Minggu, 19 Mei 2019

Manfaatkan pernyataan Tuhan


Latar belakang



Tuhan memberikan hati yang baru kepadamu, bukan karena kamu telah berbuat baik, tapi karena namaNya yang kudus(Yeh.36:22).



Materi yang di sharing, sesuai topic



1--Alasan Tuhan memberikan hati dan roh yang baru kepada Israel.

Karena dosa dalam berbagai bentuk, misalnya; dalam kehidupan bangsa Israel, mereka menajiskan dengan memakai tingkah lakunya dan cara mereka seperti cemar kain (their way was like the uncleanness of a woman in her customary impurity) dan berhala-berhala di hadapan Tuhan. Sehingga timbul kemarahan Tuhan(Yeh.36:18) lalu Dia menghamburkan atau membuang bangsa Israel ke seluruh penjuru dunia, namun selaras dengan perbuatannya, ke segala bangsa-bangsa(Yeh.36:17-20).



Tapi tingkah laku bangsa Israel di negeri mereka dihamburkan, bertambah buruk. Karena dimana saja mereka berada, mereka menajiskan nama Tuhan yang Kudus(Yeh.36:20), melalui perkataan dan perbuatan. Sehingga penduduk asli setempat mengatakan “katanya mereka umat Tuhan, tapi kenapa harus keluar dari tanah yang Dia berikan“(Yeh.36:20), kepada mereka?



Tuhan merasa sakit hati karena namaNya yang kudus di najiskan oleh Israel di tengah bangsa-bangsa, sehingga Dia berkata melalui nabi Yeheskiel untuk bangsa Israel sbb:

Bukan karena kamu atau orang Israel Aku bertindak, tapi karena namaKu yang kudus, yang kamu najiskan di antara bangsa-bangsa dimana kamu dihamburkan(Yeh.36:22).



2-Apakah hanya karena kekudusanNya, Dia bertindak?

Bila memperhatikan penjelasan di atas yang terdapat di perikop The Renewal of Israel dari Yehezkiel 36:16-38, maka awalnya:

a--Bangsa Israel berbuat dosa, lalu mereka dihamburkan ke negeri-negeri

b--Bangsa Israel tetap menajiskan nama Tuhan yang kudus, a.l. berhala-berhala di mana mereka di hamburkan

c--Penduduk asli setempat mengatakan:”…katanya mereka (orang israel) umat Tuhan, tetap mereka harus keluar dari tanahNYA”



Atas dasar butir 2a-c, maka Tuhan merasa sakit hati, sehingga Dia memperbaiki kekudusanNya, berupa:

aa--Dia menjembput orang Israel dari segala tempat dimana mereka di hamburkan.

bb--Dibawa kembali ke tanah terjanji.

cc--Akan membersihkan dari dosa, yaitu mencurahkan air jernih dan mentahirkan mereka dari segala kenajisannya dan berhala-berhala

dd--Memberikah hati yang baru dan roh yang baru dalam batinmu.

ee--Akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberian hati yang taat(Yeh.36:25)



Maksud Tuhan berbuat demikian supaya bangsa-bangsa lain mengetahui bahwa Dialah Tuhan, karena itulah kalau Dia menunjukkan kekudusannya kepada orang Israel di hadapan bangsa-bangsa.



Sebetulnya Tuhan melangkah lebih jauh selain mengkuduskan namaNya, yaitu memberikan hati dan roh yang baru kepada Israel. Jadi inilah kasih Tuhan, yang walaupun bangsa Israel telah berbuat  berbagai dosa, namun Tuhan tetap mencari mereka. Supaya mereka  tidak lagi berbuat dosa dan Dia sebagai Tuhan dan mereka sebagai jemaatNya.  



Perbuatan yang demikian Tuhan yang demikian, secara kadar yang agak rendah juga dimiliki oleh setiap orangtuan atau ayah ibumu. Karena walaupun anaknya bersalah maka ayah ibunya tidak akan membeiarkannya dan tetap menjadi anak mereka.

 

Penutup

Bukan karena perbuatan Israel, sehingga Tuhan bertindak, tapi karena namaNya yang kudus

yang telah dinajiskan Israel di tengah bangsa-bangsa. Namun demikian Tuhan melanjutkan dengan memberikan hati serta roh yang baru kepada manusia. Jadi disinilah kasih Tuhan kepada manusia. Dan manusia supaya memanfaatkan  pernyataan Tuhan iitu.



Terima kasih anda telah meluangkan waktu membaca artikel ini, mohon sharing.



Penulis.EddyWarbung

R e f e r e n s i  :

Yeh.36:22

Oleh karena itu katakanlah kepada kaum Israel :Beginilah firman Tuhan Allah: Bukan karena kamu Aku bertindak, hai kaum Israel, tetapi karena namaKu yang kudus yang kamu najiskan di tengah bangsa-bangsa di mana kamu datang.



Yeh.36:18

Maka Aku mencurahkan amarah-Ku ke atas mereka karena darah yang dicurahkan mereka di tanah itu, sedang tanah itu mereka najiskan dengan berhala-berhala mereka.



Yeh.36:17-20



Yeh.36:17

“Hai anak manusia, waktu kaum Israel tinggal di tanah mereka, mereka  menajiskannya dengan tingkah laku mereka: kelakuan mereka  sama seperti cemar kain di hadapanKu”



Yeh.36:18             lihat diatas.



Yeh.36:19

Aku menghamburkan mereka di antara bangsa-bangsa, sehingga mereka berserak-serak  di semua negeri, Aku menghakimi mereka selaras dengan tingkah lakunya.



Yeh.36:20

Di mana saja mereka datang di tengah bangsa-bangsa, mereka menajiskan nama-Ku yang kudus, dalam hal orang

menyindir mereka: Katanya mereka umat Tuhan, tetap mereka harus keluar dari tanah-Nya



Yeh.36:16-38                       Pembaharuan kaum Israel / The renewal of Israel.



Yeh.36:25

Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, uang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar