Sabtu, 02 Februari 2019

PerintahKu yang baru untukmu(Yoh.13:34).


Latar belakang



Yesus memberikan perintahNya yang baru kepada manusia supaya mereka  mencontohi apa yang telah Dia lakukan(Yoh.13:34,  Yoh.15:12).



Materi yang di sharing, sesuai topic



Catatan: Penjelasan dibawah ini hanya garis besar yang mudah-mudahan dapat diterima oleh para pembaca.



1--Perintah baru yang mana?

Yesus memberikan perintah yang baru kepada manusia(Yoh.13:34), yaitu saling mengasihi, seperti bagaimana Dia lakukan. Yang dapat diuraikan, sbb:

a.     Supaya manusia saling melakukan seperti “Bagaimana Yesus telah mengasihi kita semuanya”(Yoh.13:15, 15:12).

b.     Sambil merendahkan diri, seperti bagaimana Dia mengatakan bahwa muridnya wajib saling membasuh kaki(Yoh.13:14).

c.      Agar manusia dapat bertindak untuk mengatasi para korban dalam kemelaratan, penderitaan, kesakitan, kesusahan, dll, seperti bagaimana Dia menanggung dosa manusia hingga mengorbakan tubuhNya(1Tim.2:5-6).





2—Kapan Tuhan memberikan perintahNya

Namun untuk sekarang ini, orang sangat susah untuk mengikuti perintah Yesus yang baru tsb serta mengikuti butir-butir 1a,b,c  karena ego, angkuh, merasa tidak perpu bantuan orang lain tidak mempunyai balas kasihan, dll. Sebetulnya dasar dari perintah itu telah Tuhan berikan yang bisa di lihat di:



a.     Perintah baru yang Yesus berikan adalah pada waktu Yudas pergi untuk menghianatiNya(Yoh.13:21-30, 31).



b.     Mat.22:37-40

37----Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

38----Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

39----Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

40----Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab dari para nabi. Sebetulnya Sepuluh Perintah Allah(Kel.20:1-17) telah Tuhan berikan sejak kaum Israel sudah keluar dari Mesir dan telah berada di padang gurun.



c.      Ibr.8:10

“Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu”, demikianlah firman Tuhan. “Aku akan menaruh hukumKu dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu. 



d.     Sebetulnya ayat ayat yang sejenis seperti disebut diatas 2a-b,  telah Tuhan berikan kepada manusia sejak mereka diciptakan, sebagai buktinya:  Setiap orangtua sangat menyayangi bayinya yang terus bertumbuh hingga remaja lalu menjadi dewasa. Kasih yang orangtua berikan kepada anaknya adalah murni dan benar, tidak ada kasih yang melebihi kasihnya orangtua untuk anaknya, kecuali Tuhan.



3--Berbuat seperti yang Yesus lakukan.

Semua peraturan yang Tuhan berikan ada kesamaannya, yaitu Kasih.  Peraturan terakhir yang Dia berikan juga adalah mengenai Kasih namun menekankan pada setiap orang untuk berbuat.

perbuatan itu saling mengasihi dan saling merendahkan diri terhadap sesama kita atau manusia, dimana saja kapan saja dan terhadap siapa saja. Karena Yesus sebagai inisiator telah berbuat demikian sehingga pengikut Yesus pun harus berbuat yang sama.



Namun pertanyaan untuk kita semuanya adalah:

Bersediakah kita berbuat seperti yang Yesus lakukan, terhadap sesama orang sekeliling

kita?



Tambahan :

Bila anda mau mengetahui lebih banyak maka mohon baca “kisah dari semua para rasul” di Alkitab, demikian juga Sepuluh Perintah Allah(Kel.20:1-17) atau Hukum Taurat, dan untuk mendukungnya dan mendalaminya sehingga mempunyai wawasan yang cukup, maka mohon secara tekun membaca di Alkitab mengenai Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan dan Ulangan.



Kesimpulan

Perintah baru yang Yesus berikan adalah supaya manusia saling mengasihi dan saling merendahkan diri, seperti yang telah Dia lakukan yaitu mencuci kaki para muridnya.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :



Yoh.13:34

Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengtasihi.



Yoh.15:12

Inilah perintahKu, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku tellah mengasihi kamu.



Yoh.13:15

Sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.



Yoh.13:14

Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, aku yang adalah ATuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu.



1Tim.2:5-6

5---Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus.

6---Yang telah menyerahkan diriNya sebagai tebusan bagi semua manusia: itu kesaksian pada waktu yang ditentukan.



Yoh.13:31

Sesudah Yudas pergi, berkatalah Yesus: “Sekarang Anak Manusia dipermuliakan dan Allah dipermuliakan di dalam Dia”



Mat.22:37-40

37---Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

38---Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

39---Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

40---Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”



Kel.20:1-17                        Sepuluh Perintah Allah



Ibr.8:10

“Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu,” demikianlah firman Tuhan. “Aku akan menaruh hukumKu dalam akal bgudi mereka dan menuliskannya dalam ati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar