Kamis, 14 Februari 2019

Sehina apapun kesalahanmu, bisa anda lemparkan dari pudakmu.


Latar belakang



Sehina apapun yang telah anda perbuat di masa lalumu, yang menghantui kehidupanmu terus menerus, namun itu semuanya bisa anda lemparkan dari pundakmu karena usahamu berdasarkan iman kepada Tuhan.



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Kegagalan masa lalu bukan landasan menuju masa depanmu.

Banyak orang masih terperangkap dalam perbuatannya di masa lalu yang bersifat: hina, merusak dirinya, merusak nama keluarganya, merusak pandangan lingkungannya, negaranya, dll. Sehingga semuanya itu merupakan beban kejiwaan yang berada diatas pundaknya pada saat ini maupun untuk menuju kehidupannya di masa datang.



Sehingga, sewaktu anda mulai menatap masa depan dan mulai melangkah maju dan lakukan kegiatan, maka selalu seperti ada beban kejiwaan(psychological-affect) yang masih terasa di pundakmu. Dan anda merasa seperti orang-orang di sekelilingmu masih memperhatikan beban tersebut. Akibatnya anda sering membuat kesalahan, bahkan bisa kembali ke masa lalumu.



Hal ini masih bisa terjadi padamu karena pikiranmu masih dipengaruhi oleh perbuatanmu serta dampaknya, walaupun anda sudah tidak mau melakukannya. Suasanamu inilah yang disukai iblis, sehingga iblis bisa selalu memaksamu supaya terus berbuat dosa dan tidak akan terlepas dari perbuatan buruk atau dosa. Dia mempengaruhi pikiranmu dengan godaannya, seperti bagaimana dia pengaruhi pikiran Adam dan Hawa, sehingga mengarahkan Adam dan Hawa melawan perintah Tuhan, lalu berbuat dosa dan berdampak susah dalam kehidupannya.



Contoh:

(a)--Esau kakaknya Yakub. Esau sangat lelah sewaktu pulang dari perburuan binatang liar. Sewaktu dia bertemu Yakub, dia menganggap remeh percakapannya dengan adiknya. Dia menjawab, bahwa: kesulunganku akan kuserahkan kepadamu, sesuai permintaanmu, asalkan berikan aku kacang merah yang kau masak itu(Kej.27.30-39). karena aku sangat lelah.

Namun, antara lain, berdasarkan perkataan inilah maka Yakub tidak merasa halangan dan juga atas bantuan ibunya, untuk menipu abangnya, sehingga dia peroleh berkat utama dari ayahnya Isak.

Setelah mengetahui perbuatan Yakub, Esau sangat marah bahkan mau membunuhnya(Kej.27:41).

Tapi Isak, ayahnya berkata, bila suatu waktu engkau berusaha sungguh-sungguh maka engkau akan melemparkan kuk itu dari tengkukmu(Kej.27:40).



(b)--Banyak orang ex narkoba sangat sulit keluar dari pikirannya yang terganggu narkoba dan di sinilah iblis juga mengambil kesempatan menggodamu sehingga pikiranmu terus bimbang lalu susah membuat keputusan yang wajar. Dan, walaupun mereka telah berusaha untuk tidak memakai narkoba, tapi pikirannya masih selalu mau ke narkoba. Sehingga mereka re-lap atau yang sudah mulai sembuh dari narkoba, jatuh lagi ke dalam dunia narkoba.



Jadi penjelasan diatas mengatakan bahwa bila anda telah mengetahui bahwa pikiranmu bisa dipengaruhi oleh iblis, bahkan kesalahanmu atau kelengahanmu sendiri itupun akan digunakan oleh iblis untuk mempengaruhi pikiranmu.

Maka berusahalah agar pikiranmu tidak bisa dikuasai iblis yang berusaha pengaruhinya dan mengarahkannya. Untuk itu mengertilah kebenaran, dan kebenaran itu hanya bisa anda peroleh bila anda beriman kepada Yesus Kristus dan lakukan ajaranNya. Sehingga selalu bersandar kepadaNya(Ams.3:5), karena Dia adalah jalan dan hidup dan kebenaran(Yoh14:6).



2--Kenyataan dalam kehidupan.

Banyak orang telah tinggalkan perbuatan buruknya di masa lalu, supaya bisa merubah hidupnya agar bisa lebih baik. Tapi banyak dari mereka mempunyai pikiran yang masih terikat dengan masa lalu.



Bila pikiranmu masih terikat pada perbuatan masa lalumu, maka itu berarti pikiranmu masih dipengaruhi atau kasarnya dikuasai oleh iblis, sehingga dia bisa mengarahmu untuk berbuat dosa, seperti yang dia lakukan terhadap Adam dan Hawa.



Untuk itu, lawan pengaruh iblis dalam pikiranmu. Caranya: beriman pada Yesus dan lakukan ajaranNya. Karenanya hidup itu harus harus bersandar pada Yesus, sehingga lakukan kebenaran, dimana saja, dan kapan saja. dan terhadap siapa saja.   



Kesimpulan

Sehina apa pun kesalahanmu di masa lalu, namun semuanya itu dapat anda lemparkan dari pundakmu untuk menghadap masa depanmu yang cerah. Dan itu bisa terwujud kalau anda berusaha sungguh-sungguh berdasarkan kebenaran(Yoh.14:6) dan beriman kepada Yesus.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :



Kej.27:30-39                      harapan terakhir Esau (Esau’s lost hope)



Kej.27:41

Esau menaruh dendam kepada Yakub karena berkat yang telah diberikan oleh ayahnya kepadanya, lalu ia berkata kepada dirinya sendiri: “Hari-hari berkabung karena kematian ayahku itu tidak akan lama lagi; pada waktu itu Yakub, adikku, akan dubunuh.



Kej.27:40

Engkau akan hidup dari pedangmu dan engkau akan menjadi hamba adikmu. Tetapi akan terjadi kelak, apabila engkau berusaha sunguh-sungguh, maka engkau akan melemparkan kuk itu dari tengkukmu.



Ams.3:5

Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.



Yoh.14:6

Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hdiup. Tidak asa seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar