berbuat dosa. Namun akhirnya Tuhan menghalau mereka dari taman Firdaus.

2.     Dosa yang dibuat masyarakat Sodom dan Gomora telah melewati batas menurut ukuran Tuhan yang akhirnya mereka di bakar beserta kota-kotanya oleh belerang api.

3.     Masyarakat di zaman Nuh telah berdosa, yaitu penuh dengan kekerasan(Kej.6:13), sehingga mereka tenggelam dalam air bah.

4.     Dan manusia terus berbuat berbagai jenis dosa hingga kini dan seterusnya.



Namun iblis secara sengaja telah berhasil menggoda pikiran manusia sehingga mereka bisa berbuat apa saja, yang penting berupa dosa. Yang artinya dalam hal apa saja akan melawan perintah Tuhan sehingga manusia abaikan semua karunia yang telah ada maupun  yang bisa mereka raih(1Kor.12:31). Untuk itu Tuhan mengutus Yesus untuk menjadi mediator antara Tuhan dengan manusia dengan tujuan agar setiap orang yang mau percaya akan peroleh kesempatan yaitu kembali kepada BapaNya.



2--Apa itu karunia.

Allah mencipta karunia yang sangat luas, berbagai jenis, indah, tak terhingga, untuk semua orang, ada orang yang diberi karunia tertentu untuk melaksanakan tugasNya Tuhan, bahkan anda pun bisa memilih karunia untuk kehidupanmu(1Kor.12:31), namun semuanya itu untuk kepentingan bersama, dll. dan cakupan dari karunai, adalah:



A.    Pemberian dari Tuhan1 berupa kesempatan untuk dapat makan, minum, kekayaan dan menikmati kesenangan dalam segala jerih payahmu sendiri(Pkh.3:13). Untuk itulah keinginan bebasmu dan akalbudimu diberikan, namun pergunakanlah sesuai aturannya, yaitu hukum kasih(Mat.23:40).

B.    Hidup yang kekal dalam Kristus Yesus(Rm.6:23).

C.    Setiap orang menerima karunia umum yang sama, namun ada karunia tambahan sesuai keinginannya karenanya karunia setiap orang berbeda-beda, tergantung dari pilihannya(Rm.12:6).

D.    Ada orang yang menerima karunia khusus dari Allah(1Kor.7:7), untuk tujuan tertentu, misalnya seperti Abraham, Musa, Yusuf, Daud, nabi-nabi, rasul-rasul, dan juga orang-orang lain yang tidak kita kenal, jadi anda sendiri pun bisa di pilih Tuhan.  

E.    Keselamatan adalah pemberian Tuhan(Mzm.118:25) dan merupakan bagian dari karunia.

F.     Namun jangan lalai mewujudkan dan melakukan karunia itu(1Tim.4:14).

G.   Setiap orang bisa berusaha memperoleh karunia setinggi mungkin dan untuk itu akan diberi jalan(1Kir.12:31). Dan-lain-lain.



Walaupun semua pengertian mengenai Karunai itu telah berada di tanganmu, dan dapat anda wujudkan, namun penghalang utama adalah pikiranmu sendiri yang masih terselubung dengan godaan iblis, sehingga sulit untuk membebaskan diri dan lakukan karunia yang dijelaskan di atas. Karenyanya selalu sertakan Yesus dalam rencanamu dan perbuatanmu.



3--Yesus datang untuk mengajak yang berminat agar kembali ke Bapa.

Tuhan mengutus Yesus ke bumi untuk antara lain, mencari orang yang meninggalkan kebenaran karena dosa agar mereka yang masih mau bertobat(Luk.5:31) bisa kembali ke Bapa.

Penjelasan di butir 2 menguraikan bagaimana manusia di halau sehingga menderita bahkan ada yang di basmi, namun mereka sukar keluar dari dosa, walaupun telah tersedianya berbagai karunia. Karenanya Yesus datang untuk menyadarkan dan mengajak siapa saja yang masih mau agar kembali ke bapa, seperti yang Yesus katakan: Akulah jalan, kebenaran dan hidup(Yoh14:6).



Jadi inilah adalah waktunya, Yesus datang dan memberikan kesempatan bagi siapa saja yang mau, termasuk anda untuk bertobat dan kembali ke Bapa.  



Kesimpulan

Tuhan menyediakan berbagai karunia untuk kehidupan manusia, namun mereka mengabaikannya karena godaan yang membelit pikirannya sehingga sering berbuat dosa. Karenanya Yesus datang untuk mencari orang yang mau bertobat dan kembali ke Bapa.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :



Kej.6:13

Berfirmanlah Allah kepada Nuh: “Aku telah memutuskan untuk mengakhiri hidup segala mahluk, sebab bumi telah penuh dengan kekerasan oleh mereka, jagi Aku akan memusnahkan mereka bersama-sama dengan bumi.



1Kor.12:31

Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.



1Ensiklopedi Alkitab Masa Kini,  cet- kesebelas April2011, ISBN 978-602-8009-32-4, hal-522 kolom-1, Yayasan Komunikasi Bina Kasih, Jakarta.



Pkh.3:13

Dan bahwa setiap orang dapat makan, minum dan menikmati kesenangan dalam segala jerih payahnya, itu juga adalah pemberian Allah.



Mat.23:40

Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.



Rm.6:23

Sebab upah dosa ialah maut, tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.



Rm.12:6

Demikianlah kita memunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita.



Mzm.118:25

Ya Tuhan, berilah kiranya keselamatan! Ya Tuhan, berilah kiranya kemujuran!



1Tim.4:14

Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua.



Luk.5:31

Lalu jawab Yesus kepada mereka, kataNya: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.



Yoh.14:6

Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar