Sabtu, 09 Februari 2019

Bisakah anda terpanggil untuk melayani Tuhan?


Latar belakang



Setiap orang pasti melayani keluarganya sebaik mungkin berdasarkan ajaran kasih yang telah di tulis di akalbudinya dan hatinya(Ibr.8:10). Namun masih banyak orang berdosa yang perlu di sadarkan, dan mungkin andalah orang yang terpanggil untuk melayani pekerjaanNya dan juga  rancanganNya.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Melayani Tuhan

Apa arti melayani Tuhan. Secara sederhana, arti melayani Tuhan, adalah: orang-orang yang secara sadar atas kemauan sendiri, melayani pekerjaan Tuhan, untuk kepentingan orang lain yang masih hidup, agar bisa tinggalkan dosanya lalu bertobat, dan mulai hidup baru berdasarkan ajaran Tuhan berupa kasih.



Dan sebagai inisiator dan penganjur dan menyertai siapa saja yang melakukan pekerjaan untuk melayani Tuhan, adalah Yesus Kristus. Karena Dia menyertaimu, kemana engkau pergi hingga akhir zaman, (Mat.28:20).



Rancangan Tuhan adalah pekerjaan besar yang sangat luas dan indah, tapi manusia tidak dapat mengetahuinya. Namun ada pekerjaan besar dari Tuhan, yang Dia mengikut sertakan manusia(Kej.2:19). Bahkan mereka yang nantinya akan menjadi hambah Tuhan pun tidak mengetahui sebelumnya, nanti setelah mengalaminya baru sadar bahwa mereka telah terjun dalam pekerjaan Tuhan.

Pertanyaan sekarang adalah; apakah anda atau kita semuanya terpanggil untuk melayani Tuhan? Jawabannya adalah, ya benar, kita semua termasuk anda memang betul terpanggil untuk layani Tuhan. Contoh:

a.     Secara pribadi, layani dirimu untuk pastikan bahwa dirimu melakukan kasih untuk Tuhan dan untuk sesama orang lainnya.

b.     Demikian pun layani keluargamu agar kasih dalam diri mereka terbangun sehingga melakukannya.

c.      Pastikanlah dan lakukanlah agar lingkunganmu saling melakukan kasih.

d.     Anda di lahirkan untuk melakukan rancangan umumNya Tuhan.

e.      Ada beberapa orang yang di persiapkan untuk lakukan rancangan khususNya.

f.      Anda di persiapkan dan di utus ke bangsa asing untuk mengabarkan Injil.

g.     Anda di arahkan untuk berkarya agar hasilnya bisa digunakan untuk memajukan masyarakat.



2--Persyaratan melayani Tuhan

Persyaratannya melayani Tuhan, tidak tertulis di Alkitab. Tapi dikatakan bahwa muridNya Yesus adalah berprofesi nelayan(Mat.4:18-22) dan pemungut cukai(Luk.5:27-32) dan merupakan karyawan lepas untuk kerajaan Romawi. Dan pengetahuan rohaninya masih sangat rendah. Selama  tiga setengah tahun mereka mengikuti Yesus yang berbuat berbagai mujizat, penyembuhan, mengajar di berbagai tempat, menghidupkan orang yang sudah 4 hari mati, dll, hingga akhirnya Dia di salib.

Setelah Yesus bangkit, para muridnya dan beberapa orang diruang tertutup di loteng, mereka peroleh Roh Kudus, sehingga mereka bisa berbicara dalam berbagai bahasa bangsa lain. Karena itu semuanya, maka mereka siap melayani Tuhan kemana saja mereka diutus.



Jadi persyaratannya adalah bila anda adalah pengikuti Yesus, maka tidak ada kualifikasi tertentu, yang dituntut darimu, yang penting:  

a.     Kasih yang telah ada dalam dirimu itu, supaya bisa berbuah. Atau tingkah lakumu merefleksikan adanya kasih kepada siapa pun dan sekitarmu.

b.     Lakukan seperti disebut diatas 1a-g



3--Kepinteranmu tergantung keinginanmu dan tekadmu.

Bila anda benar-benar mempersiapkan diri secara sengaja atau tidak untuk kemajuanmu maka dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat, maka Tuhan bisa memilihmu dan menunjukkan jalan untuk mewujudkan apa yang anda persiapakan itu(1Kor.12:31).  Sehingga maju tidaknya dirimu tergantung dari tekadmu untuk mewujudkannya, dan Tuhan akan membuatnya berhasil, bila anda bersandar padanya. Maka hal yang sama pun berlaku padamu, bila anda mau melayani Tuhan. Namun Tuhan pun punya pilihanNya sendiri, siapa yang paling cocok untuk tugas tertentu. Contoh:



a.     Selama 40 tahun Musa mengenyam bimbingan dan hidup sebagai anak raja Firaun, lalu 40 tahun mengembala ternak untuk melatih kerendahan hatinya, kesabarannya dan menjaga ternak di padang gurun, sesudah itu Tuhan memakai Musa selama 40 thn untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir menuju tanah terjanji.

b.     Yusus dijual sebagai budak, di goda oleh istri majikannya, masuk penjara, namun semuanya itu dapat dia atasi secara wajar bahkan menjelaskan mimpi Firaun, sehingga dia jadi orang nomor dua di Mesir.

c.      Raja Daud. Sebelumnya dia sebagai gembala ternak, bisa mengalahkan singa dan beruang memakai alat kusus, bila mereka menerkan ternaknya. Dia sangat terlatih menggunakan alat itu,  sehingga sewaktu Goliat mulai mengancam Israel, dia dapat kalahkannya dengan menggunakan alat tsb.

d.     Para murid Yesus; Petrus, Yohanes, dan lain lain memperoleh Roh Kudus untuk melayani.

e.      Saulus yang sangat pinter dan mencari orang Kristen untuk di siksa. Namun Yesus jamah dia sehingga Saulus=Paulus mengikuti perintahNya, sehingga bisa pergi menginjili di Turki, Yunani, Itali, dan bangsa lainnya.

f.      Steven Tong yang pinter dan hingga kini masih aktif, juga mengelilingi dunia untuk melayani Tuhan. Semuanya atas biaya sendiri. dan lain-lain.



3--Apa tantangan terberat melayani Tuhan

Kemampuan melayani Tuhan ada berbagai tingkatan, karena ada untuk; dirimu sendiri, keluarga, teman, organisasi, partai, karyawan, mahasiswa, nara pidana, masyarakat umum, orang yang tinggal di pedalaman, bangsa lain di luar negri, dan lain-lain.



Biasanya, bila pekerjaan pelayanan hanya membutuhkan sedikit tenaga serta waktu, maka orang masih bisa mencari makanan di waktu terpisah. Namun banyak orang juga berpendapat bahwa untuk waktu yang penuh atau full time sebagai hamba Tuhan adalah tantangan terberat, karena siapa yang akan menafkahi keluarganya?  



Tetapi bila anda serius dan menyerahkan kehidupanmu untuk melayani Tuhan dan bersandar padaNya, maka akan terpupuk keyakinanmu bahwa Tuhan akan mengaturnya dan caraNya berbagai ragam. Namun secara umum sepantasnyalah anda juga  peroleh nafkah dari hasil keringatmu atau dari pelayanmu itu(1Kor.9:13-14).



Pertanyaan: apakah kita masing-masing bisa menyandarkan kehidupan kita pada Tuhan



Kesimpulan

Setiap orang terpanggil untuk melayani Tuhan, dalam berbagai jenis dan tingkatan pekerjaanNya. Namun Dia juga bisa memilih orang tertentu untuk lakukan rancanganNya.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :



Ibr.8:10

“Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum israel sesudah waktu itu,” demikianlah firman Tuhan. “Aku akan menaruh hukumKu dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan merek akan menjadi umatKu.



Mat.28:20

Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.



Kej.2:19

Lalu Tuhan Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. DibawaNyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu.



Mat.4:18-22               Yesus memanggil murid-murid yang pertama.



Luk.5:27-32               Lewi pemungut cukai mengikut Yesus.



1Kor.12:31

Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.



1Kor.9:13-14

13---Tidak tahukah kamu, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu?

14---Demikian pula Tuhan telah menetapkan, bahwa mereka yang memberitakan Injil, harus hidup dari pemberitaan Injil itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar